Pembelajaran Model Problem Posing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Authors

DOI:

https://doi.org/10.53624/ptk.v3i2.185

Keywords:

pembelajaran, model problem posing, hasil belajar, siswa

Abstract


Pembelajaran biologi akan bermakna bila siswa dituntun untuk mampu berpikir cermat, kreatif, dan logis, sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. Namun, hasil observasi dan identifikasi menunjukkan bahwa hasil belajar biologi siswa kelas VII SMPN 8 Huamual belum mencapai hasil yang diharapkan karena siswa pasif dan tidak termotivasi dalam pembelajaran. Oleh sebab itu penting untuk melakukan penelitian yang bertujuan meningkatkan hasil belajar biologi siswa SMP Negeri 8 Huamual melalui penggunaan model pembelajaran problem posing. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan analisis data secara deskriptif. Instrumen dalam penelitian ini yaitu, soal tes awal dan tes akhir (penilaian kognitif siswa), lembar observasi (penilaian afektif dan psikomotor siswa), serta lembar observasi peneliti yang dilakukan oleh guru (penilaian performa peneliti). Kesimpulan hasil belajar siswa dilakukan dengan membandingkan hasil penilaian dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan sekolah. Penelitian berlangsung dalam dua siklus karena hasil tindakan pada siklus pertama menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa belum mencapai KKM. Namun, pada siklus kedua rata-rata nilai siswa telah melampaui KKM. Kesimpulannya yaitu, penggunaan model pembelajaran problem posing dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa SMP Negeri 8 Huamual.

References

Arikunto, S. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. In Book.

Azizah, A., & Fatamorgana, F. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15–22. https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475

Bararah, I. (2017). Efektifitas perencanaan pembelajaran dalam pembelajaran pendidikan agama islam di sekolah. Jurnal MUDARRISUNA, 7(1), 131–147.

Daryati, D., Nugraha, & Sutarni, N. (2018). Pengaruh penggunaan metode problem posing terhadap kemampuan memecahkan masalah. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial (JPIS), 27(1), 31–42.

Dolong, M. J. (2016). Sudut Pandang Perencanaan dalam Pengembangan Pembelajaran. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 1(1), 65–76.

Fatih, M. Al, Alfieridho, A., Sembiring, F. M., & Fadilla, H. (2022). Pengembangan Kurikulum Pembelajaran Implementasinya di SD Terpadu Muhammadiyah 36. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 421–427. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.2260

Hasanah, U., M., & Hadiprayitno, G. (2018). Pengaruh Implementasi Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Potensi Lokal Terhadap Kemampuan Kognitif Peserta Didik. Education, 13(2), 84. https://doi.org/10.29408/edc.v13i2.1034

Hikmawati, V. Y., & Taufik, L. M. (2017). URGENSI STRATEGI MEMBACA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI MASA DEPAN. 2(2), 40–48.

Indarto, I., & Nurfalitasari, I. (2018). Pengaruh Model Problem Posing Dengan Media Maket Terhadap Peningkatan Berpikir Kritis Dan Aktivitas Belajar Biologi Peserta Didik Kelas X Pada Materi Keanekaragaman Hayati Di Sma Negeri 6 Bandar Lampung. Biosfer: Jurnal Tadris Biologi, 8(2), 46–66. https://doi.org/10.24042/biosf.v8i2.2298

Kemendiknas. (2007). LAMPIRAN PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL NOMOR 20 TAHUN 2007 TANGGAL 11 JUNI 2007 STANDAR PENILAIAN PENDIDIKAN. 6.

Mattarima, S. M. U., Afifi, N., & Qamaria, R. S. (2022). ENGLISH STUDY CLUB: HOW STUDENTS’MENTAL ATTRIBUTES REFLECT THEIR MOTIVATION. Celtic: A Journal of Culture, English Language Teaching, Literature and Linguistics, 9(1), 120–134. https://doi.org/10.22219/celtic.v9i1.18975

Nursajadi. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing Pada Pokok Bahasan Klasifikasi Makhluk Hidup Nursajadi Kementerian Agama Republik Indonesia Institut Agama Islam Negeri ( Iain ) Syekh Nurjati Cirebon 2012 M / 1433 H.

Prasasti, D., Awalina, F. M., & Hasana, U. U. (2020). Permasalahan Pemahaman Konsep Siswa pada Pelajaran Matematika Kelas 3 Semester 1. Manazhim, 2(1), 45–53. https://doi.org/10.36088/manazhim.v2i1.659

Puspayani, D. N. (2019). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Biologi Materi Pokok Keunikan Hutan Hujan Tropis Melalui Penerapan Metode Eksperimen. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(1), 97. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i1.17615

Rahayu, S., & Supriyadi, E. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Edukasi Elektro, 4(1), 41–51. https://doi.org/10.21831/jee.v4i1.28950

Roseno, M. T., Pratomo, Y., & Triesia, D. (2021). Rancang Bangun Media Pembelajaran. 2(2), 1–7.

Rosna, A. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif pada Mata Pelajar IPA di Kelas IV SD Terpencil Bainaa Barat. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 04(6), 235–246.

Samdani, H. (2020). Implementasi Kurikulum Terpadu di Sekolah Dasar Islami Terpadu Qardhan Hasana Banjarbaru. 21(1), 1–9.

Tahrir, R. (2020). Peningkatan hasil belajar biologi siswa melalui penggunaan kartu indeks. KROMATIN: Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 1(1).

Yendarman. (2016). Peningkatan Kemampuan Menetapkan KKM Dengan Diskusi Kelompok Kecil Bagi Guru Matematika SMKN 1, SMKN 4, SMK PGRI 2 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 16(3), 122–129.

Yonanda, D. A. (2017). PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA MATA PELAJARAN PKn TENTANG SISTEM PEMERINTAHAN MELALUI METODE M2M (MIND MAPPING) KELAS IV MI MAMBAUL ULUM TEGALGONDO KARANGPLOSO MALANG. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(1). https://doi.org/10.31949/jcp.v3i1.410

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-05-12

How to Cite

Kurnia, T. S., Datumboyo, S., & Pary, C. (2023). Pembelajaran Model Problem Posing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(2), 170-178. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i2.185

Issue

Section

Articles