Peningkatan Kinerja Guru melalui Optimalisasi Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dasar

Authors

  • Suhardi Universitas Doktor Nugroho Magetan

DOI:

https://doi.org/10.53624/ptk.v4i1.317

Keywords:

kinerja guru, kompetensi manajerial, kepala sekolah

Abstract

Fenomena yang terjadi pada SDN Kincang 03 Jiwan Kabupaten Madiun berdasarkan hasil pengamatan penulis bahwa kepala sekolah jarang mengadakan rapat dengan personil sekolah untuk membicarakan tentang kemajuan sekolah, khususnya membahas tentang peningkatan kinerja guru baik berkenaan dengan dengan program, pelaksanaan dan maupun hasil pencapaian tentang pelaksanaan supervisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hasil peningkatan kinerja Guru Kelas IV SDN Kincang 03 dengan mengambil objek serta narasumber Kepala Sekolah dan Guru Kelas IV. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa proses penerapan manajerial Kepala Sekolah dalam meningkatkan kinerja guru Kelas IV di SDN Kincang 03 Jiwan meliputi penyusunan rencana kegiatan, memimpin guru dan staf, pengelolaan sarana dan prasarana dengan baik, penciptaan budaya dan iklim kerja yang kondusif. Faktor pendukung dan penghambat proses penerapan manajerial Kepada Sekolah dalam meningkatkan kinerja guru Kelas IV di SDN Kincang 03 Jiwan yaitu dengan kemampuan manajerial Kepala Sekolah mampu untuk meningkatkan kinerja Guru, melalui menciptakan tertib administrasi, lingkungan yang kondusif, sarana dan prasarana yang memadai dan dukungan warga sekolah. Di samping itu, penghambatnya adalah keterbatasan media pembelajaran, sebagian guru belum menguasai teknologi pendidikan dan metode pembelajaran yang digunakan belum tepat. Solusinya adalah pengadaan media pembelajaran, perlu diadakan pengarahan serta pelatihan kepada guru dan tenaga kependidikan sehingga dapat menguasai teknologi pendidikan dan menerapkan metode pembelajaran dengan baik. Hasil proses penerapan manajerial Kepala Sekolah dalam meningkatkan kinerja guru Kelas IV di SDN Kincang 03 Jiwan sudah baik. Hal ini dilihat dari penilaian kinerja Guru melalui evaluasi nilai dengan rata-rata 61.25 kemudian pada akhir penelitian meningkat menjadi 80.00.

References

Danim, Sudarwan, and Suparno. 2019. Manajemen Dan Kepemimpinan Transformasional Kekepala Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Djafar, Hamsiah, Hasmiati Eka Putri, Putri Nurbaiti, and Zulfikar Hamzah. 2021. “Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Mts Madani Pao-Pao.” Edu-Leadership 1(1).

Dzulqarnain, Hamdan. 2020. “Pengaruh Reward Dan Punishment Terhadap Kinerja Guru Di Smk Syafi’iyah Kabupaten Pemalang Tahun 2019/2020.” Universitas Islam Negeri Walisongo, Semarang.

Faisal, Adi Anwar. 2022. "Pengaruh Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Kotagede Yogyakarta". Universitas Negeri Yogyakarta

Hamalik, Oemar. 2019. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hutagaol, et.al. 2022. "Upaya Meningkatkan Kinerja Guru Melalui Reward dan Punishment di Madrasah". Edukatif:Jurnal Ilmu Pendidikan 4(1).

Komariah, Aan, and Djam’an Satori. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Kunandar. 2017. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Moleong, Lexy J. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. 2021. Manajemen Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Rinekso, Fadli. 2021. "Implementasi Reward Dan Punishment Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di SDIT Al Muhsin Metro". Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Sopiah, Siti., Herman Maman. 2018. "Pengaruh Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah dan Budaya Kerja Guru Terhadap Kompetensi Guru". Indonesian Journal of Education Management and Administration Review 2(2).

Suryosubroto. 2018. Manajemen Pendidikan Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Suyadi. 2018. Panduan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.

Uno, Hamzah B. 2019. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif Dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

UU-RI No.20. 2003. ““Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.””

Uzer, Usman. 2017. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wahyudi. 2019. Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Organisasi Pembelajar (Learning Organization). Bandung: Alfabeta.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-11-30

How to Cite

Suhardi, S. (2023). Peningkatan Kinerja Guru melalui Optimalisasi Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dasar. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(1), 215–228. https://doi.org/10.53624/ptk.v4i1.317