Deseminasi Praktik Terbaik Hasil Penelitian Bidang Eksplorasi Biodiversitas dan Pembelajaran Abad ke 21 untuk Penguatan Wawasan Guru IPA Kabupaten Kediri tentang Penelitian dan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah
DOI:
https://doi.org/10.53624/kontribusi.v1i1.16Keywords:
praktik terbaik hasil penelitian, eksplorasi biodiversitas, IPAAbstract
Program ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan guru IPA Kabupaten Kediri tentang penelitian dan karya tulisi ilmiah. Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk seminar yang dilanjutkan dengan FGD kelompok. Tahap seminar berupa paparan materi yang memuat praktik terbaik hasil penelitian yang telah dilaksanakan oleh dosen dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi UNP Kediri. Materi seminar berupa praktik terbaik tentang teknik penentuan topik, judul, penentuan metode penelitian, penyusunan instumen dan analisis data, pengenalan kode etik ilmiah, plagiasi dan upaya menghindari plagiasi. FGD berujuan untuk memfasilitasi peserta seminar yang memiliki kendala baik dalam meneliti maupun dalam menyusun karya tulis ilmiah . Data berupa ragam kendala guru IPA dalam meneliti dan menyusun karya tulis ilmiah diinvetaris oleh peneliti. Peneliti bertindak sebagai observer partisipan yang terlibat langsung selama dua tahap kegiatan. Data yang terkumpul ditabulasi dan dianalisis secara deskriptif. Kendala guru IPA dalam melaksanakan penelitian antara lain belum adanya mitra yang berperan sebagai pendamping, terbatasnya wawasan tentang ruang lingkup penelitian, dan terbatasnya wawasan tentang analisis data. Kendala guru IPA dalam menyusun karya tulis ilmiah antara lain: guru IPA belum mengetahui plagiasi, keterampilan mendeskripsikan masih kurang, dan banyaknya tawaran dari pihak eksternal tentang layanan jasa pembuatan karya tulis ilmiah. Program ini digunakan oleh guru untuk menyampaikan kendala dalam meneliti dan menulis karya tulis ilmiah sekaligus mendapatkan umpan balik alternatif solusi yang dapat dilakukan oleh guru IPA dan UNP Kediri dalam bentuk penelitian dan publikasi bersama-sama.
Downloads
References
Anila RB, Masruri R, Irawati F, Kurniawan HC, Primandiri PR, & Santoso AM. 2015. The Application of Problem Bassed Learning to Improve Learning Motivation Skills, of Scientific Inquiry and Argumentation Skills of Students SMPN Kediri on the Material Changes and Environmental Pollutan. Prosiding Seminar Nasional Biologi Universitas Sebelas Maret Surakarta, 12(1), 446-449. https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/6964
Fitri ASS & Santoso AM. 2013. Ragam Orchidaceae Epifit di Kawasan Ubalan Kediri dan Prospeknya sebagai Modal Bioekonomi Lokal, Prosiding Seminar Nasional Biologi Universitas Sebelas Maret Surakarta, 10 (1), 365-370. Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/7758
Irawati F, Kurniawan HC, Primandiri PR, & Santoso AM. 2015. The Effect of Guided Inquiry Studying Models Toward Skills of Inquiryand Skills of Metacognition for Students of XI Science Grade SMAN 6 Kediri.483-487. Prosiding Seminar Nasional Biologi Universitas Sebelas Maret Surakarta, 12(1), https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/6980
Kurniawan HC, Irawati F, Primandiri PR, & Santoso AM. 2015. The Effectiveness of Guided Discovery Learning Model for The Skills of Inquiry, Metacognition Skills, And Cognitive Learning Outcome of Students Grade 8 MTsN Panglungan. Prosiding Seminar Nasional Biologi Universitas Sebelas Maret Surakarta, 12(1), 117-121. https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/6698
Mundir MI, Setyowati E, & Santoso AM. 2012. Inventarisasi Lumut Terestrial Di Kawasan Wisata Air Terjun Irenggolo Kabupaten Kediri, Prosiding Seminar Nasional Biologi Universitas Sebelas Maret Surakarta, 9 (1), 1-4. Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/6520
Santoso AM & Primandiri PR. 2020. IBM Bioinformatika Berbasis Hasil Riset Eksplorasi Gen Penting pada Ginseng Jawa dan Jarak Pagar bagi Guru Biologi SMA untuk Memperbaiki Konsep Biologi Sel dan Molekuler. JPPNu (Jurnal Pengabdian dan PemberdayaanNusantara), 2 (2) 187-193. http://journal.unublitar.ac.id/jppnu/index.php/jppnu/article/view/35
Santoso AM, Setyowati E, & Nurmilawati M. 2011. Pembangunan Karakter Melalui Lesson Study Pada Pendidikan Lingkungan Hidup Berbasis Keunggulan Lokal. Prosiding Seminar Nasional Biologi Universitas Sebelas Maret Surakarta, 8 (1), Retrieved from http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/prosbio/arti cle/view/972/626
Sa’adah SL, Suryaji MA, Azizah SN, Primandiri PR, & Santoso AM. 2015. Effective Problem Based Learning (PBL) Based Local Materials for Improving Metacognition Skills, Inquiry Skills and Social Skills Class VIII SMP Pawyatan Daha 2 Kediri. Prosiding Seminar Nasional Biologi Universitas Sebelas Maret Surakarta, 12(1), 501-506. https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/6986
Seno AA, Setyantoro V, Utami B. 2012. Profil Karakteristik Bentuk Sorus Tumbuhan Paku di Kawasan Wisata Air Ironggolo Kabupaten Kediri. Prosiding Seminar Nasional Biologi Universitas Sebelas Maret Surakarta, 9 (1). 460-467. https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/7542
Wahyuningtyas E, Yuliani Y, Primandiri PR, & Santoso AM. 2015. Implementation of Problem Based Learning (PBL) Based Local Materials (LM) Through Lesson Study (LS) to Enhance Metacognition Skill, Inquiry Skill and Cognitive Learning Outcomes on Plantae Topic in Grade X5 SMAN 1 Mojo Kediri. Prosiding Seminar Nasional Biologi Universitas Sebelas Maret Surakarta, 12(1), 353-358. Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/6796
Yuliani Y, Wahyuningtyas E, Primandiri PR, Santoso AM. 2015. Implementation of Problem Based Learning (PBL) Based Local Materials (LM) Through Lesson Study (LS) to Enhance Metacognition Skill, Inquiry Skill and Cognitive Learning Outcomes on Plantae Topic in Grade X5 SMAN 1 Mojo Kediri. Prosiding Seminar Nasional Biologi Universitas Sebelas Maret Surakarta, 12(1), 353-358. https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/6796/6124
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Agus Muji Santoso, Sulistiono Sulistiono, Dwi Ari Budiretnani, Budhi Utami, Mumun Nurmilawati, Poppy Rahmatika Primandiri, Tutut Indah Sulistiyowati, Ida Rahmawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0