Kemampuan Menulis Siswa melalui Metode Berbasis Kompetensi Penelitian: Tindakan Kelas di SDN Baujeng 1

Authors

  • Hariatin Hariatin SDN Baujeng 1 Beji Kabupaten Pasuruan

DOI:

https://doi.org/10.53624/ptk.v3i1.101

Keywords:

kemampuan menulis, metode berbasis kompetensi, bahasa indonesia

Abstract

Bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi merupakan sarana untuk saling berhubungan, saling berbagi pengalaman, dan saling belajar untukmeningkatkan kemampuan intelektual. Mengingat sangat penting penggunaan dan fungsinya, Bahasa Indonesia sudah diberikan di Sekolah Dasar sejak kelas I sampai dengan kelas VI. Hal ini bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan berbahasa yang baik dan benar, dan bahasa lisan maupun bahasa tulis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SDN Baujeng 1, kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan terhadap 16 orang siswa kelas 1. Penelitian ini dilaksanakan melalui siklus berdaur sebanyak 3 kali dengan metode berbasis kompetensi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata siswa sebanyak 26,55 poin secara bertahap dari 53, 75 poin sebelum pelaksanaan penelitian  menjadi 63,4 poin pada siklus I, 72,5 poin pada siklus II dan 80,3 poin pada siklus III.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardiyanto, D., & Sulistyawati, I. (2021). Problematika Pemahaman Teks Narasi Pada Siswa Kelas 4 SDN Margorejo 1/403 Surabaya. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 130-137.

Arikunto, dkk. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Astiar, F. A., & Satianingsih, R. (2020). Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar Melalui Project Based Learning. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(5), 672-679.

Depdiknas. (2004a). Kurikulum Berbasis Kompetensi Standar Kompetesi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Depdiknas. (2004b). Model Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar

Hamalik, O. (2004). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo

Khusniyah, A., & Azmy, B. (2022). Media Komik Digital Dan Keterampilan Bercerita Siswa Sekolah Dasar. SNHRP, 222-230.

Mustakin. (1996). Tanya Jawab Ejaan Bahasa Indonesia Untuk Umum. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Perkasa, K, G. (1984). Tata Bahasa Indonesia. Jakarta: Nusa Indah.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2022-09-08

How to Cite

Hariatin, H. (2022). Kemampuan Menulis Siswa melalui Metode Berbasis Kompetensi Penelitian: Tindakan Kelas di SDN Baujeng 1 . PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i1.101