Metode Pembelajaran Reading Guide dalam Meningkatkan Pemahaman Alkitab

Authors

  • Andrias Saba Institut Agama Kristen Negeri Kupang
  • Ezra Tari Indonesia
  • Doni Ariani Leowandri Liu Institut Agama Kristen Negeri Kupang

DOI:

https://doi.org/10.53624/ptk.v4i2.324

Keywords:

pembelajaran, reading guide, pemahaman

Abstract

Pemahaman Alkitab diupayakan dalam sebuah pembelajaran. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran panduan membaca terkait pengetahuan Alkitab pada Kelas Katekismus di GMIT Silo Seda. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) digunakan dalam penelitian ini, dengan cara mengamati dan mendokumentasikan. Pendekatan pembelajaran panduan membaca dapat membantu siswa GMIT Silo Seda lebih memahami Alkitab. Berdasarkan hasil penelitian, hasil belajar siswa pada siklus I masih tergolong rendah dengan persentase 70% dengan jumlah siswa katekismus yang tidak tuntas sebanyak 10 siswa (70%) dari 14 siswa katekismus yang tberpartisipasi dalam proses pembelajaran. Pada siklus II mengalami peningkatan, dimana ketuntasan pembelasan siswa mencapai 90% atau sebayak 12 siswa yang tuntas dari 14 siswa katekismus.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aeni, I. N., & Marzuki, I. (2023). Metode Pembelajaran Reading Guide untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Peserta Didik di SDN Tlogorejo. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 5(2), 141–147. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v5i2.4546

Agnesiana, B., Susanto, Mahendika, D., Rumfot, S., & Sukmawati, E. (2023). The analysis of teacher efforts to developing students interpersonal and intrapersonal intelligence in learning activities. Journal on Education, 5(4), 11661–11666. https://doi.org/10.31004/JOE.V5I4.2119

Alerta, R., & Segumpan, M. V. (2023). Guided Reading Lessons Featuring Digital Stories on Students’ Reading Comprehension (pp. 612–619). https://doi.org/10.2991/978-2-38476-056-5_59

Asari, S., Pratiwi, S. D., Ariza, T. F., Indapratiwi, H., Putriningtyas, C. A., Vebriyanti, F., Alfiansyah, I., Sukaris, S., Ernawati, E., & Rahim, A. R. (2021). PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan). DedikasiMU : Journal of Community Service, 3(4), 1139. https://doi.org/10.30587/dedikasimu.v3i4.3249

Becker, K. L., Gilbert, D., & Bezerra, P. (2024). Promoting College Reading Completion and Comprehension with Reading Guides: Lessons Learned Regarding the Role of Form, Function, and Frequency. Journal of Political Science Education, 20(1), 14–30. https://doi.org/10.1080/15512169.2023.2196634

Buehl, D. (2023). Mentoring Reading Through Disciplinary Lenses. Classroom Strategies for Interactive Learning, 28–46. https://doi.org/10.4324/9781032680842-5/MENTORING-READING-DISCIPLINARY-LENSES-DOUG-BUEHL

Endi Hidayanto, O., Wiyanto, & Purwanti, E. (2021). Problem Based Learning (Pbl) By Scaffolding and Reading Guide Model Strategies Toward the Quality of Learning. Journal of Primary Education, 10(3), 264–270. https://doi.org/10.15294/JPE.V10I2.44380

Enklaar.H.I.G.E. Homrigehausen. (2007). Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Gilbert, D., Bezerra, P., & Becker, K. L. (2023). Instruction over Incentives: Assessing Reading Strategies for International Security Studies. International Studies Perspectives. https://doi.org/10.1093/isp/ekad012

Lee, M.-H. (2020). The Effects of “Reading Guide” Course through Problem-Based Learning on Problem Solving Ability and Communication Ability. Journal of the Korean Society for Library and Information Science, 54(1), 197–221. https://doi.org/10.4275/KSLIS.2020.54.1.197

Lompoliuw, B. A., Mongdon, R. J., & Taher, J. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Reading Guide untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Freire Elementary Education Journal, 1(02), 1–7. https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/freire/article/view/6032

Machali, I. (2022). Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru? Indonesian Journal of Action Research, 1(2), 315–327. https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-21

Miller, D. (2023). Reading with Meaning : Teaching Comprehension in the Primary Grades. Reading with Meaning. https://doi.org/10.4324/9781032682242

Oliver, D. (2022). Pedagogical Approaches for Improving Reading Compliance and Discussion in Higher Education Classrooms. 56(2), 151–167. https://www.ingentaconnect.com/content/prin/csj/2022/00000056/00000002/art00005

Oudat, M. S., & Ali, B. J. A. (2021). he Effectiveness of Implementing Reading Guide to Increase Students’ performance in Financial Management Course. Elementary Education, 20(5), 415–423. https://www.researchgate.net/profile/Mohammad-Oudat-2/publication/349212209_The_Effectiveness_of_Implementing_Reading_Guide_to_Increase_Students’_performance_in_Financial_Management_Course/links/60250b18458515893997bbe5/The-Effectiveness-of-Implementing-R

Ramadhani, S., Witanto, P., Susanti, Y., & Kencanawati, D. (2022). The impact of reading guide strategy to the student’s reading comprehension in online. ELTT, 8(1), 137–143. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/eltt/article/view/2815

Robert. (2020). Petunjuk Untuk Katekese. Dewan Kepuasan Untuk Promosi Evangelisasi Baru.

Saini, F., Halimah, N., & Basala, A. H. (2021). Teaching Reading Comprehension Strategies In Descriptive Text. Journal of English Language Teaching, Linguistics, and Literature Studies, 1(2). https://doi.org/10.30984/jeltis.v1i2.1671

Saputro, K. Z. (2018). Memahami Ciri dan Tugas Perkembangan Masa Remaja. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 17(1), 25. https://doi.org/10.14421/aplikasia.v17i1.1362

Sari, S. M. P., Syailurrohma, Bahiroh, S., Aisyah, N., & Firmansyah, B. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Melalui Strategi Reading Guide Siswa Kelas 5 di SDN 1 Plumbon Kabupaten Cirebon. Action Research Journal Indonesia (ARJI), 5(1), 36–46. https://doi.org/10.61227/arji.v5i1.72

Sutomo, M. (2019). Penerapan Reading Guide Dalam Pembelajaran Di Madrasah. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 134–149. https://doi.org/10.36835/au.v1i1.169

Tubagus, S. (2022). Makna Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Perjanjian Baru. Apostolos: Journal of Theology and Christian Education, 2(2), 90–101. https://doi.org/10.52960/a.v2i2.156

Downloads

PlumX Metrics

Published

2024-04-01

How to Cite

Saba, A., Tari, E., & Liu , D. A. L. . . (2024). Metode Pembelajaran Reading Guide dalam Meningkatkan Pemahaman Alkitab. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(2), 242–252. https://doi.org/10.53624/ptk.v4i2.324

Issue

Section

Articles