Penerapan Metode ODOA dalam Meningkatkan Hasil Belajar Menghafal Siswa Kelas VII B MTs Al-Jauharen Kota Jambi
DOI:
https://doi.org/10.53624/ptk.v4i2.325Keywords:
ODOA Method, Memorization Learning Outcomes, Juz 30Abstract
Capaian pembelajaran terbaik dari menghafal Al-Qur'an dan aktivitas siswa harus ditaklukkan dengan menggunakan teknik yang tepat karena terkait dengan kapasitas siswa untuk mengartikulasikan setiap ayat yang dihafal. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektifitas penerapan metode ODOA alam meningkatkan hasil hafalan siswa kelas VII B Juz 30 di MTs Al-Jauharen Kota Jambi melalui proyek penelitian tindakan kelas kolaboratif. Konten dimodifikasi untuk mengikuti RPP sekolah. 21 siswa di kelas VII B bertugas sebagai subjek penelitian. Melalui tes dan observasi, kemudian data dikumpulkan dan analisis secara deskriptif. Temuan penelitian adalah 21 hasil belajar menghafal siswa untuk Al-Qur'an juz 30 meningkat secara signifikan dengan pendekatan ODOA. Hal ini jelas dari awal implementasi siklus I hingga akhir siklus II. Siswa kelas VII B mengalami peningkatan kemampuan menghafal ketika pendekatan ODOA diterapkan. Kenaikan dari 61,9% (13 siswa) pada siklus I menjadi 76,2% (16 siswa) pada siklus II. Nilai rata-rata siswa meningkat dari 73 pada siklus I menjadi 78 pada siklus II.
Downloads
References
Ana, Retnoningsih & Suharso. (2014). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Lux Index. Semarang: Widya Karya.
Anwar, K., & Hafiyana, M. (2018). Implementasi Metode ODOA (One Day One Ayat) dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal al-Quran. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.35316/jpii.v2i2.71
Budiono, B. (2018). IMPLEMENTASI METODE ONE DAY ONE AYAT (ODOA) DALAM MENINGKATKAN HAFALAN SURAT PENDEK DALAM ALQUR’AN PADA SISWA TUNANETRA DI SDLB PUTRA MANUNGGAL GOMBONG. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.20961/jdc. v2i2.23918
Cherry, K. (2023). How to Learn More Effectively 10 Learning Techniques to Try. New York: Verywell mind. https://www.verywellmind.com/how-to-become-a-more-effective-learner -2795162
Chotibuddin, Z. A. & M. (2018). Teori dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas: (PTK). Yogyakarta: Deepublish.
Derek Book Center, T. (2024). HOW MEMORY WORKS. Cambridge: Harvard Univesity. https://bokcenter.harvard.edu/how-memory-works#:~:text=There%20are%20three%20 main%20processes,through%20which%20information%20is%20learned.
Dirman. (2014). Penilaian dan Evaluasi dalam Rangka Implementasi Standar Proses Pendidikan Sisswa. Jakarta: Rineka Cipta.
Idrus, P. Q. A., Musi, M. A., & Bachtiar, M. Y. (2022). PENGARUH MENGHAFAL AL-QUR’AN METODE ONE DAY ONE AYAT TERHADAP PENINGKATAN DAYA INGAT ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK MALIMPUNG PATAMPANUA PINRANG. AL IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), Article 2.
MA, H. A. A. (2020). Panduan Tahsin Tilawah Al-Qur’an & Ilmu Tajwid. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.
Maesaroh, S. (2013). PERANAN METODE PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Jurnal Kependidikan, 1(1), 150–168. https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.536
Mawarni, M. I., & Ashadi, F. (2020). Upaya Meningkatkan Daya Ingat Anak dalam Menghafal Al-Qur’an Melalui Metode One Day One Ayat (ODOA) di PAUD Aster 23 Jember. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 4(1), Article 1. https://doi.org/10.31537/jecie.v4i1.492
Mualimin, M., & Cahyadi, R. A. H. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik. Sidoarjo: Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Nisa’, K., & Chotimah, C. (2020). EFEKTIVITAS METODE ODOA (ONE DAY ONE AYAT) DALAM MENGHAFAL ALQURAN DI SMP MBAH BOLONG JOMBANG. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 8(4), 281–281. Retrieved March 29, 2024, from https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/2168
Qamaria, R. S., & Astuti, F. (2023). Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Remaja Melalui Konseling Behavioral Dengan Teknik Self Management. Proyeksi, 18(1), 1-22.
Shahih, T. (2015). Al-Qur’an Tajwid Warna, Terjemah Indonesia: Plus Transliterasi Latin. Jakarta: Shahih.
Siu, J. (2020). Memory Retention. https://www.curioustem.org/stem-articles/memory-retention
Sudjana, N. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar (Bandung). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wijaya, C., Syahrum, S., & Ananda, R. (2013). Penelitian Tindakan Kelas: Melejitkan Kemampuan Penelitian Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guru. Bandung: Citapustaka Media Perintis.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nanang Qosim Al Masquri Masquri, Raoda Tul Jannah Maruddani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0