Penggunaan Bahan Ajar Leaflet Berbasis Qr Code dan Google Sites pada Materi Organ Pernapasan Manusia dan Hewan

Authors

  • Siti Nur Haliza Universitas Nusantara PGRI Kediri https://orcid.org/0000-0002-3438-1177
  • Endang Sri Mujiwati Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Abdul Aziz Hunaifi Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.53624/ptk.v3i2.129

Keywords:

penggunaan, bahan ajar leaflet, qr code, google sites

Abstract

Bahan ajar merupakan alat bantu yang mampu digunakan seorang guru pada kegiatan pembelajaran dalam memberikan pemahaman kepada siswa terkait materi pelajaran dan berinovasi terhadap bahan ajar. Penelitian dilaksanakan untuk mengukur efektivitas dari leaflet sebagai bahan ajar yang berbasis Qr code dengan bantuan google sites. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development). Adapun analisis penelitian melalui dua cara yaitu secara kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini menunjukan nilai rata-rata kevalidan yaitu 90%. Keefektifan bahan ajar dari hasil belajar siswa yaitu 87% dan kepraktisan yang di peroleh dari respon guru yaitu 94% dan siswa yaitu 95%.  

References

Aina, M. (2020). Penelitian Pengembangan (Research And Development) Pengertian, Tujuan dan Langkah-langkah R&D. Pembelajaran Penelitian, (January), 1–17.

Akbar, S. (2015). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 78.

Arief, R. (2017). Aplikasi Presensi Siswa Online Menggunakan Google Forms, Sheet, Sites, Awesome Table Dan Gmail. Surabaya: Sntekpan V, Itats, 138-139.

Branch, R. M. (2010). Instructional design: The ADDIE approach. Instructional Design: The ADDIE Approach (pp. 1–203).

Depdikiknas. (2007). Naskah Akademik Kajian Kebijakan Kurikulum Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPA). BPPPK.

Ismail, I. (2021). Barcode Adalah: Pengertian, Jenis, dan Fungsinya Pada Kemasan . Produk.

Julianto, dkk. (2019). Konsep IPA Lanjut. Sidoarjo: Zifatama Jawara.

Kosasih, E. (2021). Pengembangan bahan ajar. Bumi Aksara.

Majid, A. (2013). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 177.

Musthofa, N. A., Mutrofin, S., & Murtadho, M. A. (2016). Implementasi Quick Response (Qr) Code Pada Aplikasi Validasi Dokumen Menggunakan Perancangan Unified Modelling Language (Uml). Blitar : ANTIVIRUS: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika. 42.

Nalasari, K.S., Suarni, N.K., & Wibawa, I.M.C. (2001). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web google Sites pada Tema 9 Subtema Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia untuk Siswa Kelas IV Sekolah. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 11(2), 135-146. doi :10.23887/jurnal_tp.v11i2.658.

Nurdin, I., & Hartati, S. (2019). Metodologi penelitian sosial. Surabaya: Media Sahabat Cendikia.

Panggabean, S. (2022). S Pengembangan dan Pengelolaan Sumber Belajar Pendidikan Dasar di Era Kenormalan Baru. (n.p.): umsu press.

Pengabean., Nurul., & Danis, A. (2020). Desain Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Sains. Medan : Yayasan Kita Menulis.

Rahmani, A.F. (2022). Penerapan Media Leaflet Berbasis ICT Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Biografi Khulafaur Rasyidin. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Madrasah, 2(3), 189-200. http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula.

Retno Palupi, D. A., Eka Putri, K., & Amirul Mukmin, B. (2022). Pengembangan E-book menggunakan Aplikasi BookCreator berbasis QR Code pada Materi Ajar Siswa Sekolah Dasar . PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(1), 78-90. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i1.123.

Ruyadi, I. (2015). Pemanfaatan Brosur dan Leaflet Sebagai Media Informasi dan Komunikasi Pertanian. Papua Barat: Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi pertanian.

Sugiyono. (2013). Penelitian, Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-01-07

How to Cite

Nur Haliza, S., Sri Mujiwati, E., & Aziz Hunaifi, A. (2023). Penggunaan Bahan Ajar Leaflet Berbasis Qr Code dan Google Sites pada Materi Organ Pernapasan Manusia dan Hewan. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(2), 91–100. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i2.129

Issue

Section

Articles