Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Papan Waktu untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Satuan Waktu
DOI:
https://doi.org/10.53624/ptk.v4i2.353Keywords:
problem based learning, media papan waktu, hasil belajar, satuan waktuAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran matematika materi satuan waktu, sehingga banyak peserta didik yang belum mencapai batas minimum (KKM). Penilitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran matematika materi satuan waktu melalui model problem based learning berbantuan papan waktu di kelas 1. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang melalui 2 siklus yang melibatkan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pada tahap perencanaan, dirancang dengan pembelajaran mempertimbangkan karakteristik peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Tindakan pembelajaran dengan menggunakan Model PBL berbantuan media papan waktu. Observasi yang dilakukan untuk melihat perkembangan peserta didik selama pembelajaran berlangsung. Saat melakukan kegiatan refleksi dan melihat hasil yang diperoleh peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL berbantuan media papan waktu dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi satuan waktu. Peserta didik mengalami peningkatan konsep satuan waktu dalam melakukan perhitungan waktu dan kemampuan dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan satuan waktu. Model ini memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran dan memvisualisasikan secara konkret dalam kehidupan sehari-hari. Temuan ini menyatakan bahwa Model PBL berbantuan papan waktu adalah alternatif yang efektif dalam mengajar materi satuan waktu kepada peserta didik kelas 1.
Downloads
References
Afandi, M. (2018). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(1), 1-19. Http://Dx.Doi.Org/10.30659/Pendas.1.1.1-19.
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rieksa Cipta.
Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2021). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292–299.
Farida, N., Hasanudin, H., & Suryadinata, N. (2019). Problem Based Learning (PBL) – Qr-Code Dalam Peningkatan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 225–236.
Fauzia, H. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 40.
Ginanjar, A. Y. (2019). Pentingnya Penguasaan Konsep Matematika Dalam Pemecahan Masalah Matematika Di SD. Jurnal Pendidikan UNIGA, 13 (1), 121-129.
Junaeda, I., Passinggi, S.Y. And Muslimin (2022) ‘Penggunaan Media Papan Dan Kartu Satuan Waktu Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas Tiga Di Kabupaten Maros’, Pinisi Journal Of Education, 1(1).
Kemmis, S., Mctaggart, R., Nixon, R., Kemmis, S., Mctaggart, R., & Nixon, R. (2014). Introducing Critical Participatory Action Research. The Action Research Planner: Doing Critical Participatory Action Research, 1–31.
Khadijah, S. Et Al. (2023) ‘Workshop Penggunaan Media Papan Waktu Pada Kelas Iii Di Sd It Ulul Albab’, Jurnal Pengabdian Masyarakat Bhinneka (Jpmb), 1(3). Available At: Https://Doi.Org/10.58266/Jpmb.V1i3.51.
Kusumawardani D.R., Wardono, W., & Kartono, K. (2018). Pentingnya Penalaran Matematika Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika 1 588-595.
Manurung, A.A. And Laoli, D. (2021) ‘The Effect Of Problem Based Learning Model On Learning Motivation And Understanding Of Mathematical Concept Students Of SMP Negeri 2 Tuhemberua’, Al’adzkiya International Of Education And Sosial (Aioes) Journal, 2(2), Pp. 170–196.
Available At: Https://Doi.Org/10.55311/Aioes.V2i2.127.
Marsinah, E.N. Dkk (2019). Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis. Seminar Nasional Pendidikan, 1.
Nafiah, Y. N., & Suyanto, W. (2014). Penerapan Model Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1), 125–143
Ningrum, W. R. (2016). Pengaruh Peranan Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) Di Kecamatan Bogor Barat. Jurnal Pendidikan, 17(2), 129–137.
Ningsih, P. R., Hidayat, A., & Kusairi, S. (2018). Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Kelas III. Jurnal Pendidikan, 3(12), 1587–1593.
Nofziarni, A., Hadiyanto, H., Fitria, Y., & Bentri, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 2016–2024.
Permatasari, B. D., Gunarhadi, & Riyadi. (2019). The Influence Of Problem Based Learning Towards Social Science Learning Outcomes Viewed From Learning Interest. International Journal Of Evaluation And Research In Education, 8(1), 39–46.
Priani, I., Manuaba, I. B. S., & Darsana, I. W. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasi
Puspitasari, D., Ulfah, M., Ramadhan, I., & Wijayati , Y. F. D. R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Media Games Dadu dan Kahoot terhadap Hasil Belajar. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(1), 135–148. https://doi.org/10.53624/ptk.v4i1.295
Putri, C. D., Wahid, A. R., & Sunaryo, H. (2023). PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN MODEL PBL BERBANTUAN BOOKLET PADA SISWA KELAS 1 SDN PURWANTORO 2. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 1079–1090.
Sulistiana, I. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN Blimbing Kabupaten Kediri. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(2), 127–133. https://doi.org/10.53624/ptk.v2i2.50
Susilo, S. V. (2018). Refleksi Nilai-Nilai Pendidikan Ki Hadjar Dewantara Dalam Upaya-Upaya Mengembalikan Jati Diri Pendidikan Indonesia. Cakrawala Pendas, 4(1), 266411. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.31949/Jcp.V4i1.710
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Megalena Anggraheni, Muhammad Saifuddin Zuhri, Sumarmiyati Sumarmiyati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0