Penerapan Model PjBL Berbantuan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA
DOI:
https://doi.org/10.53624/ptk.v3i2.213Keywords:
model project based learning, media audio visual, hasil belajarAbstract
Hasil pengamatan peneliti diketahui bahwa hasil belajar siswa khususnya pada pelajaran IPA masih sangat kurang hal ini disebabkan karena beberapa faktor diantarannya adalah guru masih menggunakan metode ceramah. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Berbantuan Media Audio Visual. Model Project Based Learning (PJBL) ini terdiri dari enam langkah yaitu, penentuan proyek, menyusun perencanaan proyek, menyusun jadwal proyek, memonitoring pembuatan proyek, presentasi hasil proyek, dan evalusi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan desain penelitian kemmis dan Mc.Taggar. Subjeknya adalah siswa kelas IV SD Inpres 12 Baiya yang berjumlah 21 orang. Analisis data terdiri dari analisis lembar observasi aktivitas guru, analisis aktivitas siswa dan analisis data tes hasil belajar. Pelaksanaan tes awal diperoleh ketuntasan belajar siswa sebesar 19,04%. Pada siklus I diperoleh ketuntasan belajar siswa sebesar 61,90% dan pada siklus II diperoleh ketuntasan belajar siswa sebesar 80,95%. Hasil aktivitas siswa siklus I dan II sebesar 73,68% dan 84,21%. Hasil aktivitas guru pada siklus I dan II sebesar 78,94% dan 94,73%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA kelas IV SD Inpres 12 Baiya.
Downloads
References
Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Cahyadi, E., Dwikurnaningsih, Y., & Hidayati, N. (2019). Peningkatan hasil belajar tematik terpadu melalui model project based learning pada siswa sekolah dasar. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan, 2(1), 205–218. Diambil dari http://journal.rekarta.co.id/index.php/jartika/article/view/281
Fauza, R., & Fitria, Y. (2020). (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2686-2692.
Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Konstektual Dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Indra, W., & Fitria, Y. (2021). Pengembangan Media Games IPA Edukatif Berbantuan Aplikasi Appsgeyser Berbasis Model PBL untuk Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains), 9(1), 59–66. https://doi.org/10.25273/jems.v9i1.8654
Indriani, N. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV Di SD Karya Thayyibah Mamboro (Doctoral dissertation, Universitas Tadulako).
Karo S, Isran Rasyid Karo, R. (2018). Manfaat Media Dalam Pembelajaran. AXIOM, VII(1), 91–96.
Kokasih. (2014). Strategi Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Yarma Widya.
Mardhotillah, H., & Rakimahwati, R. (2021). Pengembangan Game Interaktif Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 779–792. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1361
Muhsam, J, Hasyida, S., & Aiman, U. (2021). Implementasi of Contextual Teaching and Learning and Authentic Assessment to the Science (IPA) Learning Outcomes of 4th Grade Students of Primary Schools (SD) in kota Kupang. 5(3),11.
Naila, I., & Khasna, F. T. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Kemampuan Literasi Sains Calon Guru Sekolah Dasar: Sebuah Studi Pendahuluan. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 7(1), 42–47. https://doi.org/10.26740/jrpd.v7n1.p42-47
Nurhadiyati, A., Rusdinal, R., & Fitria, Y. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning (PJBL) terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 327-333. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.684.
Pramudita, W., & Anugraheni, I. (2017). Studi Peguasaan Matematika dan Bahasa Inggris Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD).Scholaria & 58; Jurnal Pendidikan dan kebudayaan, 7(1), 70-82.
Rahmawati, D. (2015). Teori Belajar dan Proses Pembelajaran Yang Mendidik. Yogyakarta: Penerbit Gavamedia.
Sani, R. . (2014). Pembelajaran Saintifik. (Bumi Aksara, Ed.). Jakarta.
Sarafah, A. A. (2015). The Use of Project Based Learning (PJBL) Model by Concrete Media in Improving Natural Science Learning at Fifth Grade Student of SDN 5 Kutosari in The Academic Year 2014/2015. Kalam Cendikia PGSD kebumen, 3(3.1).
Satria, R., Adiprima, P., Wulan, K. S., & & Harjatanaya, T. Y. (2022). Pojek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.
Sudjana, D., & Wijayanti, I. E. (2018). Analisis Keterampilan Metakognitif pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan melalui Model Pembelajaran Pemecahan Masalah. EduChemia (Jurnal Kimia dan Pendidikan), 3(2), 206. https://doi.org/10.30870/educhemia.v3i2.3729
Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol.2(No.2), 103-114.
Utami, T., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 3 SD. Jurnal Mitra Pendidikan, 2(6), 541–552.
Wardani, N.S., Slameto, & Winanto, A. (n.d.). Assesmen Pembelajaran SD ( isted). Widya Sari Press.
Wena, made. (2014). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ansar, Nur Rahmah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0