Meningkatkan Prestasi Belajar Informatika Menggunakan Model Blended Learning di Kelas X IPS 1 MAN 1 Cilacap

Authors

DOI:

https://doi.org/10.53624/ptk.v3i2.148

Keywords:

prestasi belajar, informatika, blended learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar informatika menggunakan model blended learning di kelas X IPS 1 MAN 1 Cilacap. Model penelitian yang digunakan adalah model penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas X IPS 1 MAN 1 Cilacap. Tindakan dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, pedoman wawancara, lembar dokumentasi, dan lembar tes. Data yang terkumpul dianalisis secara bertahap dengan model interaktif yaitu reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran blended learningdapat meningkatkan keaktifan belajar dan prestasi belajar Informatika siswa. Keaktifan belajar siswa pada siklus 1, siswa yang tergolong aktif 72%, meningkat pada siklus II menjadi 86%. Ketercapaian KKM pada pra  siklus 20%, pada siklus I sebesar 71%, meningkat pada siklus II menjadi 88%. Rata-rata nilai pada pra siklus 61,46 meningkat pada siklus I menjadi 75,60 dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 78,78. Hasil penelitian tersebut membuktikan bahwa  model blended learning dapat meningkatkan prestasi belajar informatika siswa di kelas X IPS 1 MAN 1 Cilacap. 

References

Adityawardhana, O. (2018). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS I SMA NEGERI 6 YOGYAKARTA. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 7(1).

Amin, A. K. (2017). Kajian konseptual model pembelajaran blended learning berbasis web untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar. Jurnal Pendidikan Edutama, 4(2), 51–64.

Asrori, M. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. CV Wacana Prima.

Batubara, H. S., Riyanda, A. R., Rahmawati, R., Ambiyar, A., & Samala, A. D. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Blended Learning di Masa Pandemi Covid-19: Meta-Analisis. Jurnal Basicedu, 6(3), 4629–4637. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2816

Farhana, H., & Awiria, A. (2019). Penelitian tindakan kelas. PT Bumi Aksara.

Husamah, H. (2014). Pembelajaran bauran (Blended learning). Universitas Muhammadiyah Malang.

Julkifli Sinuhaji. (2021, Agustus). UPDATE Corona Indonesia per 4 Agustus 2021: Positif Covid-19 Naik 35.867, Meninggal 1.747 Orang. https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-012334976/update-corona-indonesia-per-4-agustus-2021-positif-covid-19-naik-35867-meninggal-1598-orang?page=2

Kusumah, W., & Dwitagama, D. (2010). Mengenal penelitian tindakan kelas.

Muhson, N. (2019). Penerapan Blended Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pai Materi Sejarah Bani Umaiyah Kelas VIII SMPN 3 Pontianak. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 6(1), 12–25. https://doi.org/10.31571/sosial.v6i1.1230

Munir, M. (2017). Pembelajaran digital. Alfabeta.

Nande, M., & Irman, W. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 180–187.

Prayitno, W. (2015). Penerapan blended learning dalam pengembangan Pendidikan dan Pelatihan (diklat) bagi pendidik dan tenaga kependidikan (PTK). In Yogyakarta: LPMP DI Yogyakarta.

Puspitarini, D. (2022). Blended Learning as a 21st Century Learning Model. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(1), 1–6.

Safari. (2019). Evaluasi Pendidikan: Penyusunan Kisi-kisi, Penulisan, & Analisis Butir Soal. Erlangga.

Samsul, M., Sudiarti, D., & Nurjanah, U. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Blended Learning Dan Aplikasi Google Classroom Di SMP PGRI Mumbulsari. JURNAL BIOSHELL, 9(2), 33–36. https://doi.org/10.36835/bio.v9i2.785

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. CV. Alfabeta.

Suhana, C., & Hanafiah, N. (2014). Konsep strategi pembelajaran (Vol. 5). PT Refika Aditama.

Susanto, A. (2016). Manajemen peningkatan kinerja guru konsep, strategi, dan implementasinya. Prenada Media.

Trianto, M. M. P. I.-P. (2012). Konsep. Strategi, Dan Implementasinya Dalam KTSP, Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-03-25

How to Cite

Masruri, M. (2023). Meningkatkan Prestasi Belajar Informatika Menggunakan Model Blended Learning di Kelas X IPS 1 MAN 1 Cilacap. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(2), 139–154. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i2.148

Issue

Section

Articles