Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis melalui Model Problem Based Learning

Authors

  • Meilina Cahya Prima Sari Universitas Kristen Satya Wacana
  • Mahmudi SMP Negeri 2 Salatiga
  • Kristinawati SMP Negeri 2 Salatiga
  • Helti Lygia Mampouw Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.53624/ptk.v4i1.242

Keywords:

problem based learning, representasi matematis, hasil belajar

Abstract

Rendahnya kemampuan representasi matematis siswa perlu diatasi dengan menerapkan pembelajaran yang tepat karena berkaitan dengan kemampuan siswa mengungkapkan pemahaman konsep matematika dengan berbagai cara. Melalui penelitian tindakan kelas kolaboratif ini, peneliti melakukan tindakan konkrit untuk meningkatkan kemampuan representasi dan hasil belajar siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama melalui model Problem Based Learning (PBL). Subjek penelitian sebanyak 31 siswa kelas VII. Data dikumpulkan melalui wawancara, catatan lapangan, lembar observasi, dan tes, dengan analisis data statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan model PBL dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis, dimana kemampuan representasi visual meningkat dari 67% pada siklus I menjadi 81% pada siklus II, kemampuan representasi verbal meningkat dari 65% menjadi 83%, dan kemampuan representasi simbolik meningkat dari 59% menjadi 79%. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan rata-rata pada siklus I yaitu 63 meningkat menjadi 81 pada siklus II, dengan tingkat ketuntasan 81%. Jadi, kesimpulannya adalah model PBL dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis dan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arends. (2008). Library of Congress Cataloging-in-Publication Data - 9th ed. Library of Congress Cataloging-in-Publication Data. Central Connecticut State University.

Asrori & Rusman. (2020). Classroom Action Research Pengembangan Kompetensi Guru. CV Pena Persada. Purwokerto, Jawa Tengah.

Dan, M. A., Windarti, A., Pambudi, D. I., & Asiyah, Y. N. (2020). Penerapan Model Problem-Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa di Kelas IVA SD Unggulan ‘Aisyiyah Bantul. Prosiding Pendidikan Profesi Guru, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Ahmad Dahlan.

Daniel Chandra, T. (2019). Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas XI melalui Penerapan Model Problem Based Learning. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Fadillah, S., Muhammad, K., Fauzi, A., & Yus, A. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa dan Adversity Quotient. Educational Journal Of Elementary School, Volume 1 Nomor 2 Tahun 2020.

Hayun, M., Azizah, D., & Syawaly, M. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Instruksional, Volume 2, No.1.

Husan, H. (2022). Enhancing Students’ Mathematical Representation Ability Through Mathematics Learning. In Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (Vol. 5, Issue 2).

Kemendikbud. (2022). Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 008/H/KR/2022 Tentang Capaian Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kemendikbud.

Komala, E. & Afrida, A. M. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMK Ditinjau dari Gaya Belajar. Journal of Instructional Mathematics, 1(2), 53–59. https://doi.org/10.37640/jim.v1i2.364

Kunandar. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Rajawali Pers.

Kusmaryono. (2016). Peranan Representasi Dan Disposisi Matematis Siswa Terhadap Peningkatan Mathematical Power. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Vol 1, No 1 (2016). DOI: https://doi.org/10.26877/jipmat.v1i1.1089

Maliasih, Hartono & Nurani. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Melalui Metode Teams Games Tournaments dengan Strategi Peta Konsep Pada Siswa SMA. Jurnal Profesi Keguruan. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk

Maryati, I. (2021). Kemampuan Representasi Matematis Siswa Melalui Model Problem Based Learning dan Probing Prompting Learning. In Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika (Vol. 1, Issue 2).

Maulyda, M. A. (2022). Paradigma Pembelajaran Matematika Berbasis NCTM. https://www.researchgate.net/publication/338819078

NCTM. (2020). Standards for the Preparation of Secondary Mathematics Teachers. The National Council of Teachers of Mathematics, Inc. www.nctm.org

Nurjanah, Yuliardi, R., & Luthfi, A. F. (2020). Learning mathematics assisted by adobe flash software to improve mathematical reasoning ability students ongeometry concepts. Journal of Physics: Conference Series, 1567(3). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1567/3/032011

OECD. (2021). PISA 2021 Mathematics Framework (Draft). OECD.org (https://www.oecd.org/pisa/pisaproducts/pisa-2021-mathematics-framework-draft.pdf)

Oktaviyanthi, R. (2017). PISA Mathematics Framework Dalam Penelusuran Mathematical Literacy Skills Mahasiswa. https://doi.org/10.31227/osf.io/z2qsf

Pratama, G. S., & Retnawati, H. (2018). Urgency of Higher Order Thinking Skills (HOTS) Content Analysis in Mathematics Textbook. Journal of Physics: Conference Series, 1097(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1097/1/012147

Purwanto. (2010). Evaluasi Hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Rahmadian, N. M. (2019). Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually. PRISMA. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 287–292. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Rahmatika, T., Ihsanudin & Rafianti, I. (2022). Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pisa Berdasarkan Gaya Kognitif Reflektif-Impulsif. Jurnal Pendidikan Matematika, Volume. 06 (01), 248–258.

Rosyid, A., Mahpudin, A., & Nuraeni, Z. (2020). Meningkatkan Representasi Matematis Siswa SMA dengan Editor Mathematic Equation Berbasis Android Suparman. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1), 33–41.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Jakarta. CV Alfabeta

Sulistiana, I. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN Blimbing Kabupaten Kediri. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(2), 127-133. https://doi.org/10.53624/ptk.v2i2.50

Supandi, S., Waluya, S. B., Rochmad, R., Suyitno, H., & Dewi, K. (2018). Think-talk-write model for improving students’ abilities in mathematical representation. International Journal of Instruction, 11(3), 77–90. https://doi.org/10.12973/iji.2018.1136a

Suprayitno. T. (2019). Pendidikan di Indonesia Belajar dari Hasil PISA 2018. Badan Penelitian dan Pengembangan. http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/16742

Susanti, S., Duskri, M., & Rahmi, M. (2019). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis melalui Model Problem-Based Learning pada Siswa SMP/MTs. Suska Journal of Mathematics Education, 5(2), 77. https://doi.org/10.24014/sjme.v5i2.7357

Sutama. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitaif, Kualitatif, PTK, Mix Method, R&D (I). Jasmine.

Taofik, A. I., & Juandi, D. (2022). Description of Mathematical Representation Ability Through HOTS-Oriented Learning Model: a Systematic Literature Review. Jurnal Analisa, 8(1), 46–56. https://doi.org/10.15575/ja.v8i1.17915

Utami, P. R., Junaedi, I., & Hidayah, I. (2018). Mathematical Representation Ability Of Students’ Grade X In Mathematics Learning On Problem-Based Learning. Unnes Journal of Mathematics Education, 7(3), 164–171. https://doi.org/10.15294/ujme.v7i1.25486

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-11-06

How to Cite

Sari, M. C. P., Mahmudi, M., Kristinawati, K., & Mampouw, H. L. (2023). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis melalui Model Problem Based Learning. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(1), 1–17. https://doi.org/10.53624/ptk.v4i1.242