Meningkatkan Kemampuan Guru Sekolah Dasar dalam Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif melalui Lesson Study
DOI:
https://doi.org/10.53624/ptk.v3i2.225Keywords:
model pembelajaran kooperatif, kemampuan guru, lesson studyAbstract
Hasil pengamatan proses pembelajaran yang dilakukan di SDN 3 Kincang adalah terdapat guru yang masih menggunakan metode pembelajaran konvensional. Guru masih menerapkan pembelajaran konvensional karena penguasaan bahan ajar dan keterampilan dalam menggunakan metode pembelajaran yang kurang inovatif. Kondisi ini mendasari perlunya guru memperoleh bantuan melalui teknik lesson study. Tujuan penelitian tindakan sekolah adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan guru dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif melalui lesson study di SDN 3 Kincang Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun. Subjek dalam penelitian ini adalah dua orang guru kelas II dan III. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan sekolah yang berlangsung selama dua siklus. Metode pengumpulan data menggunakan behavioral checklist dan wawancara yang dianalisis dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Hasilnya adalah kemampuan kedua guru dalam melaksanakan pembelajaran meningkat secara signifikan. Hal tersebut dapat dilihat dari tahap pra siklus guru 63,75% (kemampuan cukup pada guru kelas II) & 65,63% (kemampuan cukup pada guru kelas III) mengalami peningkatan pada siklus I menjadi 84,38% (kemampuan baik pada guru kelas II) & 85,00% (kemampuan baik pada guru kelas III), kemudian meningkat lagi di siklus III menjadi 90,63% (sangat baik pada guru kelas II) & 100% (sangat baik pada guru kelas III). Jadi, dapat disimpulkan bahwa kegiatan lesson study terbukti mampu meningkatkan kemampuan guru dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif di dalam kelas.
Downloads
References
Abizar, H. (2017). Buku master lesson study. Diva Press.
Aidin, W., Bidawi, H. F. N., Pradita, S., Mayasari, I., Harahap, M. F. A., Nasution, I., & others. (2023). Pengaruh Supervisi Akademik Terhadap Kinerja Mengajar Guru. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(1), 69–78.
Arikunto, S. (2018). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.
Arthaningsih, N. K. J., & Diputra, K. S. (2018). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray melalui lesson study terhadap hasil belajar matematika. Journal of Education Technology, 2(4), 128–136. https://doi.org/10.23887/jet.v2i4.16424
Bogdan, & Taylor. (2012). Prosedur Penelitian. Dalam Moleong, Pendekatan Kualitatif. Rineka Cipta.
Djalal, F., & Supriadi, D. (2010). Reformasi Pendidikan dalam Konteks Otonomi Daerah. Adicita.
Effendi, M. (2017). Penerapan Lesson Study dalam Meningkatkan Kemampuan Mengajar Guru Bahasa Inggris pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Sorong. Journal of Islamic Education Policy, 1(2), 113–127. http://dx.doi.org/10.30984/j.v1i2.430
El Mahanani, P. S. (2022). Penerapan Metode Cooperative Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas 3 SDN Tambakrejo Gurah Kediri. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(2), 86–93. https://doi.org/10.53624/ptk.v2i2.58
Marweni, E. S. (2013). PENERAPAN LESSON STUDY OLEH MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) GUNA PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PKN SMP SE-KABUPATEN OGAN ILIR. Fakultas Ilmu Sosial-UNY.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook:Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi (3rd ed.). UI Press.
Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Ramli, M. (2015). Hakikat pendidik dan peserta didik. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 5(1). http://dx.doi.org/10.18592/jtipai.v5i1.1825
Trianto. (2011). Model Pembelajaran Inovatif-Progresif Konsep, Landasan, dan Implementasi Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kencana.
Wena, M. (2010). Strategi pembelajaran inovatif kontemporer (Suatu Tinjauan Konseptual Operasional). Bumi Aksara.
Wijaya, H. (2018). Analisis data kualitatif ilmu pendidikan teologi. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Heni Purwulan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0