Meningkatkan Prestasi Belajar dalam Pembelajaran Al-Qur'an Hadits Menggunakan Strategi Index Card Match di MI Nurul Huda Cinyawang
DOI:
https://doi.org/10.53624/ptk.v4i2.363Keywords:
prestasi belajar, hukum bacaan mim sukun, strategi indeks card matchAbstract
Abstrak—Capaian pembelajaran siswa kelas V MI Nurul Huda Cinyawang, Kecamatan Patimuan, Kabupaten Cilacap masih rendah. Jumlah mahasiswa yang telah menyelesaikan pembelajaran dari 13 mahasiswa baru sebanyak 5 mahasiswa sehingga hasil tersebut belum mampu mencapai KKM yang telah ditentukan yaitu mahasiswa yang telah menyelesaikan pembelajaran > 70. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan strategi Index Card Match dalam pelajaran Hadits Al-Qur'an pada Hukum Bacaan Mim Sukun di Kelas V MI Nurul Huda Cinyawang. Penelitian ini merupakan studi class Action dalam dua siklus. Setiap silus terdiri dari identifikasi masalah, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data meliputi: (1) tes; (2) pengamatan; (3) wawancara; dan (4) dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan menyimpulkan bahwa: 1) penerapan strategi Index Card Match terbukti meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Hadits Al-Qur'an, materi hukum bacaan Mim Sukun di kelas V MI Nurul Huda Cinyawang, dan 2) dari penelitian disimpulkan bahwa dalam kajian Hadits Al-Qur'an terbukti mampu meningkatkan hasil belajar siswa.
Downloads
References
Abidin, A. M. (2019). Kreativitas guru menggunakan model pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 11(2), 225-238.
Assya’bani, R., Sari, A., Hafizah, E., Hasanah, F., & Marniyah, M. (2021). Pembelajaran tajwid dan tahsin Al-Qur’an dengan metode Qira’ati di rumah belajar mahasiswa kkn Desa Hambuku Hulu. Al-Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1-12.
Choli, I. (2019). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Islam. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 35-52.
Gafur, A., Nurhasan, N., Switri, E., & Apriyanti, A. (2023). PENTINGNYA ILMU TAJWID DALAM MEMPELAJARI AL-QUR’AN. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 13337-13343.
Hermanto, B. (2020). Perekayasaan sistem pendidikan nasional untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Foundasia, 11(2).
jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1-9.
Kirana, H. C., & Wibisono, I. S. (2023). Aplikasi Edukasi Islam Berbasis Android: Pengenalan Huruf Hijaiyah dan Hukum Tajwid dengan Metode Waterfall di TPQ Sidiq Al-Musirun. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(4), 773-792.
L Lafendry, F. (2023). URGENSI PENELITIAN TINDAKAN KELAS DALAM LINGKUP PENDIDIKAN. Tarbawi: Jurnal pemikiran dan Pendidikan Islam, 6(2), 142-150.
Nurlaela, E. S., Rahmawati, A., Fikri, A., Rahayu, E. B., Al-ansori, A. M., & Baktiar, S. W. (2023). Hakikat Penelitian Tindakan Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(2), 124-139.
Pauziah, N., Alfaqih, B., Hoirunnisa, F., Sadiyah, M. S., & Khoerunnisa, N. I. (2023). Kendala-Kendala dalam Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(1), 39-47
Rahmadani, A., Harahap, F. K. S., Ulkaira, N., Azhari, Y., & Hasibuan, S. (2024). Efektivitas Penggunaan Strategi Pembelajaran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di SD Negeri 060822 Medan. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 2(1), 54-71.
Rambe, A. A., & Rahma, F. (2020). Program pengenalan ilmu tajwid melaui media pembelajaran pohon ilmu. Maslahah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 105-115.
Ridha Yayank Wijayanti, A., & Arafat, A. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Perencanaan Hutan melalui Model Pembelajaran Collaborative Learning. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(2), 122–130. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i2.147
Safitri, E., Adriati, I., Arifmiboy, A., & Charles, C. (2022). Kreativitas Guru Dalam Meningkatkan Penguasaan Ilmu Tajwid Siswa Di Tpa Al-Mukminin Base Camp Kabupaten Pasaman Barat. KOLONI, 1(3), 474-480.
Santoso, S. A. (2020). Pengaruh Hafalan Ayat AL-Qur’an terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata PelajaranAl-Qur’an Hadits Di Madrasah Ibtidaiyah Al-Azhar Serabi Barat Bangkalan. Jurnal Annaba'STIT Muhammadiyah Paciran, 6(2), 155-190.
Zain, L. A., Surur, S., & Said, A. (2023). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’ AN DI SMP RADEN RAHMAT BALONGBENDO SIDOARJO. Education, Learning, and Islamic Journal, 5(1), 1-23.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yunita Sari, Moh. Roqib
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0