Penerapan Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas X
DOI:
https://doi.org/10.53624/ptk.v5i1.455Keywords:
aktivitas belajar, TaRL, PBLAbstract
Latar belakang dari penelitian ini karena rendahnya keaktifan siswa pada kegiatan pembelajaran matematika baik dalam hal individu maupun saat diskusi kelompok. Penelitian ini memiliki tujuan dalam rangka menaikkan tingkat aktivitas belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika dengan merancang pembelajaran menggunakan pendekatan TaRL dalam model pembelajaran PBL. Strategi pembelajaran disusun dengan mempertimbangkan perbedaan tingkat pencapaian peserta didik di dalam satu kelas, kemudian peserta didik diberikan permasalahan untuk diselesaikan dengan diskusi kelompok. Perubahan dan pengembangan yang dilakukan sebagai upaya mengatasi rendahnya keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika. Ini juga memberikan peluang pada semua siswa untuk berhasil dalam belajar sesuai dengan tingkat kemampuannya. Pembelajaran dengan model problem based learning (PBL) menggunakan pendekatan teaching at the right level (TaRL) pada mata pelajaran matematika kelas X menunjukkan grafik yang meningkat pada hasil aktivitas belajar peserta didik dari siklus pertama ke siklus kedua sebanyak 15%. Terdapat peningkatan yang signifikan pada aspek kemampuan memberikan pertanyaan secara jelas serta tepat berdasarkan topik yang didiskusikan, serta pada aspek mengindikasikan keingintahuan yang tinggi dan antusiasme pada kegiatan kelompok.
Downloads
References
Al Fath, G. H., Fitri, N. H., & Mulyono, M. (2024). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Motivasi Belajar Siswa SMA N 6 Semarang Melalui Metode PBL dan Pendekatan TaRL. Prosiding Webinar Penguatan Calon Guru Profesional, 698-703.
Annadzili, M. D., Nursangaji, A., Kalsum, U., Tanjungpura, U., Artikel, I., Belajar, A., Kelas, P. T., Tindakan, P., Kolaboratif, K., & Education, J. (2024). Upaya Peningkatan Aktivitas Belajar Peserta Didik dengan Pendekatan TaRL pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Education and Development, 12(2), 129–134.
Asmaniah, T. G., & Utomo, A. C. (2024). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa melalui Index Card Match Pada Mata Pelajaran PPKn. In PTK: Jurnal Tindakan Kelas (Vol. 4, Issue 2, pp. 375–393). https://doi.org/10.53624/ptk.v4i2.384
Dewi, E. M. P., Qamaria, R. S., Widiastuti, A. A., Widyatno, A., Marpaung, J., Ervina, I., ... & Suprihatin, T. (2024). Pendidikan Indonesia Di Era Globalisasi; Tantangan Dan Peluang. Nas Media Pustaka.
Edizon, & Maharani Zan, A. (2023). Penerapan Model Discovery Learning Terintegrasi TaRL untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 18939–18949.
Indrawati, S. R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIPA 5 Semester 1 Materi Trigonometri di SMA Negeri 1 Godong. In Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah (Vol. 4, Issue 1, pp. 168–178). https://doi.org/10.51874/jips.v4i1.91
Irmayanti, I., Auliah, A., & Hasnawiyah, H. (2023). Peningkatan Sikap Kolaboratif Peserta Didik melalui Pembelajaran Kooperatif berbasis Teaching at The Right Level (TaRL). Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(3), 965-970.
Ismail, I. A., Jhora, F. U., & Yorianda, A. (2024). Teaching at the Right Level ( TaRL ) as a Potential Solution for Improving Middle School Education : A Systematic Review of the Literature. May. https://doi.org/10.5281/zenodo.11240915
Jauhari, T., Rosyidi, A. H., & Sunarlijah, A. (2023). Pembelajaran dengan Pendekatan TaRL untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Jurnal PTK dan Pendidikan, 9(1), 59-74.
Kartiwi, D. P. (2021). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Melalui Penerapan Model Problem Based Learning pada Siswa Kelas XI Mipa 8 SMA Negeri 7 Denpasar Tahun Pelajaran 2020/2021. In Widyadari Jurnal Pendidikan (Vol. 22, Issue 1, pp. 371–381). https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/widyadari/article/view/1132
Kuryani, T & Lestari, H. (2023). Buku Ajar Mata Kuliah Prinsip Pengajaran dan Asesmen II. Kementerian Pendidikan,Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Lestari, H & Kuryani, T. (2023). Buku Ajar Mata Kuliah Prinsip Pengajaran dan Asesmen I. Kementerian Pendidikan,Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Keterampilan, M., Siswa, B., Melalui, S. M. A., & Pembelajaran, M. (2023). Kolaborasi; TARL; PBL. 5(2), 172–179.
Machali, I. (2022). Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru? In Indonesian Journal of Action Research (Vol. 1, Issue 2, pp. 315–327). https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-21
Maghfiroh, A. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Materi Peluang Melalui Pendekatan Teaching At the Right Level. SECONDARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 4(1), 44–54. https://doi.org/10.51878/secondary.v4i1.2798
Prasetyo, A. D., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Discovery Learning Di Sekolah Dasar. In Jurnal Basicedu (Vol. 5, Issue 4, pp. 1717–1724). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.991
Puspitasari, D., Ulfah, M., Ramadhan, I., & Wijayati, Y. F. D. R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Media Games Dadu dan Kahoot terhadap Hasil Belajar. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(1), 135-148. https://doi.org/10.53624/ptk.v4i1.295
Qurani, N., & Wahyu, F. (2024). KELAS X SMA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL ( TaRL ). 136–143.
Sarjiyati, P., Taram, A., & Rinawati, R. (2021). Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Problem Based Learning. Seminar Nasional Pendidikan …, 1(1), 755–760.
Sugiman. (2023). Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa dan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Metode Permainan Engklak di Kelas X Kc . 2 SMK Negeri 10 Medan Pendahuluan Metode Penelitian yang dilakukan ini tergolong k. 2(4), 80–89.
Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y. D. (2022). Penelitian tindakan kelas. Media Nusa Creative (MNC Publishing).
Syahdan, U. A., Cece, A., & Saleh, A. R. (2023). Meningkatkan Keterampilan Berkolaborasi Siswa SMA Melalui Model Pembelajaran PBL Dengan Pendekatan TARL di kelas XI MIPA 2 di SMAN 9 Makassar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(2), 172-179.
Ulfah, A., Fatmawati, L., Purnama, R. D., Pratama, F. Y., & Adityas, M. T. (2023). TaRL-Based differentiated learning model training for primary school teachers in independent curriculum implementation. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series (Vol. 6, No. 3).
Wardani, W. N., Prastyo, D., Setianingsih, R., Fanani, A., & Rosmiati, R. (2024). Penerapan Diferensiasi Asesmen pada Pendekatan Tarl Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Bilangan Cacah Siswa Kelas V SDN Menanggal 601 Surabaya. Indonesian Research Journal on Education, 4(3), 64-70.
Wirjana, I. M. A. Y., & Sumandya, I. W. (2023). Penerapan Teaching At the Right Level (Tarl) Untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar Matematika Peserta Didik Kelas Xi Sma. Widyadari, 24(2), 263–275. https://doi.org/10.59672/widyadari.v24i2.3190
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Enggar Tri Astuti, Restu Lusiana, Musta’in Musta’in
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0