Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Metode Demonstrasi dan Media Nyata

Authors

  • Mutiawati Mutiawati SMK PP Negeri 1 Saree Aceh Besar
  • Muhammad Amin SMK PP Negeri 1 Saree Aceh Besar
  • Sitti Zubaidah Universitas Almuslim Matangglumpangdua Bireuen

DOI:

https://doi.org/10.53624/ptk.v3i2.195

Keywords:

hasil belajar, siswa, metode demonstrasi, media nyata

Abstract

Pembelajaran materi perlakuan benih pada tanaman pangan sangat kurang diminati oleh siswa dikarenakan pelajaran tersebut membutuhkan ketelitian dan kecermatan di dalam penilaiannya sehingga perlu praktek yang berkesinambungan untuk materi pembelajaran selanjutnya. Maka dari itu, dibutuhkan metode demonstrasi dan penggunaan media nyata sebagai upaya untuk menarik minat para siswa dalam belajar. Melalui Penelitian Tindakan Kelas ini, peneliti menguji efektivitas kedua metode tersebut dengan mengacu pada hasil belajar siswa kelas XI-A2 pada materi perlakuan benih tanaman pangan dengan menggunakan metode analisis statistik yaitu mendeskripsikan dan memberikan gambaran tentang variabel penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa kedua metode tersebut memberikan persentase hasil belajar siswa. Terlihat pada hasil pengukuran siklus I dan siklus II terjadi peningkatan rata-rata sebesar 23 % yaitu pada siklus I hasil belajar siswa 66 % dengan katagori cukup,  pada siklus II yaitu 87% dengan katagori baik. Oleh karena itu, peneliti telah membuktikan bahwa penggunakan metode demonstrasi dan media nyata merupakan salah satu model yang menyenangkan di dalam pembelajaran Agribisnis Produksi Tanaman Pangan pada materi perlakuan benih tanaman pangan dan efektif meningkatkan hasil belajar siswa.

References

Ali, A. M., & Nur, R. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Menggunakan Metode Eksperimen Kelas VI Sekolah Dasar. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(2), 114-121.

Arikunto, S. (2007). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta.

Aristo. (2018). Penerapan Pembelajaran Kolaboratif Dengan Metode Diskusi Menggunakan Media Gambarterhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas Xi Ipa Sman 1 Batang Cenaku Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(6).

Arnol, A dan Putra, I. (2022). Implementasi Aspek Psikomotorik dalam PembelajaranPPKndi SMA Negeri 1 Bonjol Kabupaten Pasaman. Journal of Education, Cultural, and Politics, 2(1).

Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. ProsidingSeminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 2(1), 586-595.

Farhana, H, & Awiria, A. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. PT Bumi Aksara.

Fitriani, S. (2019). Pendidikan Karakter sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia Siswa Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar. Https://Doi.Org/10.30651/Else.V3i2.3011

Haniyah, L., Bektiarso, S., & Wahyuni, S. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Disertai Metode Eksperimen pada Pembelajaran IPA Fisika SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika FKIP Universitas Jember, 3(1).https://Doi/Https://Doi.Org/10.19184/Jpf.V3i1.23239

Inasari. (2013). Cara Menghitung KKM. https://inasari894.wordpress.com/2013/12/24/205/. Diakses pada tanggal 05 April 2023. Pukul 14.12 WIB

Lubis, M.S. (2021). Belajar dan Mengajar sebagai Suatu Proses Pendidikan yang Berkemajuan. JURNAL LITERASIOLOGI, 5(2) 95-105. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.47783/Literasiologi. V5i2.222

Makhrus & Wahyudi. (2020). Pembelajaran Kreatif Berbasis Student Centered Learning pada Elektronika Dasar I Melalui Model Problem Based Learning. Kappa Journal, 4(1), 23-30.

Mardinugroho, S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Sifat Mekanik Bahan melalui Latihan Konversi Satuan. Jurnal JIRA, 2(11). https://doi.org/https:doi.org/10.47387/Jira.V2i11.236

Mulyasa, E . (2004). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Nuryasana, E., & Desiningrum, N. (2020). Pengembangan bahan ajar strategi belajar mengajar untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(5), 967-974. https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.47492/Jip.V1i5.177

Prasetyo, N.F. (2018). Faktor - faktor yang Mempengaruhi Daya Serap Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IIS SMA Sentolo. Jurnal Daya Serap Siswa, 13.

Purba, P. B., Mawati, A. T., Juliana, J., Kuswandi, S., Hulu, I. L., Sitopu, J. W., ... & Masrul, M. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Yayasan Kita Menulis.

Qamaria, R. S., & Astuti, F. (2023). MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA REMAJA MELALUI KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT. Proyeksi: Jurnal Psikologi, 18(1), 1-22. http://dx.doi.org/10.30659/jp.18.1.1-22

Rudi. R.HP.,(2022). Peran Kepala Sekolah dalam Manajemen Pembelajaran pada Masa Pandemi di MTs Miftahul Huda Karawang. Jurnal Pendidikan, 10 (2), 235-245. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.36232/Pendidikan.V10i2.2215

Sadiman, A. (2020). Media Pendidikan (Pengertian, Pengembangan, Dan, Pemanfaatannya). Rajawali pers.

Suhana, C., & Hanafiah, N., (2014). Konsep Strategi Pembelajaran (Vol. 5). PT. Refika Aditama.

Susanto, A. (2016). Manajemen Peningkatan Kinerja Guru Konsep, Strategi dan Implementasinya. Prenada Media.

Susilowati, D. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA. Https://Doi.org/10.29040/jie.v2i01.175.

Trianto, M.M. P.I.P. (2012). Konsep , Strategi, dan Implementasi dalam KTSP, Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-05-18

How to Cite

Mutiawati, M., Amin, M., & Zubaidah, S. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Metode Demonstrasi dan Media Nyata. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(2), 179–190. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i2.195

Issue

Section

Articles