Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis melalui Model Problem Based Learning
DOI:
https://doi.org/10.53624/ptk.v4i1.242Keywords:
problem based learning, representasi matematis, hasil belajarAbstract
Rendahnya kemampuan representasi matematis siswa perlu diatasi dengan menerapkan pembelajaran yang tepat karena berkaitan dengan kemampuan siswa mengungkapkan pemahaman konsep matematika dengan berbagai cara. Melalui penelitian tindakan kelas kolaboratif ini, peneliti melakukan tindakan konkrit untuk meningkatkan kemampuan representasi dan hasil belajar siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama melalui model Problem Based Learning (PBL). Subjek penelitian sebanyak 31 siswa kelas VII. Data dikumpulkan melalui wawancara, catatan lapangan, lembar observasi, dan tes, dengan analisis data statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan model PBL dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis, dimana kemampuan representasi visual meningkat dari 67% pada siklus I menjadi 81% pada siklus II, kemampuan representasi verbal meningkat dari 65% menjadi 83%, dan kemampuan representasi simbolik meningkat dari 59% menjadi 79%. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan rata-rata pada siklus I yaitu 63 meningkat menjadi 81 pada siklus II, dengan tingkat ketuntasan 81%. Jadi, kesimpulannya adalah model PBL dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis dan hasil belajar siswa.
Downloads
References
Arends. (2008). Library of Congress Cataloging-in-Publication Data - 9th ed. Library of Congress Cataloging-in-Publication Data. Central Connecticut State University.
Asrori & Rusman. (2020). Classroom Action Research Pengembangan Kompetensi Guru. CV Pena Persada. Purwokerto, Jawa Tengah.
Dan, M. A., Windarti, A., Pambudi, D. I., & Asiyah, Y. N. (2020). Penerapan Model Problem-Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa di Kelas IVA SD Unggulan ‘Aisyiyah Bantul. Prosiding Pendidikan Profesi Guru, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Ahmad Dahlan.
Daniel Chandra, T. (2019). Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas XI melalui Penerapan Model Problem Based Learning. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
Fadillah, S., Muhammad, K., Fauzi, A., & Yus, A. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa dan Adversity Quotient. Educational Journal Of Elementary School, Volume 1 Nomor 2 Tahun 2020.
Hayun, M., Azizah, D., & Syawaly, M. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Instruksional, Volume 2, No.1.
Husan, H. (2022). Enhancing Students’ Mathematical Representation Ability Through Mathematics Learning. In Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (Vol. 5, Issue 2).
Kemendikbud. (2022). Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 008/H/KR/2022 Tentang Capaian Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kemendikbud.
Komala, E. & Afrida, A. M. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMK Ditinjau dari Gaya Belajar. Journal of Instructional Mathematics, 1(2), 53–59. https://doi.org/10.37640/jim.v1i2.364
Kunandar. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Rajawali Pers.
Kusmaryono. (2016). Peranan Representasi Dan Disposisi Matematis Siswa Terhadap Peningkatan Mathematical Power. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Vol 1, No 1 (2016). DOI: https://doi.org/10.26877/jipmat.v1i1.1089
Maliasih, Hartono & Nurani. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Melalui Metode Teams Games Tournaments dengan Strategi Peta Konsep Pada Siswa SMA. Jurnal Profesi Keguruan. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk
Maryati, I. (2021). Kemampuan Representasi Matematis Siswa Melalui Model Problem Based Learning dan Probing Prompting Learning. In Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika (Vol. 1, Issue 2).
Maulyda, M. A. (2022). Paradigma Pembelajaran Matematika Berbasis NCTM. https://www.researchgate.net/publication/338819078
NCTM. (2020). Standards for the Preparation of Secondary Mathematics Teachers. The National Council of Teachers of Mathematics, Inc. www.nctm.org
Nurjanah, Yuliardi, R., & Luthfi, A. F. (2020). Learning mathematics assisted by adobe flash software to improve mathematical reasoning ability students ongeometry concepts. Journal of Physics: Conference Series, 1567(3). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1567/3/032011
OECD. (2021). PISA 2021 Mathematics Framework (Draft). OECD.org (https://www.oecd.org/pisa/pisaproducts/pisa-2021-mathematics-framework-draft.pdf)
Oktaviyanthi, R. (2017). PISA Mathematics Framework Dalam Penelusuran Mathematical Literacy Skills Mahasiswa. https://doi.org/10.31227/osf.io/z2qsf
Pratama, G. S., & Retnawati, H. (2018). Urgency of Higher Order Thinking Skills (HOTS) Content Analysis in Mathematics Textbook. Journal of Physics: Conference Series, 1097(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1097/1/012147
Purwanto. (2010). Evaluasi Hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Rahmadian, N. M. (2019). Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually. PRISMA. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 287–292. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Rahmatika, T., Ihsanudin & Rafianti, I. (2022). Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pisa Berdasarkan Gaya Kognitif Reflektif-Impulsif. Jurnal Pendidikan Matematika, Volume. 06 (01), 248–258.
Rosyid, A., Mahpudin, A., & Nuraeni, Z. (2020). Meningkatkan Representasi Matematis Siswa SMA dengan Editor Mathematic Equation Berbasis Android Suparman. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1), 33–41.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Jakarta. CV Alfabeta
Sulistiana, I. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN Blimbing Kabupaten Kediri. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(2), 127-133. https://doi.org/10.53624/ptk.v2i2.50
Supandi, S., Waluya, S. B., Rochmad, R., Suyitno, H., & Dewi, K. (2018). Think-talk-write model for improving students’ abilities in mathematical representation. International Journal of Instruction, 11(3), 77–90. https://doi.org/10.12973/iji.2018.1136a
Suprayitno. T. (2019). Pendidikan di Indonesia Belajar dari Hasil PISA 2018. Badan Penelitian dan Pengembangan. http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/16742
Susanti, S., Duskri, M., & Rahmi, M. (2019). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis melalui Model Problem-Based Learning pada Siswa SMP/MTs. Suska Journal of Mathematics Education, 5(2), 77. https://doi.org/10.24014/sjme.v5i2.7357
Sutama. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitaif, Kualitatif, PTK, Mix Method, R&D (I). Jasmine.
Taofik, A. I., & Juandi, D. (2022). Description of Mathematical Representation Ability Through HOTS-Oriented Learning Model: a Systematic Literature Review. Jurnal Analisa, 8(1), 46–56. https://doi.org/10.15575/ja.v8i1.17915
Utami, P. R., Junaedi, I., & Hidayah, I. (2018). Mathematical Representation Ability Of Students’ Grade X In Mathematics Learning On Problem-Based Learning. Unnes Journal of Mathematics Education, 7(3), 164–171. https://doi.org/10.15294/ujme.v7i1.25486
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Meilina Cahya Prima Sari, Mahmudi, Kristinawati, Helti Lygia Mampouw
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0