Implementasi Model Pembelajaran Eksperimen untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar

Authors

DOI:

https://doi.org/10.53624/ptk.v4i1.233

Keywords:

implementasi, pembelajaran eksperimen, kreativitas, hasil belajar

Abstract

Perkembangan model pembelajaran pada dunia pendidikan khususnya di sekolah dasar terus meningkat, salah satu contohnya adalah model pembelajaran eksperimen. Pembelajaran yang terjadi di Kelas III di salah satu Sekolah Dasar Kota Bengkulu memiliki hasil capaian belajar yang kurang maksimal pada pembelajaran IPA, karena suasana belajar terasa membosankan. Dilihat dari sepuluh siswa di dalam kelas hanya empat siswa yang sudah tuntas (40%), sedangkan 6 siswa (60%) belum memenuhi kriteria ketuntasan Mengajar (KKM). Sebab itu, perlu untuk diadakannya Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif yang menggunakan dua siklus perbaikan belajar. Hasil penelitian menggambarkan kemajuan yang signifikan. Di akhir siklus, mengalami peningkatan pencapaian sebanyak (80%). Penelitan Tindakan Kelas (PTK) yang diterapkan pada pelajaran IPA lewat penerapan metode eksperimen dalam permasalahan pembelajaran tema 3 subtema 3 tentang Perubahan Wujud Benda berhasil memberi peningkatan kualitas pencapaian KKM pada siswa kelas III di salah satu Sekolah Dasar Swasta Kota Bengkulu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Karsidi, R. (2005). Sosiologi Pendidikan. Uns Press.

Anita W, Sri, Dkk. (2001). Strategi Pembelajaran Di SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Cipta, Likati, N. (2021). Peningkatan Prestasi Belajar Ipa Materi Rangkaian Listrik Sederhana Dengan Metode Eksperimen. Jurnal Terapan Pendidikan Dasar Dan Menengah, I(2), 310–322.

Mahmudah, L. (2017). Pentingnya Pendekatan Keterampilan Proses Pada Pembelajaran Ipa Di Madrasah. Elementary: Islamic Teacher Journal, 4(1). Https://Doi.Org/10.21043/Elementary.V4i1.2047

Martini, C. (2021). Kata Kunci: Metode Eksperimen, Hasil Belajar Siswa, Konsep Sifat Dan Perubahan Wujud Benda. 8(49), 3.

Muh Ali, A., Satriawati, S., & Nur, R. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Menggunakan Metode Eksperimen Kelas VI Sekolah Dasar. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(2), 114-121. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i2.150

Permatasari, F., Ghozali, M.I.A & Purwati, R. (2022). Efektivitas Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Materi Perubahan Wujud Benda Kelas Iv Mi Ma’arif Sutawinangun Kabupaten Cirebon. Edubase : Journal Of Basic Education, 3(1), 110–116

Romadin, A. (2018). Studi Pengelolaan Transformer Class Program Keahlian Teknik Pengelasan Smk Pgri 3 Malang Dengan Pt. Bambang Djaja Surabaya (Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Malang).

Romadin, A. (2020). Model Pembelajaran Work-Based Learning Pada Pendidikan Kejuruan (Landasan, Orientasi, Sintaks, Kelebihan, Penerapan Pada Pendidikan Kejuruan Di Indonesia). Https://Ayoguruberbagi.Kemdikbud.Go.Id/Artikel/Model-Pembelajaran-Work-Based-Learning-Pada-Pendidikan-Kejuruan-Landasan-Orientasi-Sintaks-Kelebihan-Penerapan-Pada-Pendidikan-Kejuruan-Di-Indonesia/

Romadin, A. (2021). Srategi Pendekatan Interdisciplinary Mata Pelajaran Produk Kreatif Dan Kewirausahaan Pada Smk. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin, 6(2), 132–143. Https://Journal.Uny.Ac.Id/Index.Php/Dynamika/Issue/View/2164

Sapriati, Amalia, Dkk. (2008). Pembelajaran IPA di SD. Jakarta : Universitas Terbuka

Sisdiknas, N. 2. (2003). Undang-Undang Sisdiknas No. 20 Tahun 2003. In Futures (Vol. 28, Issue 1). Https://Doi.Org/10.35362/Rie280958

Slameto. (2003). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka

Surya, A. P., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kreativitas Siswa Kelas Iii Sd Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Jurnal Pesona Dasar, 6(1), 41–54. Https://Doi.Org/10.24815/Pear.V6i1.10703

Solikati, N. (2021). Peningkatan Prestasi Belajar Ipa Materi Rangkaian Listrik Sederhana Dengan Metode Eksperimen. Jurnal Terapan Pendidikan Dasar Dan Menengah, I(2), 310–322.

Subekti, Y., & Ariswan, A. (2016). Pembelajaran Fisika Dengan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Dan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Inovasi Pendidikan Ipa, 2(2), 252. Https://Doi.Org/10.21831/Jipi.V2i2.6278

Tirtaraharja, & La, S. (2005). Pengantar Pendidikan. Pt. Rineka Cipta.

Yusuf, A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning ( Pbl ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Teknik Dasar Otomotif I Made Arsana Abstrak. Jptm Unesa, 07(02), 35–40.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-11-06

How to Cite

Fitria, L., & Romadin, A. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Eksperimen untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(1), 18–30. https://doi.org/10.53624/ptk.v4i1.233