Efektivitas Pembelajaran Fisika Model Discovery Learning dengan Phet Simulation pada Materi Fluida Dinamis

Authors

DOI:

https://doi.org/10.53624/ptk.v3i2.194

Keywords:

efektivitas, phet simulation, fluida dinamis, hasil belajar

Abstract

Kondisi yang melatarbelakangi penelitian ini adalah tidak optimalnya capaian hasil belajar peserta didik. Untuk mengatasi hal tersebut, peneliti memanfaatkan media pembelajaran berupa media pembelajaran phet simulation yang dilakukan pada pembelajaran dengan model discovery learning dengan harapan terjadinya peningkatan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini dibatasi pada materi Fluida dinamis untuk pelajaran Fisika di Kelas XI -5 di SMA Negeri 1 Menganti. Target pencapaian peningkatan hasil belajar adalah 75% nilai ketuntasan klasikal dengan ketuntasan minimal 65. Pelaksanaan penelitian berlangsung dalam 2 siklus dengan perubahan hasil belajar yang bervariasi. Pada siklus I, hasil belajar yang dicapai 91,87 % nilai ketuntasan klasikalnya dengan rata-rata capaian 78,81, sedangkan pada siklus II hasil belajar yang dicapai adalah 100 % nilai ketuntasan klasikalnya dengan rata-rata capaian 86,17. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media pembelajaran phet simulation pada materi fluida dinamis dapat efektif  meningkatkan hasil belajar peserta didik. Persentase respon positif peserta didik melaksanakan pembelajaran dengan phet simulation adalah 92,96 %, sedangkan respon negatif adalah sebesar 7,04 %. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa persentase positif lebih besar daripada negatif, sehingga penggunaan phet simulation mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik.

References

Aprilia, L. (2015). Penerapan perangkat pembelajaran materi kalor melalui pendekatan saintifik dengan model pembelajaran guided discovery kelas x SMA. Inovasi Pendidikan Fisika, 3(3), 1–5. https://doi.org/10.26740/ipf.v3n3.p%25p

Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Bell, S. (2010). Project-based learning for the 21st century: Skills for the future.The Clearing House,83(2), 39–43

Fathul, M. M., & Mulyaningsih, S. (2014). Penerapan pembelajaran fisika pada materi cahaya dengan media PhET simulations untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa di SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 3(1), 76–80

Handayani (2015) Putri, Murtiati, dan Sardianto. Analisis Argumentasi Peserta Didik Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Palembang Dengan Menggunakan Model Argumentasi Toulmin. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika. Vol. 2 No 1, 2015

Hwang, G.-J., Lai, C.-L., & Wang, S.-Y. (2015). Seamless flipped learning: a mobile technology-enhanced flipped classroom with effective learning strategies. Journal of Computers in Education 2(4), 449–473.

Jou, M., Lin, Y.-T., & Wu, D.-W. (2016). Effect of a blended learning environment on student critical thinking and knowledge transformation. InteractiveLearning Environments, 24(6), 1131–1147

Kariani, K., Ali, M., & Saehana, S. (2018). Pengaruh model pembelajaran guided discovery terhadap hasil belajar fisika pada siswa kelas vii SMP Negeri 9 Palu. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(1), 29–39.

Krisdiana, A., & Supardi, Z. A. I. (2015). Penerapan pembelajaran guided discovery pada materi fluida dinamik dengan media PhET untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Sooko. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 4(2), 133–140.

Martyn, J., Terwijn, R., Kek, M. Y. C. A., & Huijser, H. (2014). Exploring the relationships between teaching approaches to learning and critical thinking in a problem-based learning foundation nursing course. Nurse Education Today, 34(5), 829–835.

Masek, A., & Yamin, S. (2011). The effect of problem-based learning on critical thinking ability: atheoretical and empirical review. International Review of Social Sciences and Humanities, 2(1), 215- 221

Qamaria, R. S. (2021). The Death of Authentic Language Learning Assessment in Indonesia During The Global Pandemic. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 1(2), 81-93. https://doi.org/10.53624/ptk.v1i2.21

Putri, A., Roza, Y., & Maimunah, M. (2020). Development of learning tools with the discovery learning model to improve the critical thinking ability of mathematics. Journal of Educational Sciences, 4(1), 83–92

Rahmawati, E. (2020). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kediri Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 1(1), 48-70. https://doi.org/10.53624/ptk.v1i1.5

Ramdani, Dede, Deasy Nurma Hidayat, Asep Sumarna, and Icmiati Santika. (2020). Ideal Character of Muslim Generation of Industrial Revolution Era 4.0 and

Society 5.0. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan. doi: 10.25217/ji.v5i1.644.

Saleh, S. F. (1981). Pendidikan Luar Sekolah Dalam Sistem Pendidikan dan Pembangunan Nasional. Surabaya: Usana Offset Printing.

Sardiman. (2005). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sulistyowati, N., Widodo, A. T. W. T., & Sumarni, W. (2012). Efektivitas model pembelajaran guided discovery learning terhadap kemampuan pemecahan masalah kimia. Chemistry in Education, 1(2), 49–55.

Syaifullah, R. B., & Jatmiko, B. (2014). Penerapan Pembelajaran dengan model guided discovery dengan lab virtual PhET untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas xi di SMAN 1 Tuban pada pokok bahasan teori kinetik gas. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 3(2), 174–179.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-05-21

How to Cite

Rahman Hakim, A. (2023). Efektivitas Pembelajaran Fisika Model Discovery Learning dengan Phet Simulation pada Materi Fluida Dinamis. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(2), 216–227. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i2.194

Issue

Section

Articles