Penggunaan Model Discovery Learning dan Media Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA
DOI:
https://doi.org/10.53624/ptk.v4i1.301Keywords:
discovery learning, media interaktif, hasil belajarAbstract
Penelitian ini didasarkan pada model pembelajaran secara tradisional diterapkan pada pembelajaran IPA kelas 7 yang berakibat pada rendahnya ketuntasan hasil belajar IPA peserta didik Kelas VII Ibnu Batuta SMPN 2 Pangkajene. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan setiap siklus persentasi ketuntasan hasil belajar mengunakan model discovery learning dan media interaktif, peningkatan hasil belajar mengunakan model discovery learning dan media interaktif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode tindakan kelas kolaboratif (PTKK). Teknik Pengumpulan data didasarkan pada hasil tes belajar serta lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, persentase ketuntasan klasikal meningkat dari 16,12% dengan kategori sangat rendah sebelum siklus, 48,39% dengan kategori rendah pada siklus I dan 96,77% dengan kategori sangat tinggi pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model discovery learning dan media interaktif efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa.
Downloads
References
Ana, N. Y. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajaran Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1). https://doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13851
Asrori dan Rusman. (2020). Classroom Action Research: Pengembangan Kompetensi Guru. Purwokerto: CV. Pena Persada.
Ferdiansa, R. A., Miyono, N., Reffiane, F., & Suprihatin, G. (2023). Penerapan Model Problem Base Learning Berbantu “Canva” Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas II SDN Gajahmungkur 04. Innovative: Journal of Social Science Research, 3(2), 12099–12110. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i2
Kharissidqi, M. T., & Firmansyah, V. W. (2022). Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran yang Efektif. Indonesian Journal of Education and Humanity, 2(4), 108–113. Retrieved from http://ijoehm.rcipublisher.org/index.php/ijoehm/article/view/34.
Lestari, T. (2019). Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran IPA Dasar Berorientasi Peraturan Dirjen Dikdasmen Kemendikbud No. 07/D. D5/Kk/2018. Seminar Nasional Keindonesiaan Iv. Http://Conference.Upgris.Ac.Id/Index.P hp/Snk/Article/View/542
Permana, R. H. (2019). Survei Kualitas Pendidikan PISA 2018: RI Sepuluh Besar dari Bawah. Retrieved November 23, 2019.
Prastya, D. (2017). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 9(2), 99-108. https://doi.org/10.17509/eh.v9i2.7079
Pratiwi, S. N., Cari, C.& Aminah,N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 Dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisik. 9, 34 -42.
Rahmawati, E. (2020). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kediri Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 1(1), 48-70.
Riduwan. (2013). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sapti, M. (2019). Kajian Mengenai Pendidikan Karakter. Kemampuan Koneksi Matematis (Tinjauan Terhadap Pendekatan Pembelajaran Savi), 53(9), 1689-1699.
Widiyanti, T., & Nisa, A. F. (2021). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ipa Kelas V Sekolah Dasar. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 8(1). https://doi.org/10.30738/trihayu.v8i1.11136
Wiyonto, K., & Zaskiyah, S. (2019). Pendidikan Fisika Pada Era Revolusi Industri 4.0 di Indonesia. Seminar Nasional Pendidikan Program Studi Pendidikan Fisika FKIP ULM, 1-14.
Yuliana, N. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 21–28. https://Ejournal.Undiksha.Ac.Id/Index.Php/JIPP/Article/View/13851/8671
Yuniati, S. 2018. Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Matematika Melalui endekatan Kontekstual. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Https://Doi.Org/10.24256/Jpmipa.V2i1. 101
Zubaidah.S., Susriyati.M., Lia. Y., dkk. (2017). Buku Siswa Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Kemendikbud.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Arie Arma Arsyad, Taufiqqurrahman, Sukmawanty Rahman, Saparuddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0