Pengembangan Panduan Sosiodrama untuk Meningkatkan Kecerdasan Sosial Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Malang

Authors

  • Tri Henny Febrining Wulan SMP Negeri 1 Wates, Blitar
  • Ahmad Yusron SMK Negeri 1 Prigen, Pasuruan
  • Eko Nurhayati SMP Negeri 2 Bakung Plandirejo

DOI:

https://doi.org/10.53624/ptk.v1i1.3

Keywords:

kecerdasan sosial, sosiodrama, siswa kelas VIII SMP

Abstract

Pengembangan Panduan Sosiodrama untuk Meningkatkan Kecerdasan Sosial Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Malang. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan panduan sosiodrama untuk meningkatkan kecerdasan sosial siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Malang yang berterima secara teoretis dan praktis. Langkah yang digunakan adalah tahap perencanaan, tahap pengembangan produk, dan tahap uji coba produk. Hasil pengembangan berupa panduan sosiodrama untuk meningkatkan kecerdasan sosial siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Malang yang berterima secara teoretis dan praktis.

References

Borg, W.R. & Gall, M.D. (2003). Education Research an Introduction. New York: Longman

Fatimah, E. (2006). Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). 2006. Bandung: CV Pustaka Setia.

Goleman, D. (2006). Social Intelligence: The New Science of Human Relationship. New York: Bantam Books.

Romlah, T. (2006). Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang.

Santrock, J. W. (2003). Adolescence Perkembangan Remaja Edisi ke Enam. Jakarta: Erlangga.

Yusuf L N, S. (2007). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Yusuf L N, S. (2009). Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Rizqi Press.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2020-11-12

How to Cite

Wulan, T. H. F., Yusron, A., & Nurhayati, E. (2020). Pengembangan Panduan Sosiodrama untuk Meningkatkan Kecerdasan Sosial Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Malang. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 1(1), 28–38. https://doi.org/10.53624/ptk.v1i1.3