Peningkatan Hasil Belajar melalui Kepercayaan Diri Siswa Menggunakan Metode Think Pair Share

Authors

  • Dede Rizal Munir STAI Dr. KH. EZ. Muttaqien Purwakarta
  • Jamil Malia STAI Dr. KH. EZ. Muttaqien Purwakarta
  • Siti Aqila Septiyani STAI Dr. KH. EZ. Muttaqien Purwakarta
  • Yulianawati STAI Dr. KH. EZ. Muttaqien Purwakarta
  • Lala Undari STAI Dr. KH. EZ. Muttaqien Purwakarta

DOI:

https://doi.org/10.53624/ptk.v4i1.303

Keywords:

hasil belajar, kepercayaan diri, metode think pair share

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan metode Think Pair Share yang  dapat meningkatkan hasil belajar melalui peningkatan kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran Fikih di MA YPIA Cikeris. Metode penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang melibatkan Siswa kelas XI IIS di MA YPIA Cikeris berjumlah 37 orang. Model penelitian tindakan kelas (PTK) yang digunakan terdiri dari beberapa tahapan yaitu: perencanaan (plan), pelaksanaan (action), pengamatan (observe) dan refleksi. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, yaitu terdapat 1 sesi/pertemuan dalam setiap siklusnya. Peneliti mengumpulkan data dengan metode observasi, dokumentasi dan catatan lapangan. Hasilnya adalah terdapat peningkatan prestasi belajar siswa melalui peningkatan kepercayaan diri siswa. Dimana kepercayaan diri pada siswa MA YPIA Cikeris kelas XI IIS dalam belajar Fikih setelah diberikan petunjuk dengan menggunakan metode Think Pair Share pada siklus I dan siklus II sehingga berdampak positif pada peningkatan hasil belajar siswa.

References

Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.

Asiyah, A., Walid, A., & Kusumah, R. G. T. (2019). Pengaruh rasa percaya diri terhadap motivasi berprestasi siswa pada mata pelajaran IPA. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(3), 217–226. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p217-226

Ghufron, M. N., & Suminta, R. R. (2012). Gaya belajar: Kajian teoritik.

Hakim, T. (2002). Mengatasi Rasa Tidak Pecaya Diri. Jakarta: Puspa Sawara.

Herwina, W. (2021). OPTIMALISASI KEBUTUHAN MURID DAN HASIL BELAJAR DENGAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2). https://doi.org/10.21009/PIP.352.10

Indonesia, P. R. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Pemerintah Republik Indoensia.

Irianto, H. A. (2017). Pendidikan sebagai investasi dalam pembangunan suatu bangsa. Kencana.

Luthfi, T., & Munir, D. R. (2021). Hubungan Mata Pelajaran Muatan Lokal Bahasa Arab Terhadap Kemampuan Baca Tulis Al-Quran Pada Siswa Kelas IX (Sembilan) SMP Al-Ihsan. Kalamuna: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 2(2), 172–185. https://doi.org/10.52593/klm.02.2.05

Mollah, Moch. K. (2019). Kepercayaan Diri dalam Peningkatan Keterampilan Komunikasi. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 9(1), 1–20. https://doi.org/10.54180/elbanat.2019.9.1.1-20

Munir, D. R. (2023). Analisis Penggunaan Kamus dalam Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Peserta Didik di kelas XI MIA di MA Al-Muthohhar. JURNAL ILMIAH RESEARCH STUDENT, 1(1), 229–242.

Munir, D. R., & Fauzi, A. R. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Memahami Qowaid Ilmu Nahwu Dengan Menggunakan Media Rumus Arab Pegon. JURNAL ILMIAH RESEARCH STUDENT, 1(1), 221–228.

Munir, D. R., & Nurmawati, E. (2023). Metode Reward Dan Punishment Upaya Meningkatkan Penguasaan Mufrodat Bahasa Arab. JURNAL ILMIAH RESEARCH STUDENT, 1(2), 14–27.

Permendiknas, R. (2007). Nomor 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan Dasar dan Menengah.

Pratiwi, S. (2018). Pengaruh Prestasi Belajar Terhadap Kepercayaan Diri Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Mlati. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 4(6), 267–273. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v5i3.646

Tanjung, Z., & Amelia, S. (2017). Menumbuhkan kepercayaan diri siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2). https://doi.org/10.29210/3003205000

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-11-30

How to Cite

Munir, D. R., Malia, J., Septiyani, S. A., Yulianawati, Y., & Undari, L. (2023). Peningkatan Hasil Belajar melalui Kepercayaan Diri Siswa Menggunakan Metode Think Pair Share. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(1), 169–177. https://doi.org/10.53624/ptk.v4i1.303