Pengembangan Panduan Sosiodrama untuk Meningkatkan Kecerdasan Sosial Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Malang
DOI:
https://doi.org/10.53624/ptk.v1i1.3Keywords:
kecerdasan sosial, sosiodrama, siswa kelas VIII SMPAbstract
Pengembangan Panduan Sosiodrama untuk Meningkatkan Kecerdasan Sosial Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Malang. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan panduan sosiodrama untuk meningkatkan kecerdasan sosial siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Malang yang berterima secara teoretis dan praktis. Langkah yang digunakan adalah tahap perencanaan, tahap pengembangan produk, dan tahap uji coba produk. Hasil pengembangan berupa panduan sosiodrama untuk meningkatkan kecerdasan sosial siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Malang yang berterima secara teoretis dan praktis.
Downloads
References
Borg, W.R. & Gall, M.D. (2003). Education Research an Introduction. New York: Longman
Fatimah, E. (2006). Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). 2006. Bandung: CV Pustaka Setia.
Goleman, D. (2006). Social Intelligence: The New Science of Human Relationship. New York: Bantam Books.
Romlah, T. (2006). Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang.
Santrock, J. W. (2003). Adolescence Perkembangan Remaja Edisi ke Enam. Jakarta: Erlangga.
Yusuf L N, S. (2007). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Yusuf L N, S. (2009). Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Rizqi Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Tri Henny Febrining Wulan, Ahmad Yusron, Eko Nurhayati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0