Metode Pembelajaran Reading Guide dalam Meningkatkan Pemahaman Alkitab
DOI:
https://doi.org/10.53624/ptk.v4i2.324Keywords:
pembelajaran, reading guide, pemahamanAbstract
Pemahaman Alkitab diupayakan dalam sebuah pembelajaran. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran panduan membaca terkait pengetahuan Alkitab pada Kelas Katekismus di GMIT Silo Seda. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) digunakan dalam penelitian ini, dengan cara mengamati dan mendokumentasikan. Pendekatan pembelajaran panduan membaca dapat membantu siswa GMIT Silo Seda lebih memahami Alkitab. Berdasarkan hasil penelitian, hasil belajar siswa pada siklus I masih tergolong rendah dengan persentase 70% dengan jumlah siswa katekismus yang tidak tuntas sebanyak 10 siswa (70%) dari 14 siswa katekismus yang tberpartisipasi dalam proses pembelajaran. Pada siklus II mengalami peningkatan, dimana ketuntasan pembelasan siswa mencapai 90% atau sebayak 12 siswa yang tuntas dari 14 siswa katekismus.
Downloads
References
Aeni, I. N., & Marzuki, I. (2023). Metode Pembelajaran Reading Guide untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Peserta Didik di SDN Tlogorejo. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 5(2), 141–147. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v5i2.4546
Agnesiana, B., Susanto, Mahendika, D., Rumfot, S., & Sukmawati, E. (2023). The analysis of teacher efforts to developing students interpersonal and intrapersonal intelligence in learning activities. Journal on Education, 5(4), 11661–11666. https://doi.org/10.31004/JOE.V5I4.2119
Alerta, R., & Segumpan, M. V. (2023). Guided Reading Lessons Featuring Digital Stories on Students’ Reading Comprehension (pp. 612–619). https://doi.org/10.2991/978-2-38476-056-5_59
Asari, S., Pratiwi, S. D., Ariza, T. F., Indapratiwi, H., Putriningtyas, C. A., Vebriyanti, F., Alfiansyah, I., Sukaris, S., Ernawati, E., & Rahim, A. R. (2021). PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan). DedikasiMU : Journal of Community Service, 3(4), 1139. https://doi.org/10.30587/dedikasimu.v3i4.3249
Becker, K. L., Gilbert, D., & Bezerra, P. (2024). Promoting College Reading Completion and Comprehension with Reading Guides: Lessons Learned Regarding the Role of Form, Function, and Frequency. Journal of Political Science Education, 20(1), 14–30. https://doi.org/10.1080/15512169.2023.2196634
Buehl, D. (2023). Mentoring Reading Through Disciplinary Lenses. Classroom Strategies for Interactive Learning, 28–46. https://doi.org/10.4324/9781032680842-5/MENTORING-READING-DISCIPLINARY-LENSES-DOUG-BUEHL
Endi Hidayanto, O., Wiyanto, & Purwanti, E. (2021). Problem Based Learning (Pbl) By Scaffolding and Reading Guide Model Strategies Toward the Quality of Learning. Journal of Primary Education, 10(3), 264–270. https://doi.org/10.15294/JPE.V10I2.44380
Enklaar.H.I.G.E. Homrigehausen. (2007). Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia.
Gilbert, D., Bezerra, P., & Becker, K. L. (2023). Instruction over Incentives: Assessing Reading Strategies for International Security Studies. International Studies Perspectives. https://doi.org/10.1093/isp/ekad012
Lee, M.-H. (2020). The Effects of “Reading Guide” Course through Problem-Based Learning on Problem Solving Ability and Communication Ability. Journal of the Korean Society for Library and Information Science, 54(1), 197–221. https://doi.org/10.4275/KSLIS.2020.54.1.197
Lompoliuw, B. A., Mongdon, R. J., & Taher, J. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Reading Guide untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Freire Elementary Education Journal, 1(02), 1–7. https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/freire/article/view/6032
Machali, I. (2022). Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru? Indonesian Journal of Action Research, 1(2), 315–327. https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-21
Miller, D. (2023). Reading with Meaning : Teaching Comprehension in the Primary Grades. Reading with Meaning. https://doi.org/10.4324/9781032682242
Oliver, D. (2022). Pedagogical Approaches for Improving Reading Compliance and Discussion in Higher Education Classrooms. 56(2), 151–167. https://www.ingentaconnect.com/content/prin/csj/2022/00000056/00000002/art00005
Oudat, M. S., & Ali, B. J. A. (2021). he Effectiveness of Implementing Reading Guide to Increase Students’ performance in Financial Management Course. Elementary Education, 20(5), 415–423. https://www.researchgate.net/profile/Mohammad-Oudat-2/publication/349212209_The_Effectiveness_of_Implementing_Reading_Guide_to_Increase_Students’_performance_in_Financial_Management_Course/links/60250b18458515893997bbe5/The-Effectiveness-of-Implementing-R
Ramadhani, S., Witanto, P., Susanti, Y., & Kencanawati, D. (2022). The impact of reading guide strategy to the student’s reading comprehension in online. ELTT, 8(1), 137–143. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/eltt/article/view/2815
Robert. (2020). Petunjuk Untuk Katekese. Dewan Kepuasan Untuk Promosi Evangelisasi Baru.
Saini, F., Halimah, N., & Basala, A. H. (2021). Teaching Reading Comprehension Strategies In Descriptive Text. Journal of English Language Teaching, Linguistics, and Literature Studies, 1(2). https://doi.org/10.30984/jeltis.v1i2.1671
Saputro, K. Z. (2018). Memahami Ciri dan Tugas Perkembangan Masa Remaja. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 17(1), 25. https://doi.org/10.14421/aplikasia.v17i1.1362
Sari, S. M. P., Syailurrohma, Bahiroh, S., Aisyah, N., & Firmansyah, B. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Melalui Strategi Reading Guide Siswa Kelas 5 di SDN 1 Plumbon Kabupaten Cirebon. Action Research Journal Indonesia (ARJI), 5(1), 36–46. https://doi.org/10.61227/arji.v5i1.72
Sutomo, M. (2019). Penerapan Reading Guide Dalam Pembelajaran Di Madrasah. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 134–149. https://doi.org/10.36835/au.v1i1.169
Tubagus, S. (2022). Makna Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Perjanjian Baru. Apostolos: Journal of Theology and Christian Education, 2(2), 90–101. https://doi.org/10.52960/a.v2i2.156
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Andrias Saba, Ezra Tari, Doni Ariani Leowandri Liu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0