Meningkatkan Prestasi Belajar Informatika Menggunakan Model Blended Learning di Kelas X IPS 1 MAN 1 Cilacap
DOI:
https://doi.org/10.53624/ptk.v3i2.148Keywords:
prestasi belajar, informatika, blended learningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar informatika menggunakan model blended learning di kelas X IPS 1 MAN 1 Cilacap. Model penelitian yang digunakan adalah model penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas X IPS 1 MAN 1 Cilacap. Tindakan dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, pedoman wawancara, lembar dokumentasi, dan lembar tes. Data yang terkumpul dianalisis secara bertahap dengan model interaktif yaitu reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran blended learningdapat meningkatkan keaktifan belajar dan prestasi belajar Informatika siswa. Keaktifan belajar siswa pada siklus 1, siswa yang tergolong aktif 72%, meningkat pada siklus II menjadi 86%. Ketercapaian KKM pada pra siklus 20%, pada siklus I sebesar 71%, meningkat pada siklus II menjadi 88%. Rata-rata nilai pada pra siklus 61,46 meningkat pada siklus I menjadi 75,60 dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 78,78. Hasil penelitian tersebut membuktikan bahwa model blended learning dapat meningkatkan prestasi belajar informatika siswa di kelas X IPS 1 MAN 1 Cilacap.
Downloads
References
Adityawardhana, O. (2018). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS I SMA NEGERI 6 YOGYAKARTA. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 7(1).
Amin, A. K. (2017). Kajian konseptual model pembelajaran blended learning berbasis web untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar. Jurnal Pendidikan Edutama, 4(2), 51–64.
Asrori, M. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. CV Wacana Prima.
Batubara, H. S., Riyanda, A. R., Rahmawati, R., Ambiyar, A., & Samala, A. D. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Blended Learning di Masa Pandemi Covid-19: Meta-Analisis. Jurnal Basicedu, 6(3), 4629–4637. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2816
Farhana, H., & Awiria, A. (2019). Penelitian tindakan kelas. PT Bumi Aksara.
Husamah, H. (2014). Pembelajaran bauran (Blended learning). Universitas Muhammadiyah Malang.
Julkifli Sinuhaji. (2021, Agustus). UPDATE Corona Indonesia per 4 Agustus 2021: Positif Covid-19 Naik 35.867, Meninggal 1.747 Orang. https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-012334976/update-corona-indonesia-per-4-agustus-2021-positif-covid-19-naik-35867-meninggal-1598-orang?page=2
Kusumah, W., & Dwitagama, D. (2010). Mengenal penelitian tindakan kelas.
Muhson, N. (2019). Penerapan Blended Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pai Materi Sejarah Bani Umaiyah Kelas VIII SMPN 3 Pontianak. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 6(1), 12–25. https://doi.org/10.31571/sosial.v6i1.1230
Munir, M. (2017). Pembelajaran digital. Alfabeta.
Nande, M., & Irman, W. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 180–187.
Prayitno, W. (2015). Penerapan blended learning dalam pengembangan Pendidikan dan Pelatihan (diklat) bagi pendidik dan tenaga kependidikan (PTK). In Yogyakarta: LPMP DI Yogyakarta.
Puspitarini, D. (2022). Blended Learning as a 21st Century Learning Model. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(1), 1–6.
Safari. (2019). Evaluasi Pendidikan: Penyusunan Kisi-kisi, Penulisan, & Analisis Butir Soal. Erlangga.
Samsul, M., Sudiarti, D., & Nurjanah, U. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Blended Learning Dan Aplikasi Google Classroom Di SMP PGRI Mumbulsari. JURNAL BIOSHELL, 9(2), 33–36. https://doi.org/10.36835/bio.v9i2.785
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. CV. Alfabeta.
Suhana, C., & Hanafiah, N. (2014). Konsep strategi pembelajaran (Vol. 5). PT Refika Aditama.
Susanto, A. (2016). Manajemen peningkatan kinerja guru konsep, strategi, dan implementasinya. Prenada Media.
Trianto, M. M. P. I.-P. (2012). Konsep. Strategi, Dan Implementasinya Dalam KTSP, Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Masruri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0