Dampak Penggunaan Gadget terhadap Moral dan Etika Peserta Didik di Sekolah Dasar Negeri
DOI:
https://doi.org/10.53624/ptk.v5i1.491Keywords:
gadget, moral, anakAbstract
Gadget merupakan alat komunikasi dan pencarian informasi yang memudahkan manusia dalam menjalankan aktivitas dan pekerjaan. Saat menggunakannya, kita selalu bergantung pada gadget untuk beraktivitas. Tidak hanya orang dewasa, remaja, bahkan anak-anak juga telah menggunakan gadget untuk memenuhi kebutuhannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh gadget terhadap moral dan etika siswa. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan gadget yang berlebihan akan berdampak buruk bagi penggunanya, termasuk anak-anak yang rentan terhadap efek negatif gadget. Akibat penggunaan gadget, anak-anak memiliki moral yang rendah dan perilaku buruk akibat kecanduan gadget.
Downloads
References
Adam, A. dkk. (2022). Pengaruh Gadget Terhadap Ahklak Dan Moral Siswa Di Sekolah Dasar Negeri 47 Kota Ternate. Juanga: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 8(1), 29-47. https://doi.org/10.59115/juanga.v8i1.52
Agasi, D. ., Oktarina, R. ., Desyandri, D., & Murni, I. . (2022). Pengaruh Pemakaian Gadget pada Peserta Didik Sekolah Dasar Berkaitan dengan Perkembangan Psikologinya. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 10763–10768. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4133
Herdiman, L. dkk. (2021). Peran Orang Tua dalam Pengembangan Etika Pembelajaran dan Penggunaan Gadget pada Anak Usia Sekolah Dasar Selama Pandemi di Desa Jatipurwo, Kabupaten Wonogiri. Prosiding Seminar Nasional Membangun Desa-UNS, 2(2), 608-617.
Jalilah, S. R. (2022). Analisis Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Fisik dan Perubahan Perilaku. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 28-37. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1716
Mardiyanto, E. (2020). Penelitian Kualitatif (Teori dan Aplikasi Disertai Contoh Proposal). Jogjakarta: UPN “Veteran” Yogyakarta Press.
Maulandari., Kusnadi, D,. dan Wahid, S. M. A. (2023). Peran Guru Dalam Meningkatkan Minat dan Bakat Siswa Sekolah Dasar Negeri 047 Tarakan. Jurnal Tindakan Kelas: 3(2). 131 - 138. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i2.1399
Purwaningtyas, F. D. dkk. (2023). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Psikologi Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi Wijaya Putra, 4(1), 1-9. https://doi.org/10.38156/psikowipa.v4i1.84
Sahir, S.H. (2021). Metodologi Pendidikan. Jogjakarta: Penerbit KBM Indonesia.
Saputri., & Setyawan. (2022). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Karakter pada Anak Sekolah Dasar. AMAL INSANI (Indonesian Multidiscipline of Social Journal) 3(1):24-31. https://doi.org/10.56721/amalinsani.v3i1.109
Sauri, S., Sulastri, A., Hakim, A. R., & Sururuddin, M. (2022). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 1167–1173. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.3226
Setiawati, Y. & Fithriyah, I. (2020). Deteksi Dini dan Penanganan Kecanduan Gawai Pada Anak. Jawa Timur: Airlangga University Press.
Siregar, I. S. (2022). Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini Studi Kasus Anak Usia Dini Siolip. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 140-153. https://doi.org/10.56874/tila.v2i1.757
Watak, C. L., Tuwongihide, Y., & Suparlan, M. S. R. (2023). Dampak Penggunaan Gadget Berlebihan Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat MAPALUS, 1(2), 43–49.
Yannuansa, N. dkk. (2020). Pengaruh Gadget Pada Anak-Anak. Jawa Timur: LPPM Unhasy Tebuireng Jombang.
Yumarni, V. (2022). Pengaruh Gadget Pada Anak Usia Dini. Jurnal Literasiologi, 8(2), 107-119. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v8i2.369
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ditya Aslamiyah, I Wayan Suberata, Darsono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0