Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Surakarta

Authors

DOI:

https://doi.org/10.53624/ptk.v4i1.286

Keywords:

problematika, kurikulum merdeka, pembelajaran Bahasa Indonesia, sekolah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis fenomena yang terjadi dalam penerapan pembelajaran Bahasa Indonesia pada Kurikulum Merdeka Belajar di SMP Negeri 1 Surakarta, SMP Negeri 4 Surakarta, dan SMP Kristen 1 Surakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey deskriptif dengan melibatkan 85 responden siswa kelas VII dan VIII melalui pengisian kuesioner dan observasi. Hasil penelitian mengungkapkan beberapa permasalahan, termasuk persepsi siswa yang merasa bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia sebagai mata pelajaran yang mudah sehingga membuat minat siswa menurun, kurangnya interaktifitas media pembelajaran, pembelajaran yang monoton, keterbatasan guru dalam penggunaan teknologi informasi, dan fasilitas pendukung pembelajaran yang kurang memadai. Kesimpulan penelitian ini menekankan perlunya peningkatan inovasi dan kreativitas guru dalam merancang pembelajaran yang lebih interaktif, penggunaan metode yang menarik, dan pemanfaatan teknologi informasi untuk mendukung penerapan Kurikulum Merdeka Belajar. Selain itu, pembenahan fasilitas pendukung pembelajaran juga perlu menjadi perhatian dalam upaya meningkatkan efektivitas pembelajaran Bahasa Indonesia.

Author Biographies

Muhammad Aditya Wisnu Wardana, Universitas Sebelas Maret

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Dara Panca Indra, Universitas Sebelas Maret

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Chafit Ulya, Universitas Sebelas Maret

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

References

Aditya, M., Wardana, W., Febriana, N., Karina, Y. K., Mulyono, S., Aditya, M., Wardana, W., & Karina, Y. K. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pull Out Photo Box Sebagai Upaya Peningkatan Pemerolehan dan Pembelajaran Bahasa Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Pada Sekolah Inklusi Tingkat Dasar. Jurnal Improvement, 9(1), 42–54. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/improvement/article/view/27330

Angga, A., Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Garut. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3149

Assidik, G. K. (2018). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Berbasis Literasi Digital yang Interaktif dan Kekinian. Seminar Nasional SAGA Universitas Ahmad Dahlan, 1(1), 242–246.

Atmawijaya, Arifin, E. Z., & Sugono, D. (2020). Motivasi dan Lingkungan Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Keluarga bagi Anak Berprestasi. Diskursus : Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 3(2), 95–109. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/diskursus/article/view/7946/3730

Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka ( Fokus : Model MBKM Program Studi ). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 195–205. https://www.e-journal.my.id/jsgp/article/view/591/451

Efendy, T. (2023). Konsep Sistem Among dalam Pendidikan Menurut Ki Hajar Dewantara. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(6), 1231–1242. https://jmi.rivierapublishing.id/index.php/rp

Faisah, N. (2019). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia dalam Surat Menyurat di Kantor Kelurahan Layana Indah. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 4(1), 26–31.

Faizin, M., Ubaidillah, M. F., & Akbar, M. I. F. (2023). Relevansi Antara Konsep Pendidikan Menurut Ki Hajar Dewantara dan Konsep Pendidikan Islam Seumur Hidup (Lifelong Education). Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1), 1707–1715. http://www.jpdk.org/index.php/jpdk/article/view/148

Hamzah, M. R., Mujiwati, Y., Khamdi, I. M., Usman, M. I., & Abidin, M. Z. (2022). Proyek Profil Pelajar Pancasila sebagai Penguatan Pendidikan Karakter pada Peserta Didik. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 553–559. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.309

Hidayati, N., Hidayati, D., Hani Saputro, Z., & Lestari, T. (2022). Implementasi Pembelajaran Projek pada Sekolah Penggerak di Era Digital. Journal of Education and Teaching (JET), 4(1), 68–82. https://doi.org/10.51454/jet.v4i1.200

Hudain, M. A., Kamaruddin, I., Jasmani, P., & Makassar, U. N. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Video : Apakah Berpengaruh Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar pada Anak? Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4881–4891. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4924

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589

Inderasari, E., Arum Hapsari, D., Yufarlina Rosita, F., & Ulya, C. (2021). Analisis Penggunaan Gaya Bahasa Iklan Layanan Masyarakat Bijak Bersosial Media di Radio Kota Surakarta. Kembara: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 7(2), 508–528. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/kembara

Istiqomah, E. N., Sulistyarini, A., & Khusniyah, T. W. (2023). Model Ruang Kelas dan Implikasinya pada Motivasi Belajar Siswa SD: Literature Review. Renjana Pendidikan Dasar, 3(2), 79–88. https://prospek.unram.ac.id/index.php/renjana/article/view/358

Jojor, A., & Sihotang, H. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka dalam Mengatasi Learning Loss di Masa Pandemi Covid-19 (Analisis Studi Kasus Kebijakan Pendidikan). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5150–5161. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3106

Junaidi, F., Suwandi, S., Saddhono, K., & Wardani, N. E. (2022). Improving Students ’ Social Intelligence Using Folktales during the Covid-19 Pandemic. International Journal of Instruction, 15(3), 209–228. https://eric.ed.gov/?id=EJ1355464

Leksono, R. P., & Kosasih, L. (2020). Analisis pembelajaran bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua di sekolah Pattanakarn Ying Sueksa Thailand. Jurnal Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing ( JBIPA ), 2(1), 22–27. http://jurnal.machung.ac.id/index.php/klausa/article/view/564

Mansyur, A. R. (2021). Wawasan Kepemimpinan Guru (Teacher Leadership) dan Konsep Guru Penggerak. Education and Learning Journal, 2(2), 101. https://doi.org/10.33096/eljour.v2i2.113

Mattarima, S. M. U., Afifi, N., & Qamaria, R. S. (2022). English Study Club: How Students' Mental Attributes Reflect Their Motivation. Celtic: A Journal of Culture, English Language Teaching, Literature and Linguistics, 9(1), 120-134.

Mustikaningrum, G., Pramusinta, L., Ayu, S., & Umar, M. (2020). The Implementation of Character Education Integrated To Curriculum and Learning Methods During Covid-19 Pandemic. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(2), 154–164.

Nazifah, N., Asrizal, A., & Festiyed, F. (2021). Analisis Ukuran Efek Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa. Jurnal Pijar Mipa, 16(3), 288–295. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i3.2419

Nirmalasari, Y. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Menyimak Berbasis Kopi Bagi Pemelajar Bipa Tingkat Pemula. KLAUSA (Kajian Linguistik, Pembelajaran Bahasa, Dan Sastra), 6(1), 61–72. https://doi.org/10.33479/klausa.v6i1.564

Nurhalisa, S., & Sukmawarti. (2022). Penggunaan Media Interaktif Berbantuan Canva Pada Pembelajaran IPA Materi Siklus Air Dengan Pendekatan Saintifik. Journal of Education and Social Analysis, 3(1), 37–45. https://pusdikra-publishing.com/index.php/jesa/article/view/386

Patilima, S. (2021). Sekolah Penggerak Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 2(8), 228–236.

Pratiwi, G., Akhdinirwanto, R. W., & Nurhidayati, N. (2020). Pengembangan E-UKBM Dengan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker dalam Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Kemampuan Problem Solving Peserta Didik. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 4(2), 46–55. https://doi.org/10.30599/jipfri.v4i2.697

Pupu, E., & Agustin, M. (2022). Menyikapi Toxic Parent Terhadap Kepercayaan Diri Anak Usia Dini Pada Masa New Normal. Journal of Islamic Early Childhood Education (JOIECE): PIAUD-Ku, 1(1), 6–10. https://doi.org/10.54801/piaudku.v1i1.92

Putra, L. D., & Filianti. (2022). Pemanfaatan Canva For Education Sebagai Media Pembelajaran Kreatif dan kolaboratif untuk Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(1), 125–138. https://doi.org/10.32832/educate.v7i1.6315

Rahayuningsih, S., & Rijanto, A. (2022). Upaya Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah sebagai Pemimpin Pembelajaran pada Program Sekolah Penggerak di Nganjuk. JAMU : Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 2(02), 120–126. https://doi.org/10.46772/jamu.v2i02.625

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431

Rahmawati, M., & Latifah, M. (2020). Gadget Usage, Mother-Child Interaction, and Social-Emotional Development among Preschool Children. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 13(1), 75–86. https://doi.org/10.24156/jikk.2020.13.1.75

Rindayati, E., Putri, C. A. D., & Damariswara, R. (2022). Kesulitan calon pendidik dalam mengembangkan perangkat pembelajaran pada kurikulum merdeka. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(1), 18-27.

Ridwan, W., Basri, H., & Suhartini, A. (2023). Penguatan Karakter Siswa pada Sekolah Berbasis Pesantren. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 623–629. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i1.1473

Rohim, D. C. (2021). Konsep Asesmen Kompetensi Minimum untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal VARIDIKA, 33(1), 54–62. https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1.14993

Rosmawati, E. (2021). Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Pendekatan Proses. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 5(1), 381–394. https://jurnal.unived.ac.id/index.php/mude

Safira, A. N., Rakhmawati, A., & Wardana, M. A. W. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran di Kelas VII SMP Negeri 2 Batang. BAHTERA: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 22(2), 123–136. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/bahtera/article/view/31591/15381

Sari, M., Rachman, H., Astuti, N. J., Afgani, M. W., & Abdullah, R. (2023). Explanatory Survey dalam Metode Penelitian Deskriptif Kuantitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(1), 10–16. https://jurnal.itscience.org/index.php/jpsk/article/view/1953/1528

Siregar, H. D. P. (2020). Dilema Pembelajaran Online: Antara Efektifitas Dan Tantangan. Mimbar Agama Budaya, 37(2), 57–63. https://doi.org/10.15408/mimbar.v37i2.18918

Sufanti, M., Nuryatin, A., Rohman, F., & Waluyo, H. J. (2018). Pemilihan Cerita Pendek sebagai Materi Ajar Pembelajaran Sastra oleh Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA di Surakarta. Jurnal Penelitian Humaniora, 19(1), 10–19. https://doi.org/10.23917/humaniora.v19i1.6164

Sugiyarta, Ardhi Prabowo, Tsabit A. Ahmad, & Aji Purwinarko M.B. S. (2020). Identifikasi Kemampuan Guru Sebagai Guru Penggerak di Karesidenan Semarang. Jurnal Profesi Keguruan, 6(2), 215–221. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk/article/view/26919/10900

Suryaman, M. (2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Prosiding Seminar Daring Nasional : Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar, 13–28.

Susilowati, E. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 1(1), 115–132. https://doi.org/10.56436/mijose.v1i1.85

Sutrisno, S., Yuningsih, N. Y., & Agustino, L. (2018). Media Informasi di Ranah Media Sosial: Perubahan Karakteristik dan Peran Jurnalistik Sebagai Media Baru. JPPUMA Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Sosial Politik Universitas Medan Area, 6(2), 106. https://doi.org/10.31289/jppuma.v6i2.1617

Suwandi, S., Sudaryanto, M., Wardani, N. E., Zulianto, S., Ulya, C., & Setiyoningsih, T. (2021). Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 5(1), 31–44. https://doi.org/10.21831/jk.v5i1.35457

Suwija, I. N. (2022). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Daerah Sesuai Kurikulum Merdeka Belajar. SANDIBASA I (Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia I), 4(April), 119–135.

Syahroni, A. W. (2019). Aplikasi Penentuan Kategori dan Fungsi Sintaksis Kalimat Bahasa Indonesia. Jurnal Nasional Informatika Dan Teknologi Jaringan, 1, 14–20. https://www.jurnal.uisu.ac.id/index.php/infotekjar/article/view/1537

Ulya, C., Suwandi, S., Nurkamto, J., & Saddhono, K. (2022a). Enhancing Sociopreneurship Student Skills In Disabilities Field: A Project Based Learning Approach. Journal of Positive School Psychology, 6(10), 523–530. http://mail.journalppw.com/index.php/jpsp/article/view/13137

Ulya, C., Suwandi, S., Nurkamto, J., & Saddhono, K. (2022b). Sunting Aksara: a Service Business To Improve Student Entrepreneurship Competence in the Field of Editing. INTERNATIONAL CONFERENCE OF HUMANITIES AND SOCIAL SCIENCE (ICHSS), 218–223. https://programdoktorpbiuns.org/index.php/proceedings/article/view/27

Ulya, C., & Wardani, N. E. (2020). Nilai Pendidikan Antikorupsi dalam Puisi Karya Ahmad Mustofa Bisri. Indonesian Language Education and Literature, 5(2), 147. https://doi.org/10.24235/ileal.v5i2.5302

Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11718

Wardana, M. A. W., Sumarwati, S., & Setiawan, B. (2022). Implications of The Minimum Competency Assessment (AKM) on The Literature Motivation Of Students Of SMP PGRI 2 Wates, Blitar Regency. Kolokium Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 10(2), 92–111. https://doi.org/10.24036/kolokium.v10i2.531

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-11-30

How to Cite

Wardana, M. A. W., Indra, D. P., & Ulya, C. (2023). Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Surakarta. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(1), 95–114. https://doi.org/10.53624/ptk.v4i1.286