Pengaruh Minat Baca terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.53624/ptk.v3i1.113Keywords:
minat baca, hasil belajar, ilmu pengetahuan sosialAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh minat baca terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa kelas V SDN Sumberrejo 1 Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan uji korelasi. Populasi penelitian ini berjumlah 69 siswa dan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan jumlah sampel 30 siswa. Variabel penelitian ini adalah minat baca sebagai variabel bebas dan hasil belajar IPS sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji normalitas, uji lineritas, dan uji korelasi. Hasil penelitian menggunakan korelasi pearson product momentmenunjukkan bahwa korelasi minat baca dan hasil belajar memperoleh hasil sebesar 0,509 dan signifikasi sebesar 0,004 < 0,05, yang artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan antara minat baca terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Sumberrejo 1 Bojonegoro.
Downloads
References
Caroline, E. (2019). Metode Kuantitatif. Media Sahabat Cendikia. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=Nt62DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA2&q=metode+kuantitatif&ots=Dzbv1VTzW4&sig=WKhkum7DhUkfoRkFKDBDnLMzhvY&redir_esc=y#v=onepage&q=metode%20kuantitatif&f=false
Dalman. (2013). Keterampilan Membaca. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Dani, G. R., & Nuraeni A. (2021). Hubungan Minat Baca dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Joyful Learning Journal, 10(1). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jl
Dimyanti, & Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Haryono, R.D., & Ali S. (2019). Hubungan Motivasi Belajar dan Minat Baca dengan Hasil Belajar Ips. Joyful Learning Journal, 8 (4). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jlj
Mattarima, S. M. U., Afifi, N., & Qamaria, R. S. (2022). ENGLISH STUDY CLUB: HOW STUDENTS’MENTAL ATTRIBUTES REFLECT THEIR MOTIVATION. Celtic: A Journal of Culture, English Language Teaching, Literature and Linguistics, 9(1), 120–134.
Meliyawati. (2016). Pemahaman Dasar Membaca. Yogyakarta: Deepublish.
Mualimah, E. N., & Usmaedi. (2018). Pengaruh Kebiasaan Membaca Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN Kubanglaban, 4(1).
Murtiningsih, L. (2018). Pengaruh Minat Baca terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Se-gugus Kusuma. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/view/14109.
Rochajati, Siti. (2020). Melahirkan Duta Baca: Strategi Peningkatan Minat Baca untuk Anak SD. Semarang: CV. Pilar Nusantara.
Sari, M. Z., Agus G., Yani F. & Nurul H. (2020). Pengaruh Minat Baca Siswa Terhadap Hasil Belajar Pada Pelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 1 Ciporang. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 4(2). https://jurnal.uns.ac.id/jdc.
Sugihartono, et al. (2007). Psikologi Pendidikan. UNY Press.
Susanto, A. (2014). Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group.
Undang-undang nomor 20 tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Kemendiknas.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Suci Nuzulul Mawadah, Suharmono Kasiyun, Syamsul Ghufron, Dewi Widiana Rahayu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0