Peningkatan Hasil Belajar melalui Model Pembelajaran Kooperatif pada Siswa kelas IIB Sekolah Dasar

Authors

  • Afdal Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
  • Eka Selvi Handayani Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
  • Rohaniah Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.53624/ptk.v4i2.355

Keywords:

peningkatan, hasil belajar, kooperatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IIB SDN 004 Samarinda Utara melalui model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Permasalahan pada penelitian ini adalah hasil belajar pendidikan pancasila yang rendah. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak 3 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siklus I memperoleh hasil belajar yang baik dan langsung memenuhi target peneliti dengan persentase ketuntasan 82,76%. Melalui refleksi pada siklus I, peneliti melakukan perbaikan dan perubahan pelaksanaan sehingga siklus II memperoleh persentase ketuntasan sebesar 89,66%. Siklus III memperoleh persentase ketuntasan sebesar 96,55% dan jumla siswa yang tidak tuntas hanya 1 orang dari keseluruhan siswa sebanyak 29 orang. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IIB SDN 004 Samarinda Utara.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afdal, A. (2022). Penerapan Habituasi dan Punishment pada Siswa Sekolah Dasar di Kota Samarinda Tahun 2022. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(5), 6897–6902. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i5.3402

Afdal, A., Nugroho, T. C., Deli, R., & Muhdar, A. (2023). Penerapan Metode Circ (Cooperative Integrated Reading and Composition) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Muatan Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas Iii Sdn 017 Samarinda Utara Tahun 2022. Jurnal Basataka (JBT), 6(1), 259–270. http://jurnal.pbsi.uniba-bpn.ac.id/index.php/BASATAKA/article/view/275

Afdal, Sundah, R., & Awinsah. (2022). Diskusi Tentang Pentingnya Habituasi Dan Punishment Di SDN 004 Samarinda Utara Tahun 2022. JPKPM, 2(1), 32–36.

Ahmadi. (2019). Penggunan Model Pembelajaran Membuat dan Mencocokkan (Make and Match) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pelajaran Bangga Sebagai Bangsa Indonesia Kelas di Kelas III SDN 41 / 1 KUAP. 1(3), 1–13.

Aliputri, D. H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1A), 70–77. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1a.2351

Anggia, D., Asnawi, & Juliati. (2019). Kehidupan ” SD Negeri 7 Langsengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema 7 “ Peristiwa dalam a. Journal of Basic Education Studies, 2(1), 57–67.

Ariyanti, M., & Daulay, M. I. (2022). Peningkatan Hasil Belajar PKN pada Materi Bangga sebagai Bangsa Indonesia melalui Metode Make a Match. 6, 8594–8602.

El Mahanani, P. S. (2022). Penerapan Metode Cooperative Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas 3 SDN Tambakrejo Gurah Kediri. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(2), 86-93.

Fauhah, H., & Rosy, B. (2020). Analisis Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 321–334. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p321-334

Handayani, E. S., Hikmah, N., & Astuti, N. K. (2021). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Oleh Guru Kelas II SDN 015 Sungai Pinang. Inovasi Penelitian, 2(5).

Hikmah, N., Khairunnisa, R., Afdal, & Saputra, H. (2022). Penerapan Eskul Keagamaan Untuk Mengembangkan Bakat Siswa Di SDIT AD-DAUD Palaran Samarinda. 7(2), 111–116.

Kamaruddin, I., Septiani, V., Handayani, E. S., & Manado, P. N. (2023). Peran Pendidikan dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. 7(2614–3097), 16460–16465.

Kurniawan, D. (2019). Pembelajaran Terpadu Tematik (Teori, Praktik, dan Penilaian) (2nd ed.). Alfabeta, cv.

Nugroho, I. M., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., & Riau, U. (2019). PRIMARY : JURNAL PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Volume 8 Nomor 2 Oktober 2019 TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Riau , Indonesia Submitted : PRIMARY : JURNAL PENDIDIKAN GURU SEKOL. 8(October), 148–159.

Octavia, S. A. (2020). Model-Model Pembelajaran (1st ed.). Deepublish.

Putri, D. A., & Taufina, T. (2020). Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Make A Match di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 610–616. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.403

Putri, E. N. D., & Taufina, T. (2020). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 617–623. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.405

Raharjo, W. T., & Kristin, F. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran Make a Match Pada Kelas 4 Sd. Satya Widya, 35(2), 168–175. https://doi.org/10.24246/j.sw.2019.v35.i2.p168-175

Rustiyarso, & Wijaya, T. (2020). Panduan dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas (Utami (ed.); 1st ed.). Noktah.

Sari, M. A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Muatan Pelajaran PPKn Tema 4 Kewajiban Dan Hakku Subtema 1 Kewajiban Dan Hakku Di Rumah di SD 1 Klumpit Kabupaten Kudus. 2(3), 361–366.

Topandra, M., & Hamimah. (2020). Model Kooperatif Tipe Make A Match dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1256–1268.

WANTI, N. I. (2022). Penerapan Model Make a Match Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa. SOCIAL : Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 2(1), 44–50. https://doi.org/10.51878/social.v2i1.1086

Yulianti, N. (2021). Penguasaan Vocabulary dalam Memahami Descriptive text dengan Make a Match bermedia Tumbar (D. A. Aprianto (ed.); 1st ed.). CV Jejak.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2024-05-04

How to Cite

Afdal, A., Handayani, E. S., & Rohaniah, R. (2024). Peningkatan Hasil Belajar melalui Model Pembelajaran Kooperatif pada Siswa kelas IIB Sekolah Dasar. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(2), 291–304. https://doi.org/10.53624/ptk.v4i2.355

Issue

Section

Articles