Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Metode Demonstrasi dan Media Nyata
DOI:
https://doi.org/10.53624/ptk.v3i2.195Keywords:
hasil belajar, siswa, metode demonstrasi, media nyataAbstract
Pembelajaran materi perlakuan benih pada tanaman pangan sangat kurang diminati oleh siswa dikarenakan pelajaran tersebut membutuhkan ketelitian dan kecermatan di dalam penilaiannya sehingga perlu praktek yang berkesinambungan untuk materi pembelajaran selanjutnya. Maka dari itu, dibutuhkan metode demonstrasi dan penggunaan media nyata sebagai upaya untuk menarik minat para siswa dalam belajar. Melalui Penelitian Tindakan Kelas ini, peneliti menguji efektivitas kedua metode tersebut dengan mengacu pada hasil belajar siswa kelas XI-A2 pada materi perlakuan benih tanaman pangan dengan menggunakan metode analisis statistik yaitu mendeskripsikan dan memberikan gambaran tentang variabel penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa kedua metode tersebut memberikan persentase hasil belajar siswa. Terlihat pada hasil pengukuran siklus I dan siklus II terjadi peningkatan rata-rata sebesar 23 % yaitu pada siklus I hasil belajar siswa 66 % dengan katagori cukup, pada siklus II yaitu 87% dengan katagori baik. Oleh karena itu, peneliti telah membuktikan bahwa penggunakan metode demonstrasi dan media nyata merupakan salah satu model yang menyenangkan di dalam pembelajaran Agribisnis Produksi Tanaman Pangan pada materi perlakuan benih tanaman pangan dan efektif meningkatkan hasil belajar siswa.
Downloads
References
Ali, A. M., & Nur, R. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Menggunakan Metode Eksperimen Kelas VI Sekolah Dasar. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(2), 114-121.
Arikunto, S. (2007). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta.
Aristo. (2018). Penerapan Pembelajaran Kolaboratif Dengan Metode Diskusi Menggunakan Media Gambarterhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas Xi Ipa Sman 1 Batang Cenaku Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(6).
Arnol, A dan Putra, I. (2022). Implementasi Aspek Psikomotorik dalam PembelajaranPPKndi SMA Negeri 1 Bonjol Kabupaten Pasaman. Journal of Education, Cultural, and Politics, 2(1).
Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. ProsidingSeminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 2(1), 586-595.
Farhana, H, & Awiria, A. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. PT Bumi Aksara.
Fitriani, S. (2019). Pendidikan Karakter sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia Siswa Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar. Https://Doi.Org/10.30651/Else.V3i2.3011
Haniyah, L., Bektiarso, S., & Wahyuni, S. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Disertai Metode Eksperimen pada Pembelajaran IPA Fisika SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika FKIP Universitas Jember, 3(1).https://Doi/Https://Doi.Org/10.19184/Jpf.V3i1.23239
Inasari. (2013). Cara Menghitung KKM. https://inasari894.wordpress.com/2013/12/24/205/. Diakses pada tanggal 05 April 2023. Pukul 14.12 WIB
Lubis, M.S. (2021). Belajar dan Mengajar sebagai Suatu Proses Pendidikan yang Berkemajuan. JURNAL LITERASIOLOGI, 5(2) 95-105. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.47783/Literasiologi. V5i2.222
Makhrus & Wahyudi. (2020). Pembelajaran Kreatif Berbasis Student Centered Learning pada Elektronika Dasar I Melalui Model Problem Based Learning. Kappa Journal, 4(1), 23-30.
Mardinugroho, S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Sifat Mekanik Bahan melalui Latihan Konversi Satuan. Jurnal JIRA, 2(11). https://doi.org/https:doi.org/10.47387/Jira.V2i11.236
Mulyasa, E . (2004). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Nuryasana, E., & Desiningrum, N. (2020). Pengembangan bahan ajar strategi belajar mengajar untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(5), 967-974. https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.47492/Jip.V1i5.177
Prasetyo, N.F. (2018). Faktor - faktor yang Mempengaruhi Daya Serap Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IIS SMA Sentolo. Jurnal Daya Serap Siswa, 13.
Purba, P. B., Mawati, A. T., Juliana, J., Kuswandi, S., Hulu, I. L., Sitopu, J. W., ... & Masrul, M. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Yayasan Kita Menulis.
Qamaria, R. S., & Astuti, F. (2023). MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA REMAJA MELALUI KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT. Proyeksi: Jurnal Psikologi, 18(1), 1-22. http://dx.doi.org/10.30659/jp.18.1.1-22
Rudi. R.HP.,(2022). Peran Kepala Sekolah dalam Manajemen Pembelajaran pada Masa Pandemi di MTs Miftahul Huda Karawang. Jurnal Pendidikan, 10 (2), 235-245. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.36232/Pendidikan.V10i2.2215
Sadiman, A. (2020). Media Pendidikan (Pengertian, Pengembangan, Dan, Pemanfaatannya). Rajawali pers.
Suhana, C., & Hanafiah, N., (2014). Konsep Strategi Pembelajaran (Vol. 5). PT. Refika Aditama.
Susanto, A. (2016). Manajemen Peningkatan Kinerja Guru Konsep, Strategi dan Implementasinya. Prenada Media.
Susilowati, D. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA. Https://Doi.org/10.29040/jie.v2i01.175.
Trianto, M.M. P.I.P. (2012). Konsep , Strategi, dan Implementasi dalam KTSP, Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Mutiawati Mutiawati, Muhammad Amin, sitti zubaidah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0