Dampak Penggunaan Gadget terhadap Moral dan Etika Peserta Didik di Sekolah Dasar Negeri

Authors

  • Ditya Aslamiyah Universitas Lampung
  • I Wayan Suberata Universitas Lampung
  • Darsono Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.53624/ptk.v5i1.491

Keywords:

gadget, moral, anak

Abstract

Gadget merupakan alat komunikasi dan pencarian informasi yang memudahkan manusia dalam menjalankan aktivitas dan pekerjaan. Saat menggunakannya, kita selalu bergantung pada gadget untuk beraktivitas. Tidak hanya orang dewasa, remaja, bahkan anak-anak juga telah menggunakan gadget untuk memenuhi kebutuhannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh gadget terhadap moral dan etika siswa. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan gadget yang berlebihan akan berdampak buruk bagi penggunanya, termasuk anak-anak yang rentan terhadap efek negatif gadget. Akibat penggunaan gadget, anak-anak memiliki moral yang rendah dan perilaku buruk akibat kecanduan gadget.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adam, A. dkk. (2022). Pengaruh Gadget Terhadap Ahklak Dan Moral Siswa Di Sekolah Dasar Negeri 47 Kota Ternate. Juanga: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 8(1), 29-47. https://doi.org/10.59115/juanga.v8i1.52

Agasi, D. ., Oktarina, R. ., Desyandri, D., & Murni, I. . (2022). Pengaruh Pemakaian Gadget pada Peserta Didik Sekolah Dasar Berkaitan dengan Perkembangan Psikologinya. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 10763–10768. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4133

Herdiman, L. dkk. (2021). Peran Orang Tua dalam Pengembangan Etika Pembelajaran dan Penggunaan Gadget pada Anak Usia Sekolah Dasar Selama Pandemi di Desa Jatipurwo, Kabupaten Wonogiri. Prosiding Seminar Nasional Membangun Desa-UNS, 2(2), 608-617.

Jalilah, S. R. (2022). Analisis Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Fisik dan Perubahan Perilaku. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 28-37. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1716

Mardiyanto, E. (2020). Penelitian Kualitatif (Teori dan Aplikasi Disertai Contoh Proposal). Jogjakarta: UPN “Veteran” Yogyakarta Press.

Maulandari., Kusnadi, D,. dan Wahid, S. M. A. (2023). Peran Guru Dalam Meningkatkan Minat dan Bakat Siswa Sekolah Dasar Negeri 047 Tarakan. Jurnal Tindakan Kelas: 3(2). 131 - 138. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i2.1399

Purwaningtyas, F. D. dkk. (2023). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Psikologi Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi Wijaya Putra, 4(1), 1-9. https://doi.org/10.38156/psikowipa.v4i1.84

Sahir, S.H. (2021). Metodologi Pendidikan. Jogjakarta: Penerbit KBM Indonesia.

Saputri., & Setyawan. (2022). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Karakter pada Anak Sekolah Dasar. AMAL INSANI (Indonesian Multidiscipline of Social Journal) 3(1):24-31. https://doi.org/10.56721/amalinsani.v3i1.109

Sauri, S., Sulastri, A., Hakim, A. R., & Sururuddin, M. (2022). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 1167–1173. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.3226

Setiawati, Y. & Fithriyah, I. (2020). Deteksi Dini dan Penanganan Kecanduan Gawai Pada Anak. Jawa Timur: Airlangga University Press.

Siregar, I. S. (2022). Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini Studi Kasus Anak Usia Dini Siolip. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 140-153. https://doi.org/10.56874/tila.v2i1.757

Watak, C. L., Tuwongihide, Y., & Suparlan, M. S. R. (2023). Dampak Penggunaan Gadget Berlebihan Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat MAPALUS, 1(2), 43–49.

Yannuansa, N. dkk. (2020). Pengaruh Gadget Pada Anak-Anak. Jawa Timur: LPPM Unhasy Tebuireng Jombang.

Yumarni, V. (2022). Pengaruh Gadget Pada Anak Usia Dini. Jurnal Literasiologi, 8(2), 107-119. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v8i2.369

Downloads

PlumX Metrics

Published

2024-11-29

How to Cite

Aslamiyah, D., Suberata, I. W., & Darsono. (2024). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Moral dan Etika Peserta Didik di Sekolah Dasar Negeri. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 5(1), 223–232. https://doi.org/10.53624/ptk.v5i1.491