Meningkatkan Prestasi Belajar dalam Pembelajaran Al-Qur'an Hadits Menggunakan Strategi Index Card Match di MI Nurul Huda Cinyawang

Authors

  • Yunita Sari Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Moh. Roqib Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.53624/ptk.v4i2.363

Keywords:

prestasi belajar, hukum bacaan mim sukun, strategi indeks card match

Abstract

Abstrak—Capaian pembelajaran siswa kelas V MI Nurul Huda Cinyawang, Kecamatan Patimuan, Kabupaten Cilacap masih rendah. Jumlah mahasiswa yang telah menyelesaikan pembelajaran dari 13 mahasiswa baru sebanyak 5 mahasiswa sehingga hasil tersebut belum mampu mencapai KKM yang telah ditentukan yaitu mahasiswa yang telah menyelesaikan pembelajaran > 70. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan strategi Index Card Match dalam pelajaran Hadits Al-Qur'an pada Hukum Bacaan Mim Sukun di Kelas V MI Nurul Huda Cinyawang. Penelitian ini merupakan studi class Action dalam dua siklus. Setiap silus terdiri dari identifikasi masalah, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data meliputi: (1) tes; (2) pengamatan; (3) wawancara; dan (4) dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan menyimpulkan bahwa: 1) penerapan strategi Index Card Match terbukti meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Hadits Al-Qur'an, materi hukum bacaan Mim Sukun di kelas V MI Nurul Huda Cinyawang, dan 2) dari penelitian disimpulkan bahwa dalam kajian Hadits Al-Qur'an terbukti mampu meningkatkan hasil belajar siswa.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, A. M. (2019). Kreativitas guru menggunakan model pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 11(2), 225-238.

Assya’bani, R., Sari, A., Hafizah, E., Hasanah, F., & Marniyah, M. (2021). Pembelajaran tajwid dan tahsin Al-Qur’an dengan metode Qira’ati di rumah belajar mahasiswa kkn Desa Hambuku Hulu. Al-Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1-12.

Choli, I. (2019). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Islam. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 35-52.

Gafur, A., Nurhasan, N., Switri, E., & Apriyanti, A. (2023). PENTINGNYA ILMU TAJWID DALAM MEMPELAJARI AL-QUR’AN. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 13337-13343.

Hermanto, B. (2020). Perekayasaan sistem pendidikan nasional untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Foundasia, 11(2).

jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1-9.

Kirana, H. C., & Wibisono, I. S. (2023). Aplikasi Edukasi Islam Berbasis Android: Pengenalan Huruf Hijaiyah dan Hukum Tajwid dengan Metode Waterfall di TPQ Sidiq Al-Musirun. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(4), 773-792.

L Lafendry, F. (2023). URGENSI PENELITIAN TINDAKAN KELAS DALAM LINGKUP PENDIDIKAN. Tarbawi: Jurnal pemikiran dan Pendidikan Islam, 6(2), 142-150.

Nurlaela, E. S., Rahmawati, A., Fikri, A., Rahayu, E. B., Al-ansori, A. M., & Baktiar, S. W. (2023). Hakikat Penelitian Tindakan Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(2), 124-139.

Pauziah, N., Alfaqih, B., Hoirunnisa, F., Sadiyah, M. S., & Khoerunnisa, N. I. (2023). Kendala-Kendala dalam Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(1), 39-47

Rahmadani, A., Harahap, F. K. S., Ulkaira, N., Azhari, Y., & Hasibuan, S. (2024). Efektivitas Penggunaan Strategi Pembelajaran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di SD Negeri 060822 Medan. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 2(1), 54-71.

Rambe, A. A., & Rahma, F. (2020). Program pengenalan ilmu tajwid melaui media pembelajaran pohon ilmu. Maslahah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 105-115.

Ridha Yayank Wijayanti, A., & Arafat, A. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Perencanaan Hutan melalui Model Pembelajaran Collaborative Learning. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(2), 122–130. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i2.147

Safitri, E., Adriati, I., Arifmiboy, A., & Charles, C. (2022). Kreativitas Guru Dalam Meningkatkan Penguasaan Ilmu Tajwid Siswa Di Tpa Al-Mukminin Base Camp Kabupaten Pasaman Barat. KOLONI, 1(3), 474-480.

Santoso, S. A. (2020). Pengaruh Hafalan Ayat AL-Qur’an terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata PelajaranAl-Qur’an Hadits Di Madrasah Ibtidaiyah Al-Azhar Serabi Barat Bangkalan. Jurnal Annaba'STIT Muhammadiyah Paciran, 6(2), 155-190.

Zain, L. A., Surur, S., & Said, A. (2023). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’ AN DI SMP RADEN RAHMAT BALONGBENDO SIDOARJO. Education, Learning, and Islamic Journal, 5(1), 1-23.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2024-05-11

How to Cite

Sari, Y., & Roqib , M. (2024). Meningkatkan Prestasi Belajar dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Menggunakan Strategi Index Card Match di MI Nurul Huda Cinyawang. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(2), 316–326. https://doi.org/10.53624/ptk.v4i2.363

Issue

Section

Articles