Peningkatan Hasil Belajar melalui Model Pembelajaran Kooperatif pada Siswa kelas IIB Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.53624/ptk.v4i2.355Keywords:
peningkatan, hasil belajar, kooperatifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IIB SDN 004 Samarinda Utara melalui model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Permasalahan pada penelitian ini adalah hasil belajar pendidikan pancasila yang rendah. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak 3 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siklus I memperoleh hasil belajar yang baik dan langsung memenuhi target peneliti dengan persentase ketuntasan 82,76%. Melalui refleksi pada siklus I, peneliti melakukan perbaikan dan perubahan pelaksanaan sehingga siklus II memperoleh persentase ketuntasan sebesar 89,66%. Siklus III memperoleh persentase ketuntasan sebesar 96,55% dan jumla siswa yang tidak tuntas hanya 1 orang dari keseluruhan siswa sebanyak 29 orang. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IIB SDN 004 Samarinda Utara.
Downloads
References
Afdal, A. (2022). Penerapan Habituasi dan Punishment pada Siswa Sekolah Dasar di Kota Samarinda Tahun 2022. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(5), 6897–6902. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i5.3402
Afdal, A., Nugroho, T. C., Deli, R., & Muhdar, A. (2023). Penerapan Metode Circ (Cooperative Integrated Reading and Composition) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Muatan Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas Iii Sdn 017 Samarinda Utara Tahun 2022. Jurnal Basataka (JBT), 6(1), 259–270. http://jurnal.pbsi.uniba-bpn.ac.id/index.php/BASATAKA/article/view/275
Afdal, Sundah, R., & Awinsah. (2022). Diskusi Tentang Pentingnya Habituasi Dan Punishment Di SDN 004 Samarinda Utara Tahun 2022. JPKPM, 2(1), 32–36.
Ahmadi. (2019). Penggunan Model Pembelajaran Membuat dan Mencocokkan (Make and Match) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pelajaran Bangga Sebagai Bangsa Indonesia Kelas di Kelas III SDN 41 / 1 KUAP. 1(3), 1–13.
Aliputri, D. H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1A), 70–77. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1a.2351
Anggia, D., Asnawi, & Juliati. (2019). Kehidupan ” SD Negeri 7 Langsengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema 7 “ Peristiwa dalam a. Journal of Basic Education Studies, 2(1), 57–67.
Ariyanti, M., & Daulay, M. I. (2022). Peningkatan Hasil Belajar PKN pada Materi Bangga sebagai Bangsa Indonesia melalui Metode Make a Match. 6, 8594–8602.
El Mahanani, P. S. (2022). Penerapan Metode Cooperative Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas 3 SDN Tambakrejo Gurah Kediri. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(2), 86-93.
Fauhah, H., & Rosy, B. (2020). Analisis Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 321–334. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p321-334
Handayani, E. S., Hikmah, N., & Astuti, N. K. (2021). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Oleh Guru Kelas II SDN 015 Sungai Pinang. Inovasi Penelitian, 2(5).
Hikmah, N., Khairunnisa, R., Afdal, & Saputra, H. (2022). Penerapan Eskul Keagamaan Untuk Mengembangkan Bakat Siswa Di SDIT AD-DAUD Palaran Samarinda. 7(2), 111–116.
Kamaruddin, I., Septiani, V., Handayani, E. S., & Manado, P. N. (2023). Peran Pendidikan dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. 7(2614–3097), 16460–16465.
Kurniawan, D. (2019). Pembelajaran Terpadu Tematik (Teori, Praktik, dan Penilaian) (2nd ed.). Alfabeta, cv.
Nugroho, I. M., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., & Riau, U. (2019). PRIMARY : JURNAL PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Volume 8 Nomor 2 Oktober 2019 TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Riau , Indonesia Submitted : PRIMARY : JURNAL PENDIDIKAN GURU SEKOL. 8(October), 148–159.
Octavia, S. A. (2020). Model-Model Pembelajaran (1st ed.). Deepublish.
Putri, D. A., & Taufina, T. (2020). Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Make A Match di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 610–616. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.403
Putri, E. N. D., & Taufina, T. (2020). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 617–623. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.405
Raharjo, W. T., & Kristin, F. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran Make a Match Pada Kelas 4 Sd. Satya Widya, 35(2), 168–175. https://doi.org/10.24246/j.sw.2019.v35.i2.p168-175
Rustiyarso, & Wijaya, T. (2020). Panduan dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas (Utami (ed.); 1st ed.). Noktah.
Sari, M. A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Muatan Pelajaran PPKn Tema 4 Kewajiban Dan Hakku Subtema 1 Kewajiban Dan Hakku Di Rumah di SD 1 Klumpit Kabupaten Kudus. 2(3), 361–366.
Topandra, M., & Hamimah. (2020). Model Kooperatif Tipe Make A Match dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1256–1268.
WANTI, N. I. (2022). Penerapan Model Make a Match Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa. SOCIAL : Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 2(1), 44–50. https://doi.org/10.51878/social.v2i1.1086
Yulianti, N. (2021). Penguasaan Vocabulary dalam Memahami Descriptive text dengan Make a Match bermedia Tumbar (D. A. Aprianto (ed.); 1st ed.). CV Jejak.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 afdal afdal, Eka Selvi Handayani, Rohaniah Rohaniah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0