Kemampuan Menulis Siswa melalui Metode Berbasis Kompetensi Penelitian: Tindakan Kelas di SDN Baujeng 1
DOI:
https://doi.org/10.53624/ptk.v3i1.101Keywords:
kemampuan menulis, metode berbasis kompetensi, bahasa indonesiaAbstract
Bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi merupakan sarana untuk saling berhubungan, saling berbagi pengalaman, dan saling belajar untukmeningkatkan kemampuan intelektual. Mengingat sangat penting penggunaan dan fungsinya, Bahasa Indonesia sudah diberikan di Sekolah Dasar sejak kelas I sampai dengan kelas VI. Hal ini bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan berbahasa yang baik dan benar, dan bahasa lisan maupun bahasa tulis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SDN Baujeng 1, kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan terhadap 16 orang siswa kelas 1. Penelitian ini dilaksanakan melalui siklus berdaur sebanyak 3 kali dengan metode berbasis kompetensi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata siswa sebanyak 26,55 poin secara bertahap dari 53, 75 poin sebelum pelaksanaan penelitian menjadi 63,4 poin pada siklus I, 72,5 poin pada siklus II dan 80,3 poin pada siklus III.
Downloads
References
Ardiyanto, D., & Sulistyawati, I. (2021). Problematika Pemahaman Teks Narasi Pada Siswa Kelas 4 SDN Margorejo 1/403 Surabaya. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 130-137.
Arikunto, dkk. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Astiar, F. A., & Satianingsih, R. (2020). Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar Melalui Project Based Learning. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(5), 672-679.
Depdiknas. (2004a). Kurikulum Berbasis Kompetensi Standar Kompetesi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Depdiknas. (2004b). Model Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar
Hamalik, O. (2004). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo
Khusniyah, A., & Azmy, B. (2022). Media Komik Digital Dan Keterampilan Bercerita Siswa Sekolah Dasar. SNHRP, 222-230.
Mustakin. (1996). Tanya Jawab Ejaan Bahasa Indonesia Untuk Umum. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Perkasa, K, G. (1984). Tata Bahasa Indonesia. Jakarta: Nusa Indah.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Hariatin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0