Peningkatan Kemampuan High Order Thinking Skills (HOTS) melalui Project-Based Learning (PjBL) dalam Implementasi Kurikulum Merdeka
DOI:
https://doi.org/10.53624/ptk.v4i1.236Keywords:
project-based learning, high order thinking skills, kurikulum merdekaAbstract
Pada kurikulum merdeka terdapat Asesmen Kompetensi Minimum yang menggunakan soal berbasis High Order Thinking Skills (HOTS). Soal berbasis HOTS dibuat dalam bentuk pilihan ganda yang kompleks dengan menyajikan gambar, wacana, maupun infografis. Berdasarkan hasil asesmen diagnostik menggunakan tes tertulis dengan soal berbasis HOTS di salah satu sekolah Menengah, diketahui bahwa masih banyak peserta didik yang kesulitan dalam menjawab soal sehingga hanya 18% siswa yang mendapat nilai di atas kriteria ketuntasan minimum yaitu 65. Hasil tersebut berarti bahwa kemampuan berpikir HOTS peserta didik cenderung kurang. Peserta didik di kelas tersebut juga masih kesulitan dalam membuat kesimpulan pembelajaran. Melalui penelitian tindakan kelas ini, peneliti melakukan tindakan untuk meningkatkan kemampuan HOTS siswa kelas X Sekolah Menengah Atas melalui model Project-Based Learning (PjBL). Subjek penelitian adalah siswa kelas X pada rombel X.12 SMA 19 Palembang tahun ajaran 2022/2023. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan menggunakan analisis deskriptif komparatif yaitu membandingkan data kondisi awal, data siklus 1 dan data siklus 2. Berdasarkan hasil dan analisis data penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan kemampuan HOTS peserta didik kelas X.
Downloads
References
Amri, S., & Rochmah, E. (2021). Pengaruh Kemampuan Literasi Membaca Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 52–58. https://doi.org/10.17509/eh.v13i1.25916
Anwar, A. (2022). Media Sosial sebagai Inovasi pada Model PjBL dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Inovasi Kurikulum, 19(2), 237–250. https://doi.org/10.17509/jik.v19i2.44230
Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., & Zamroni. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi Pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta:Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Astuti, P. (2018). Kemampuan literasi matematika dan kemampuan berpikir tingkat tinggi. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 263-268). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19599
Azhari, N. S., Simangunsong, H. H., Hrp, I. A. A., Afdilani, N. A., & Tanjung, I. F. (2022). Penerapan Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XII IPA 1 SMA N 2 Percut Sei Tuan pada Materi Gen. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 8(2), 107–115. https://doi.org/10.18592/ptk.v8i2.6806
Dewi, S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(2), 204–215. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i2.177
Elitasari, H. T. (2022). Kontribusi Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Abad 21. Jurnal Basicedu, 6(6), 9508–9516. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4120
Hasanah. (2014). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Marawola. E Journal GeoTadulako UNTAD.
Ichsan, I. Z., Sigit, D. V., & Miarsyah, M. (2019). Environmental Learning based on Higher Order Thinking Skills: A Needs Assessment. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(1), 21–24. https://doi.org/10.29103/ijevs.v1i1.1389
Kurniawan, T., & Maryani, E. (2015). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Sekolah Terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik Dalam Pembelajaran IPS. PIS, Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 24(2), 209–216. https://doi.org/10.17509/jpis.v24i2.1457
Mahanal, S. (2019). Asesmen Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 3(2), 51–73. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v3i2.128
Nisa, N. C., Nadiroh, N., & Siswono, E. (2018). KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) TENTANG LINGKUNGAN BERDASARKAN LATAR BELAKANG AKADEMIK SISWA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Lingkungan Dan Pembangunan, 19(02), 1–14. https://doi.org/10.21009/plpb.192.01
Palennari, M., Lasmi, L., & Rachmawaty, R. (2021). Keterampilan Pemecahan Masalah Peserta Didik: Studi Kasus di SMA Negeri 1 Wonomulyo. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 5(2), 208–216. https://doi.org/10.33369/diklabio.5.2.208-216
Prasetyani, E., Hartono, Y., & Susanti, E. (2016) Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas XI dalam Pembelajaran Trigonometri Berbasis Masalah di SMA Negeri 18 Palembang. Jurnal Gantang, I(1), 31–40. https://doi.org/10.31629/jg.v1i1.4
Purba, A. A., Yudha, A., Sitanggang, S., Panjaitan, J., & Tampubolon, R. (2023). Penerapan Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA Swasta Pamasta Tanjung Morawa 2022. Jurnal Penelitian Fisikawan, 6(1), 1–14. http://dx.doi.org/10.46930/jurnalpenelitianfisikawan.v6i1.2691
Rahayu, T. (2017). Pengembangan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Melalui Gerakan Literasi Nasional. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar), 693-698.
Rindayati, E., Putri, C. A. D., & Damariswara, R. (2022). Kesulitan calon pendidik dalam mengembangkan perangkat pembelajaran pada kurikulum merdeka. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(1), 18-27.
Ristiana, F. (2022). Implementasi Project Based Learning Berbasis TPACK pada Materi Fluida Statis untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir HOTS dan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas XI MIPA 2 SMA GIS 2 Serpong. NUCLEUS, 3(2), 148–154. https://doi.org/10.37010/nuc.v3i2.990
Schunk, D. H. (2012). Learning theories: an educational perspective. Pearson.
Sulistiana, I. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN Blimbing Kabupaten Kediri. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(2), 127-133.
Sutardi, S. (2016). Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Belajar, dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 3(2), 188–198. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v3i2.8400
Syaidah, U., Suyadi, B., & Ani, H. M. (2018). PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI DI SMA NEGERI RAMBIPUJI TAHUN AJARAN 2017/2018. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 12(2), 185. https://doi.org/10.19184/jpe.v12i2.8316
Theodora, B. D. (2015). Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Se-Kota Malang yang Dikontrol dengan Variasi Sumber Belajar. Journal of Accounting and Business Education. http://dx.doi.org/10.26675/jabe.v2i4.6079
Na’mah, U., Qamaria, R. S., Zahro, F., Rachmatulloh, M. A., & Putra, M. H. A. (2022, December). Family Resilience for Early Married Couples through the Sakinah Family Counseling. In The 4th International Conference on University Community Engagement (ICON-UCE 2022) (Vol. 4, pp. 647-656).
Umami, R., Rusdi, M., & Kamid, K. (2021). Pengembangan instrumen tes untuk mengukur higher order thinking skills (HOTS) berorientasi programme for international student asessment (PISA) pada peserta didik. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 7(1), 57–68. https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2069
Widana, I. W. (2017). Modul Penyusunan Soal High Order Thinking Skill (HOTS). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Wilujeng, Enggar., et al. (2022). Penerapan pembelajaran berbasis proyek (project based learning) untuk peningkatan high order thinking skills siswa kelas X otomatisasi perkantoran pada pembelajaran ekonomi dan bisnis di SMK Negeri 5 Kota Madiun. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 1, 420–428. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA
Yanti, R., Prihatin, T., & Khumaedi, K. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS DITINJAU DARI KEBIASAAN MEMBACA, MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 9(2), 147–156. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v9i2.27422
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Yuniar Handayani, Eni Asia, Saleh Hidayat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0