Peningkatan Hasil Belajar melalui Kepercayaan Diri Siswa Menggunakan Metode Think Pair Share
DOI:
https://doi.org/10.53624/ptk.v4i1.303Keywords:
hasil belajar, kepercayaan diri, metode think pair shareAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan metode Think Pair Share yang dapat meningkatkan hasil belajar melalui peningkatan kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran Fikih di MA YPIA Cikeris. Metode penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang melibatkan Siswa kelas XI IIS di MA YPIA Cikeris berjumlah 37 orang. Model penelitian tindakan kelas (PTK) yang digunakan terdiri dari beberapa tahapan yaitu: perencanaan (plan), pelaksanaan (action), pengamatan (observe) dan refleksi. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, yaitu terdapat 1 sesi/pertemuan dalam setiap siklusnya. Peneliti mengumpulkan data dengan metode observasi, dokumentasi dan catatan lapangan. Hasilnya adalah terdapat peningkatan prestasi belajar siswa melalui peningkatan kepercayaan diri siswa. Dimana kepercayaan diri pada siswa MA YPIA Cikeris kelas XI IIS dalam belajar Fikih setelah diberikan petunjuk dengan menggunakan metode Think Pair Share pada siklus I dan siklus II sehingga berdampak positif pada peningkatan hasil belajar siswa.Downloads
References
Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.
Asiyah, A., Walid, A., & Kusumah, R. G. T. (2019). Pengaruh rasa percaya diri terhadap motivasi berprestasi siswa pada mata pelajaran IPA. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(3), 217–226. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p217-226
Ghufron, M. N., & Suminta, R. R. (2012). Gaya belajar: Kajian teoritik.
Hakim, T. (2002). Mengatasi Rasa Tidak Pecaya Diri. Jakarta: Puspa Sawara.
Herwina, W. (2021). OPTIMALISASI KEBUTUHAN MURID DAN HASIL BELAJAR DENGAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2). https://doi.org/10.21009/PIP.352.10
Indonesia, P. R. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Pemerintah Republik Indoensia.
Irianto, H. A. (2017). Pendidikan sebagai investasi dalam pembangunan suatu bangsa. Kencana.
Luthfi, T., & Munir, D. R. (2021). Hubungan Mata Pelajaran Muatan Lokal Bahasa Arab Terhadap Kemampuan Baca Tulis Al-Quran Pada Siswa Kelas IX (Sembilan) SMP Al-Ihsan. Kalamuna: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 2(2), 172–185. https://doi.org/10.52593/klm.02.2.05
Mollah, Moch. K. (2019). Kepercayaan Diri dalam Peningkatan Keterampilan Komunikasi. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 9(1), 1–20. https://doi.org/10.54180/elbanat.2019.9.1.1-20
Munir, D. R. (2023). Analisis Penggunaan Kamus dalam Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Peserta Didik di kelas XI MIA di MA Al-Muthohhar. JURNAL ILMIAH RESEARCH STUDENT, 1(1), 229–242.
Munir, D. R., & Fauzi, A. R. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Memahami Qowaid Ilmu Nahwu Dengan Menggunakan Media Rumus Arab Pegon. JURNAL ILMIAH RESEARCH STUDENT, 1(1), 221–228.
Munir, D. R., & Nurmawati, E. (2023). Metode Reward Dan Punishment Upaya Meningkatkan Penguasaan Mufrodat Bahasa Arab. JURNAL ILMIAH RESEARCH STUDENT, 1(2), 14–27.
Permendiknas, R. (2007). Nomor 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan Dasar dan Menengah.
Pratiwi, S. (2018). Pengaruh Prestasi Belajar Terhadap Kepercayaan Diri Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Mlati. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 4(6), 267–273. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v5i3.646
Tanjung, Z., & Amelia, S. (2017). Menumbuhkan kepercayaan diri siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2). https://doi.org/10.29210/3003205000
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dede Rizal Munir, Jamil Malia, Siti Aqila Septiyani, Yulianawati, Lala Undari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0