Pengaruh Minat Baca terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Suci Nuzulul Mawadah Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Suharmono Kasiyun Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Syamsul Ghufron Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Dewi Widiana Rahayu Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.53624/ptk.v3i1.113

Keywords:

minat baca, hasil belajar, ilmu pengetahuan sosial

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh minat baca terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa kelas V SDN Sumberrejo 1 Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan uji korelasi. Populasi penelitian ini berjumlah 69 siswa dan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan jumlah sampel 30 siswa. Variabel penelitian ini adalah minat baca sebagai variabel bebas dan hasil belajar IPS sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji normalitas, uji lineritas, dan uji korelasi. Hasil penelitian menggunakan korelasi pearson product momentmenunjukkan bahwa korelasi minat baca dan hasil belajar memperoleh hasil sebesar 0,509 dan signifikasi sebesar 0,004 < 0,05, yang artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan antara minat baca terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Sumberrejo 1 Bojonegoro.

References

Caroline, E. (2019). Metode Kuantitatif. Media Sahabat Cendikia. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=Nt62DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA2&q=metode+kuantitatif&ots=Dzbv1VTzW4&sig=WKhkum7DhUkfoRkFKDBDnLMzhvY&redir_esc=y#v=onepage&q=metode%20kuantitatif&f=false

Dalman. (2013). Keterampilan Membaca. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Dani, G. R., & Nuraeni A. (2021). Hubungan Minat Baca dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Joyful Learning Journal, 10(1). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jl

Dimyanti, & Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Haryono, R.D., & Ali S. (2019). Hubungan Motivasi Belajar dan Minat Baca dengan Hasil Belajar Ips. Joyful Learning Journal, 8 (4). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jlj

Mattarima, S. M. U., Afifi, N., & Qamaria, R. S. (2022). ENGLISH STUDY CLUB: HOW STUDENTS’MENTAL ATTRIBUTES REFLECT THEIR MOTIVATION. Celtic: A Journal of Culture, English Language Teaching, Literature and Linguistics, 9(1), 120–134.

Meliyawati. (2016). Pemahaman Dasar Membaca. Yogyakarta: Deepublish.

Mualimah, E. N., & Usmaedi. (2018). Pengaruh Kebiasaan Membaca Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN Kubanglaban, 4(1).

Murtiningsih, L. (2018). Pengaruh Minat Baca terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Se-gugus Kusuma. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/view/14109.

Rochajati, Siti. (2020). Melahirkan Duta Baca: Strategi Peningkatan Minat Baca untuk Anak SD. Semarang: CV. Pilar Nusantara.

Sari, M. Z., Agus G., Yani F. & Nurul H. (2020). Pengaruh Minat Baca Siswa Terhadap Hasil Belajar Pada Pelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 1 Ciporang. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 4(2). https://jurnal.uns.ac.id/jdc.

Sugihartono, et al. (2007). Psikologi Pendidikan. UNY Press.

Susanto, A. (2014). Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group.

Undang-undang nomor 20 tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Kemendiknas.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2022-10-08

How to Cite

Nuzulul Mawadah, S., Kasiyun, S., Ghufron, S., & Widiana Rahayu, D. (2022). Pengaruh Minat Baca terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Sekolah Dasar. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(1), 33–38. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i1.113