Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar

Authors

DOI:

https://doi.org/10.53624/ptk.v3i2.177

Keywords:

penerapan, model pembelajaran berbasis proyek, hasil belajar

Abstract

Kurikulum pendidikan tinggi berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Tinggi telah menggunakan pendekatan Outcome Based Education (OBE). Langkah yang harus dilakukan oleh para pengajar untuk mengimplementasikan dan mencapai indikator OBE pada suatu mata kuliah adalah melaksanakan proses pembelajaran dengan metode tertentu dan mengacu pada pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa  sehingga capaian pembelajaran lulusan dan mata kuliah (CPL & CPMK) dapat terwujud. Untuk mencapai CPL dan CPMK diperlukan analisis dan perancangan model pembelajaran yang tepat. Kebutuhan belajar mahasiswa pada mata kuliah ini ditentukan oleh aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Ketiga aspek tersebut terintegrasi ke dalam pembelajaran Higher Order Thinking Skill (HOTS). Adapun tujuan penelitian adalah menganalisis efektivitas dan tingkat prestasi mahasiswa melalui penerapan metode pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada mata kuliah gender dan pemberdayaan masyarakat tani. Penelitian dilaksanakan pada Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian dan Kehutanan Universitas Sulawesi Barat. Jumlah mahasiswa yang berpartisipasi dalam penelitian tindakan kelas adalah 63 orang. Metode penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas dengan alat analisis data berupa rubrik penilaian skala persepsi untuk menganalisis motivasi dan prestasi belajar mahasiswa serta menggunakan penilaian deskriptif terhadap keterampilan HOTS. Selain itu, penilaian ketuntasan belajar digunakan untuk mengukur efektivitas pembelajaran PjBL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode PjBL efektif dalam pelaksanaan perkuliahan dan capaian tujuan pembelajaran dengan ketuntasan belajar sebesar 100%. Hasil lainnya adalah motivasi dan prestasi belajar mahasiswa dikategorikan sangat tinggi, dan pembelajaran PjBL mampu menumbuhkan Higher Order Thinking Skill (HOTS) mahasiswa.

References

Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2021). Analisis penggunaan model pembelajaran project based learning dalam peningkatan keaktifan siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292–299. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p292-299

Badan Pusat Statistik. (2022). Indeks Pembangunan Manusia Provinsi Sulawesi Barat Tahun 2021. Mamuju: Badan Pusat Statistik.

Elisabet, E., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2019). Meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran project based learning (PjBL). Journal of Education Action Research, 3(3), 285–291. https://doi.org/10.23887/jear.v3i3.19451

Fiana, R. O., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2019). Perbedaan penerapan model project based learning dan problem based learning terhadap hasil belajar matematika kelas 4 SD. Jurnal Basicedu, 3(1), 157–162. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.108

Haris, H., et al. (2021). Panduan Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MB-KM). Makassar : Badan Penerbit UNM.

Junaidi, A. M., Hamidy, R. R., & Karomi, K. (2022). Project based learning menggunakan pendekatan higher order thinking skills (HOTS) untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa abad 21 di universitas gunung rinjani. Palapa, 10(2), 361–375. https://doi.org/10.36088/palapa.v10i2.2181

Kusumaningrum, S., & Djukri, D. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Kreativitas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 02 (02), 241 - 251. doi:http://dx.doi.org/10.21831/jipi.v2i2.5557

Masithoh, S., Miftah, H., Nahraeni, W., Yoesdiarty, A., & Novita, I. (2021). Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Menurut Perspektif Mahasiswa Agribisnis. Jurnal Agribisnis, 07(02), 59 - 67. doi:https://doi.org/10.30997/jagi.v7i2.5036

Niswara, R., Muhajir, M., & Untari, M. F. A. (2019). Pengaruh model project-based learning terhadap high order thinking skill. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2), 85–90.

Nurfitriyanti, M. (2016). Model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Jurnal Formatif, 6(2), 149–160.

Padli, H. (2022). Inovasi Pembelajaran yang Berorientasi pada OBE (Outcome-Based Education) di Pendidikan Tinggi. In N. Sumerti, Analisis kebutuhan belajar mahasiswa dalam pembelajaran berbasis OBE (outcome based education) (pp. 107 - 117). Bandung: Penerbit Media Sains Indonesia.

Rusydiana, M., Nuriman, N., & Wardoyo, A. A. (2021). Pengaruh model project based learning terhadap higher order thinking skills pada siswa kelas V sekolah dasar. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 13–16. https://doi.org/10.26740/eds.v5n1.p13-16

Safithri, R., Syaiful, S., & Huda, N. (2021). Pengaruh penerapan problem based learning (PBL) dan project based learning (PjBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah berdasarkan self efficacy siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 335–346. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.539

Sari, R. T., & Angreni, S. (2018). Penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) upaya peningkatan kreativitas mahasiswa. Jurnal Varia Pendidikan, 30(1), 79–83. https://doi.org/10.23917/varidika.v30i1.6548

Serin, H. (2019). Project-based learning in mathematics context. International Journal of Social Sciences & Educational Studies, 5(3), 232–236. https://doi.org/10.23918/ijsses.v5i3p232

Sugiyono. (2010). Metedologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Suherman, Prananda, M. R., Proboningrum, D. I., Pratama, E. R., Laksono, P., & Amiruddin. (2020). Improving Higher Order Thinking Skills (HOTS) with Project Based Learning (PjBL) Model Assisted by Geogebra. Journal of Physics: Conference Series, 1467(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1467/1/012027

Sulistiana, I. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN Blimbing Kabupaten Kediri. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(2), 127-133. https://doi.org/10.53624/ptk.v2i2.50

Susilo, M. J. (2022). Outcome Based Education: Inovasi dan Investigasi dalam meningkatkan pembelajaran. In N. Sumerti, Inovasi Pembelajaran yang Berorientasi pada OBE (Outcome-Based Education) di Pendidikan Tinggi (pp. 227 - 235). Bandung: Penerbit Media Sains Indonesia.

Wena, M. (2014). Strategi pembelajaran yang inovatif kontemporer : suatu tinjauan konseptual operasional. Jakarta: Bumi Aksara.

Whelan, A., Leat, D., Thomas, U., & Bahirah, N. (2022). Project-based learning ( PBL ) for students in alternative provision and student referral units ( AP / PRUs ) within the landscape of violence reduction (Issue October). https://doi.org/10.13140/RG.2.2.29461.19680

Yudha, C. B. (2019). Penerapan project based learning dalam mata kuliah penelitian tindakan kelas. Dwija Cendikia: Jurnal Riset Pedagogik, 3(1), 30. https://doi.org/10.20961/jdc.v3i1.32084

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-05-20

How to Cite

Dewi, S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(2), 204–215. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i2.177

Issue

Section

Articles