Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar
DOI:
https://doi.org/10.53624/ptk.v3i2.177Keywords:
penerapan, model pembelajaran berbasis proyek, hasil belajarAbstract
Kurikulum pendidikan tinggi berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Tinggi telah menggunakan pendekatan Outcome Based Education (OBE). Langkah yang harus dilakukan oleh para pengajar untuk mengimplementasikan dan mencapai indikator OBE pada suatu mata kuliah adalah melaksanakan proses pembelajaran dengan metode tertentu dan mengacu pada pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa sehingga capaian pembelajaran lulusan dan mata kuliah (CPL & CPMK) dapat terwujud. Untuk mencapai CPL dan CPMK diperlukan analisis dan perancangan model pembelajaran yang tepat. Kebutuhan belajar mahasiswa pada mata kuliah ini ditentukan oleh aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Ketiga aspek tersebut terintegrasi ke dalam pembelajaran Higher Order Thinking Skill (HOTS). Adapun tujuan penelitian adalah menganalisis efektivitas dan tingkat prestasi mahasiswa melalui penerapan metode pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada mata kuliah gender dan pemberdayaan masyarakat tani. Penelitian dilaksanakan pada Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian dan Kehutanan Universitas Sulawesi Barat. Jumlah mahasiswa yang berpartisipasi dalam penelitian tindakan kelas adalah 63 orang. Metode penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas dengan alat analisis data berupa rubrik penilaian skala persepsi untuk menganalisis motivasi dan prestasi belajar mahasiswa serta menggunakan penilaian deskriptif terhadap keterampilan HOTS. Selain itu, penilaian ketuntasan belajar digunakan untuk mengukur efektivitas pembelajaran PjBL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode PjBL efektif dalam pelaksanaan perkuliahan dan capaian tujuan pembelajaran dengan ketuntasan belajar sebesar 100%. Hasil lainnya adalah motivasi dan prestasi belajar mahasiswa dikategorikan sangat tinggi, dan pembelajaran PjBL mampu menumbuhkan Higher Order Thinking Skill (HOTS) mahasiswa.
Downloads
References
Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2021). Analisis penggunaan model pembelajaran project based learning dalam peningkatan keaktifan siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292–299. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p292-299
Badan Pusat Statistik. (2022). Indeks Pembangunan Manusia Provinsi Sulawesi Barat Tahun 2021. Mamuju: Badan Pusat Statistik.
Elisabet, E., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2019). Meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran project based learning (PjBL). Journal of Education Action Research, 3(3), 285–291. https://doi.org/10.23887/jear.v3i3.19451
Fiana, R. O., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2019). Perbedaan penerapan model project based learning dan problem based learning terhadap hasil belajar matematika kelas 4 SD. Jurnal Basicedu, 3(1), 157–162. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.108
Haris, H., et al. (2021). Panduan Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MB-KM). Makassar : Badan Penerbit UNM.
Junaidi, A. M., Hamidy, R. R., & Karomi, K. (2022). Project based learning menggunakan pendekatan higher order thinking skills (HOTS) untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa abad 21 di universitas gunung rinjani. Palapa, 10(2), 361–375. https://doi.org/10.36088/palapa.v10i2.2181
Kusumaningrum, S., & Djukri, D. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Kreativitas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 02 (02), 241 - 251. doi:http://dx.doi.org/10.21831/jipi.v2i2.5557
Masithoh, S., Miftah, H., Nahraeni, W., Yoesdiarty, A., & Novita, I. (2021). Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Menurut Perspektif Mahasiswa Agribisnis. Jurnal Agribisnis, 07(02), 59 - 67. doi:https://doi.org/10.30997/jagi.v7i2.5036
Niswara, R., Muhajir, M., & Untari, M. F. A. (2019). Pengaruh model project-based learning terhadap high order thinking skill. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2), 85–90.
Nurfitriyanti, M. (2016). Model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Jurnal Formatif, 6(2), 149–160.
Padli, H. (2022). Inovasi Pembelajaran yang Berorientasi pada OBE (Outcome-Based Education) di Pendidikan Tinggi. In N. Sumerti, Analisis kebutuhan belajar mahasiswa dalam pembelajaran berbasis OBE (outcome based education) (pp. 107 - 117). Bandung: Penerbit Media Sains Indonesia.
Rusydiana, M., Nuriman, N., & Wardoyo, A. A. (2021). Pengaruh model project based learning terhadap higher order thinking skills pada siswa kelas V sekolah dasar. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 13–16. https://doi.org/10.26740/eds.v5n1.p13-16
Safithri, R., Syaiful, S., & Huda, N. (2021). Pengaruh penerapan problem based learning (PBL) dan project based learning (PjBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah berdasarkan self efficacy siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 335–346. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.539
Sari, R. T., & Angreni, S. (2018). Penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) upaya peningkatan kreativitas mahasiswa. Jurnal Varia Pendidikan, 30(1), 79–83. https://doi.org/10.23917/varidika.v30i1.6548
Serin, H. (2019). Project-based learning in mathematics context. International Journal of Social Sciences & Educational Studies, 5(3), 232–236. https://doi.org/10.23918/ijsses.v5i3p232
Sugiyono. (2010). Metedologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Suherman, Prananda, M. R., Proboningrum, D. I., Pratama, E. R., Laksono, P., & Amiruddin. (2020). Improving Higher Order Thinking Skills (HOTS) with Project Based Learning (PjBL) Model Assisted by Geogebra. Journal of Physics: Conference Series, 1467(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1467/1/012027
Sulistiana, I. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN Blimbing Kabupaten Kediri. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(2), 127-133. https://doi.org/10.53624/ptk.v2i2.50
Susilo, M. J. (2022). Outcome Based Education: Inovasi dan Investigasi dalam meningkatkan pembelajaran. In N. Sumerti, Inovasi Pembelajaran yang Berorientasi pada OBE (Outcome-Based Education) di Pendidikan Tinggi (pp. 227 - 235). Bandung: Penerbit Media Sains Indonesia.
Wena, M. (2014). Strategi pembelajaran yang inovatif kontemporer : suatu tinjauan konseptual operasional. Jakarta: Bumi Aksara.
Whelan, A., Leat, D., Thomas, U., & Bahirah, N. (2022). Project-based learning ( PBL ) for students in alternative provision and student referral units ( AP / PRUs ) within the landscape of violence reduction (Issue October). https://doi.org/10.13140/RG.2.2.29461.19680
Yudha, C. B. (2019). Penerapan project based learning dalam mata kuliah penelitian tindakan kelas. Dwija Cendikia: Jurnal Riset Pedagogik, 3(1), 30. https://doi.org/10.20961/jdc.v3i1.32084
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Suryani Dewi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0