Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Kajian Pengembangan Kurikulum Pendidikan Dasar
DOI:
https://doi.org/10.53624/ptk.v4i1.315Keywords:
kurikulum merdeka, pengembangan kurikulum, pendidikan dasarAbstract
Pasca pandemi Covid-19, proses pembelajaran sudah berjalan seperti sedia kala, namun dalam prosesnya siswa sudah terpengaruh dengan kebiasaan model pembelajaran daring, dimana yang terjadi hanya proses pembelajaran atau transfer ilmu saja dan tidak ada yang bisa menjamin bahwa siswa atau siswa akan mendapatkan pendidikan karakter dari kedua orang tuanya sesuai dengan nilai-nilai yang telah diajarkan oleh lembaga pendidikan. Berdasarkan hal tersebut, Pemerintah khususnya Kementerian Pendidikan Nasional perlu mengembangkan kurikulum merdeka yang diharapkan mampu mengatasi permasalahan sistem pendidikan nasional yang terdampak pandemi dengan menekankan pada bebrapa prinsip yaitu pembelajaran intrakurikuler dilaksanakan secara berdiferensiasi sehingga siswa mempunyai waktu yang cukup untuk memperdalam konsep dan memperkuat kompetensi. Hal ini juga memberikan keleluasaan bagi guru untuk memilih perangkat pengajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswanya; Disamping itu, ada prinsip pembelajaran ko-kurikuler berbentuk proyek penguatan Profil Siswa Pancasila, dengan prinsip pembelajaran interdisipliner yang berorientasi pada pengembangan karakter dan kompetensi umum; dan juga pembelajaran ekstrakurikuler dilaksanakan sesuai dengan minat siswa dan sumber daya satuan pendidikan.
Downloads
References
Andari, Eni. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Menggunakan Learning Management System (LMS). Allimna: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Volume 1(2).
Aisyah, Siti. 2021. “Dampak Psikologis Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Di MIN 1 Sumenep.” Jurnal Pusaka: Media Kajian Dan Pemikiran Islam - LP3M IAI Al Qolam 11(2).
Huda, Nurul. 2019. “Pendekatan–Pendekatan Pengembangan Kurikulum.” Qudwatunâ : Jurnal Pendidikan Islam 2(2).
Inayati, Ummi. (2022). Konsep dan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Abad-21 di SD/MI. ICIE: International Conference on Islamic Education 2(1).
Jaya, Muh. Ilham. 2021. “Menurunnya Tren Kasus Covid-19 Di Indonesia Juga Menurunkan Kualitas Pembelajaran.” Retrieved (https://www.iainpare.ac.id/en/blog/news-1/).
Kemendikbud. 2023. “Latar Belakang Kurikulum Merdeka.” Retrieved (https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/6824331505561).
Kemendikbud Ristek Dikti RI No.262. 2022. Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia No. 262/M/2022 Tentang Perubahan Atas Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor 56/M/2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.
Komariah, Aan, and Djam’an Satori. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Madhakomala, et al. (2022). Kurikulum Merdeka Dalam Perspektif Pemikiran Pendidikan Paulo Freire. At-Ta`lim : Jurnal Pendidikan 8(2).
Mubarak, Ruma. 2022. “Pengembangan Kurikulum Sekolah Dasar.” Journal Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Nasution. 1990. Pengembangan Kurikulum. Bandung: Citra Aditya Bakti.
Nugraha, Tono Supriatna. (2022). Kurikulum Merdeka untuk pemulihan krisis pembelajaran. Jurnal Inovasi Kurikulum 19(2).
Patton, Michael Quinn. 2006. Metode Evaluasi Kualitatif. Yogyakarta: Diva Press.
Prasetyo, Arif Rahman, and Tasman Hamami. 2020. “Prinsip-Prinsip Dalam Pengembangan Kurikulum.” PALAPA: Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan STIT Palapa Nusantara Lombok NTB 8(1).
Rindayati, E., Putri, C. A. D., & Damariswara, R. (2022). Kesulitan calon pendidik dalam mengembangkan perangkat pembelajaran pada kurikulum merdeka. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(1), 18-27.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2017. Pengembangan Kurikulum Teori Dan Praktek. Jakarta: Remaja Rosdakarya.
Sumarsih, Ineu., et al. Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu Volume 6(5).
Usanto, S. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa. Cakrawala–Repositori IMWI 5(2).
UU-RI No.20. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Zakso, Amrazi . (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora 13(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sukarni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0