Meningkatkan Hasil Belajar IPA Menggunakan Metode Eksperimen Kelas VI Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.53624/ptk.v3i2.150Keywords:
hasil belajar, metode eksperimen, sekolah dasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada tema tokoh dan penemuan dengan menggunakan metode eksperimen di kelas VI SD Negeri Keraton Kota Baubau. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI di SD Negeri Keraton Kota Baubau yang berjumlah 19 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes hasil belajar siswa, observasi siswa, dan observasi guru. Hasil pra siklus siswa yang mencapai nilai standar yaitu 6 siswa dan yang belum mencapai nilai standar yaitu 13 siswa dengan nilai rata-rata kelas 55,26. Hasil belajar siswa yang mencapai nilai standar pada siklus I yaitu 9 siswa dan yang belum mencapai nilai standar yaitu 10 siswa dengan nilai rata-rata kelas 57,36. Hasil belajar siswa yang mencapai nilai standar pada siklus II yaitu 16 siswa dan yang belum mencapai nilai standar yaitu 3 siswa dengan nilai rata-rata kelas 71,57. Hasil ini membuktikan bahwa penggunaan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar IPA kelas VI pada tema tokoh dan penemuan di SD Negeri Keraton Kota Baubau.
Downloads
References
Adi Merta, I. K. S., Darsana, I. W., & Surya Abadi, I. B. G. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Visual Auditory Kinestethic Bernuansa Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Indonesian Journal Of Educational Research And Review, 3(1), 65. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.23887/Ijerr.V3i1.24871.
Awansyah, P. (2022). Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkansikap Ilmiah Dan Prestasi Belajar Siswa. DIADIK, 12(1). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.33369/Diadik.V12i1.21390.
Baiq Rohmi Khalida, I. G. A. (2021). Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(2). Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.23887/Jippg.V4i2.
Dadan Suryana, A. H. (2022). Pengembangan Media Video Pembelajaran Tematik Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V6i2.1413.
Easy Safira, Hadi Sunaryo, P. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Motivasi Terhadap Kedisiplinan Dan Prestasi Belajar. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(2), 169–188. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.26740/Jepk.V9n2.P169-188.
Effiyati Prihatini. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Formatif, 7(2), 172–179. Https://Doi.Org/Ttp://Dx.Doi.Org/10.30998/Formatif.V7i2.1831.
Endang Nuryasana, N. D. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Strategi Mengajar Untuk Mningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(5). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.47492/Jip.V1i5.177.
Fitriani, S. (2019). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia Siswa Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar. Https://Doi.Org/10.30651/Else.V3i2.3011.
Guntur, Zainal, Y. Y. (2022). Penerapan Metode Eksperimen Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD. Pinisi Jurnal PGSD UNM, 2(1). Https://Doi.Org/10.26858.
Haniyah, L., Bektiarso, S., & Wahyuni, S. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT(Numbered Head Together) Disertai Metode Eksperimen Pada Pembelajaran IPA Fisika SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika FKIP Universitas Jember, 3(1). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.19184/Jpf.V3i1.23239.
Hariatin. (2022). Kemampuan Menulis Siswamelalui Metode Berbasis Kompetensi: Penelitian Tindakan Kelas Di Sdnbaujeng 1. Jurnal PTK, 3(1), 1–9. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.53624/Ptk.V3i1.101.
Irsan, A. L. N. G., & Yulan, T. Y. (2021). Analisis Kesulitan Implementasi Pembelajaran Tematik Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4392–4399. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V3i6.1475.
Jayanti, I. (2020). Analisis Faktor Nternal Dan Eksternal Kesulitan Belajar Atematika Kelas V. SISTEMA: JURNAL PENDIDIKAN, 1(1). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.24903/Sjp.V1i1.602.
Lubis, M. S. (2021). Belajar Dan Mengajar Sebagai Suatu Proses Pendidikan Yang Berkemajuan. JURNAL LITERASIOLOGI, 5(2), 95–105. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.47783/Literasiologi.V5i2.222.
Mardinugroho, S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Sifat Mekanik Bahan Melalui Latihan Konversi Satuan. Jurnal JIRA, 2(11). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.47387/Jira.V2i11.236.
Nahak, K. E. N., Degeng, I. N. S., & Widiati, U. (2019). Pembelajaran Tematik Di SD. Jurnal Pendidikan, 4(6), 785–794. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.17977/Jptpp.V4i6.12527.
Rudi Ramadhan, H. P. (2022). Peran Kepala Sekolah Dalam Manajemen Pembelajaran Pada Masa Pandemi Di Mts Miftahul Huda Karawang. Jurnal Pendidikan, 10(2), 235–245. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.36232/Pendidikan.V10i2.2215.
Safiudin, A. M. A., & Filsaroneng. (2022). Penggunaan Metode Card Short Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Tema 1 Organ Gerak Hewan Dan Manusia. Taksonomi Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 40–45. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.35326/Taksonomi.V2i1.2221.
Solikati, N. (2021). Peningkatan Prestasi Belajar IPA Materi Rangkaian Listrik Sederhana Dengan Metode Eksperimen. Jurnal Terapan Pendidikan Dasar Dan Menengah, 1(2). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.28926/Jtpdm.V1i1.1.
Susilowati, D. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA. https://doi.org/10.29040/jie.v2i01.175.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 A. Muh Ali, Satriawati, Rahma Nur
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0