Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Menggunakan Metode Index Card Match di MTs Sunan Ampel Kamalkuning Krejengan Probolinggo
DOI:
https://doi.org/10.53624/ptk.v3i2.134Keywords:
pembelajaran, metode, index card match, al-qur’an, haditsAbstract
Melalui Metode Index Card Match yang digunakan untuk pembelajaran Al-Qur'an Hadits di kelas IX, Penelitian Tindakan Kelas ini berusaha untuk mengetahui peningkatan pemahaman membaca Al-Qur'an siswa pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits, khususnya pada materi tentang Mad Lazim yaitu Mad Lazim Mutsaqqal Kilmi, Mad Lazim Mukhaffaf Kilmi, Mad Lazim Mutsaqqal Harfi, dan Mad Lazim Mukhaffaf Harfi. Kajian ini dilatarbelakangi oleh fakta bahwa masih banyak siswa yang kesulitan untuk memahami sebagian besar dari apa yang mereka baca dalam Al-Qur'an, khususnya terkait masalah Mad Lazim. Siswa kelas IX MTs dijadikan sebagai subjek penelitian. Selama pelaksanaan, dua siklus penelitian dilakukan. Berdasarkan temuan penelitian ini, pemahaman siswa kelas IX MTs Sunan Ampel terhadap materi Al-Qur'an Hadits hukum bacaan Mad Lazim dapat ditingkatkan melalui metode Index Card Match. Hasil yang meningkat dari siklus I ke siklus II menjadi buktinya. Berdasarkan hasil siklus I, 17 (54,84%) siswa berhasil menyelesaikan KKM, sedangkan 14 (45,16%) siswa tidak tuntas. Selain itu hasil belajar siswa pada siklus II lebih baik dari pada siklus I; dari 31 siswa, sebanyak 24 siswa (77,42%) yang tuntas KKM, sedangkan sebanyak 7 siswa (22,58%) tidak. Karena penelitian tindakan kelas ini mencapai kriteria ketuntasan klasikal sebesar 77,42 dari indikator ketuntasan belajar sebanyak 75% maka dianggap efektif dan berhasil.
Downloads
References
Aliyah, N. H., & Suprijono, A. (2014). Pengaruh Metode Indeks Card Match terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS SMA Muhammadiyah 1 Babat-Lamongan.
Amalia, F. A. (2018). Penerapan Metode Index Card Match Terhadap Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Siswa Dikelas III A Min 2 Bandar Lampung. UIN Raden Intan Lampung.
Ariyanto, S. Y. (2011). PEnerapan Strategi Pembelajaran Index Card Match sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Proses Pembelajaran PKn Materi Proklamasi Kemerdekaan dan Konstitusi Pertama pada Siswa Kelas VII A SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun 2010. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Damayanti, N. S. (2022). PEnerapan Metode Index Card Match dan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MTs YASPI PAKI. Al Ghazali, 5(1), 39–47.
Dianah, D. (2022). Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Qur’an Hadits melalui Pembelajaran Interpretatif Berbasis ICT. SECONDARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 2(1), 64–72.
Haninrachma, D. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Dengan Strategi Index Card Match Pada Mata Pelajaran Teknik Listrik di Kelas X Teknik Elektronika Industri SMK Negeri 2 Lamongan. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 6(1).
Hatmin, H. (2021). Peningkatan Pemahaman Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas XI melalui Metode Index Card Match. E-Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Jurusan Tarbiyah FTIK IAIN Palangka Raya, 1(1).
Murniati, E. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Index Card Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII. 6 SMPN 12 Pekanbaru pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 4(2), 83–90.
Nanda, I., Sayfullah, H., Pohan, R., Windariyah, D. S., Fakhrurrazi, Khermarinah, Mulasi, S., Warlizasusi, J., Hurit, R. U., Harizahayu, Ariyanto, D., Wahab, A., Romdloni, & Aini, A. N. (2021). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru Inspiratif (Cetakan Pe). Adab.
Samrin, S. (2022). Improving Islamic Education Learning Outcomes Through the Index Card Match Learning Method (Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Metode Pembelajaran Index Card Match). EDU-MANDARA: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(1, Juni).
Sanjaya, W. (2015). Perencanaan Dan Desain Sistem Pembelajaran. Kencana.
Sofiyah, S. (2016). Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Hukum Bacaan Mad Lazim Melalui Metode Drill. Didaktikum, 17(3).
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. PT Alfabet.
Suhardini, A. D. (2022). Peningkatan Pemahaman Siswa terhadap Mata Pelajaran Akidah Akhlak melalui Metode Index Card Match. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam.
Zaini, H., Munthe, B., & Aryani, S. A. (2011). Strategi Pembelajaran Aktif (Cetakan 10).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nuris Syafa'atil Udzma, Edi Kurniawan Farid
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0