Penggunaan Model Discovery Learning dan Media Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA

Authors

  • Arie Arma Arsyad Universitas Negeri Makassar
  • Taufiqqurrahman Universitas Negeri Makassar
  • Sukmawanty Rahman SMP Negeri 40 Makassar
  • Saparuddin SMP Negeri 2 Pangkajene

DOI:

https://doi.org/10.53624/ptk.v4i1.301

Keywords:

discovery learning, media interaktif, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada model pembelajaran secara tradisional diterapkan pada pembelajaran IPA kelas 7 yang berakibat pada rendahnya ketuntasan hasil belajar IPA peserta didik Kelas VII Ibnu Batuta SMPN 2 Pangkajene. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan setiap siklus persentasi ketuntasan hasil belajar mengunakan model discovery learning dan media interaktif, peningkatan hasil belajar mengunakan model discovery learning dan media interaktif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode tindakan kelas kolaboratif (PTKK). Teknik Pengumpulan data didasarkan pada hasil tes belajar serta lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, persentase ketuntasan klasikal meningkat dari 16,12% dengan kategori sangat rendah sebelum siklus, 48,39% dengan kategori rendah pada siklus I dan 96,77% dengan kategori sangat tinggi pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model discovery learning dan media interaktif efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa.

References

Ana, N. Y. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajaran Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1). https://doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13851

Asrori dan Rusman. (2020). Classroom Action Research: Pengembangan Kompetensi Guru. Purwokerto: CV. Pena Persada.

Ferdiansa, R. A., Miyono, N., Reffiane, F., & Suprihatin, G. (2023). Penerapan Model Problem Base Learning Berbantu “Canva” Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas II SDN Gajahmungkur 04. Innovative: Journal of Social Science Research, 3(2), 12099–12110. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i2

Kharissidqi, M. T., & Firmansyah, V. W. (2022). Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran yang Efektif. Indonesian Journal of Education and Humanity, 2(4), 108–113. Retrieved from http://ijoehm.rcipublisher.org/index.php/ijoehm/article/view/34.

Lestari, T. (2019). Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran IPA Dasar Berorientasi Peraturan Dirjen Dikdasmen Kemendikbud No. 07/D. D5/Kk/2018. Seminar Nasional Keindonesiaan Iv. Http://Conference.Upgris.Ac.Id/Index.P hp/Snk/Article/View/542

Permana, R. H. (2019). Survei Kualitas Pendidikan PISA 2018: RI Sepuluh Besar dari Bawah. Retrieved November 23, 2019.

Prastya, D. (2017). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 9(2), 99-108. https://doi.org/10.17509/eh.v9i2.7079

Pratiwi, S. N., Cari, C.& Aminah,N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 Dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisik. 9, 34 -42.

Rahmawati, E. (2020). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kediri Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 1(1), 48-70.

Riduwan. (2013). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sapti, M. (2019). Kajian Mengenai Pendidikan Karakter. Kemampuan Koneksi Matematis (Tinjauan Terhadap Pendekatan Pembelajaran Savi), 53(9), 1689-1699.

Widiyanti, T., & Nisa, A. F. (2021). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ipa Kelas V Sekolah Dasar. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 8(1). https://doi.org/10.30738/trihayu.v8i1.11136

Wiyonto, K., & Zaskiyah, S. (2019). Pendidikan Fisika Pada Era Revolusi Industri 4.0 di Indonesia. Seminar Nasional Pendidikan Program Studi Pendidikan Fisika FKIP ULM, 1-14.

Yuliana, N. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 21–28. https://Ejournal.Undiksha.Ac.Id/Index.Php/JIPP/Article/View/13851/8671

Yuniati, S. 2018. Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Matematika Melalui endekatan Kontekstual. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Https://Doi.Org/10.24256/Jpmipa.V2i1. 101

Zubaidah.S., Susriyati.M., Lia. Y., dkk. (2017). Buku Siswa Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Kemendikbud.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-11-30

How to Cite

Arsyad, A. A., Taufiqqurrahman, T., Rahman, S., & Saparuddin, S. (2023). Penggunaan Model Discovery Learning dan Media Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(1), 158–168. https://doi.org/10.53624/ptk.v4i1.301