Penerapan Digital Marketing bagi Pelaku UMKM Pengrajin Gerabah Tanah Liat Kedungsari di Kabupaten Kediri

Authors

  • Agus Muji Santoso Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Bella Putri Damayanti Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Anisa Fatimatul Firdhausi Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Dwi Lianawati Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Islamiati Rachmah Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Nia Talia Salsabela D.M. Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Alfiana Hidayati Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Vingki Dewi Aristina Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Violyna Sofiananda Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Hana Agustina Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Angga Yuanisyak Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Irma Setiawan Kusuma Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Abraham Dimas Bayu Aji Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Febri Nurcahyo Dwiyantoko Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Muhamad Sholafudin Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Mukhammad Annafinurika Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Made Ayu Dusea Widya Dara Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.53624/kontribusi.v2i1.84

Keywords:

UMKM, ODSIMED, Digital Marketing

Abstract

Era digital seperti sekarang ini, membuat para pelaku UMKM hendaknya bisa memanfaatkan media digital dan teknologi sebagai salah satu upaya pemasaran produknya sehingga konsumen lebih mengenal produk yang dihasilkan oleh UMKM tersebut. Tujuan program ini untuk mengetahui kendala dan respon serta pengetahuan masyarakat mengenai digital marketing. Program pelatihan dilaksanakan pada bulan Oktober 2021 dengan subjek sasaran program yaitu kelompok pengrajin gerabah di Desa Kedungsari, Kecamatan Tarokan, Kabupaten Kediri, Jawa Timur yang menjadi sentra kerajinan gerabah di Kabupaten Kediri. Tahapan program menggunakan model ODSIMED (Observation, Development, Socialization, Implementation, Monitoring, Evaluation, dan Dissemination). Hasil dari penerapan pelatihan ini terdapat peningkatan dari 14,29% pengrajin yang mengetahui digital marketing setelah pelatihan menjadi 71.43% pengrajin sudah mengetahui digital marketing.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan digital marketing bagi usaha mikro, kecil dan menengah pada era masyarakat ekonomi ASEAN. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Dewantara (JMD), 1(2), 61-76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175

Gumilang, R. R. (2019). 25-Article Text-116-2-10-20191124. 10(1), 9–14.

Hendriadi, A. A., Sari, B. N., & Padilah, T. N. (2019). Pelatihan Digital Marketing Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Karawang. Jurnal Pengabdian Masyarakat J-DINAMIKA, 4(2), 120-125.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2008). Marketing strategy. London Business Forum, https://www. youtube. com/atch.

Mokhtar, N. F. (2015). Internet Marketing Adoption by Small Business Enterprises in Malaysia. International Journal of Business and Social Science.

NAIMAH, R. J., WARDHANA, M. W., HARYANTO, R., & PEBRIANTO, A. (2020). Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 39. https://doi.org/10.31961/impact.v2i2.844

Raharja, S. U. J., & Natari, S. U. (2021). Pengembangan Usaha Umkm Di Masa Pandemi Melalui Optimalisasi Penggunaan Dan Pengelolaan Media Digital. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 108-123.

Santoso, A. M., Hanggara, G. S., Afandi, Z., Mujiwati, E. S., Budiono, H., Primandiri, P. R., ... & Julianto, T. (2021). Penerapan Video Edukasi untuk Meningkatkan Pemahaman Penggunaan Ramuan Herbal Selama Pandemi Covid-19 bagi Kelompok Remaja Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk. Kontribusi: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 126-137.

Sellitto, C. (2004). Internet adoption by Australian wineries: Perceived benefits and direct marketing practices. International Journal of Wine Marketing.

Sulaksono, J. (2020). Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Desa Tales Kabupaten Kediri. Generation Journal, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.29407/gj.v4i1.13906

Taiminen, H. M., & Karjaluoto, H. (2015). The usage of digital marketing channels in SMEs. Journal of Small Business and Enterprise Development.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2021-11-07

How to Cite

Santoso, A. M., Damayanti, B. P., Firdhausi, A. F., Lianawati, D., Rachmah, I., Salsabela D.M., N. T. ., Hidayati, A., Aristina, V. D., Sofiananda, V., Agustina, H., Yuanisyak, A., Kusuma, I. S., Aji, A. D. B., Dwiyantoko, F. N., Sholafudin, M., Annafinurika, M., & Dara, M. A. D. W. (2021). Penerapan Digital Marketing bagi Pelaku UMKM Pengrajin Gerabah Tanah Liat Kedungsari di Kabupaten Kediri. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 66–74. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v2i1.84

Most read articles by the same author(s)