Penerapan Strategi Index Card Match Berbantu Media Power Point untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab
DOI:
https://doi.org/10.53624/ptk.v4i2.366Keywords:
kosakata, index card match, media power pointAbstract
The purpose of this study was to determine whether by applying the index card match strategy strategy assisted by power point media can improve the mastery of Arabic vocabulary of students in class IV MI Al Juharotunnaqiyah South Lampung. This research using Classroom Action Research (PTK) with Kemmis and . Mc Teggart model which was carried out in two cycles. Cycles. Data collection techniques were observation, documentation, interviews and learning outcome tests. multiple choice and description. The results showed an increase in student learning outcomes after applying index card match strategy assisted by power point media in the pre-cycle. pre-cycle, namely students who completed 7 (40%) and those who did not complete 14 (60%). 14 (60%). In cycle II there was an increase of 18 (73%) and those who did not complete 5 (21%). In cycle II there was cycle II there was an increase of 20 (87%) students who were complete and 3 (13%) who were not complete. 3(13%). So that there was an increase of 61%. Based on the results of research and data analysis, it can be concluded that the application of the index card match strategy assisted by power point media can improve students' mastery of Arabic vocabulary in Class IV MI Al Juharotunnaqiyah South Lampung.
Downloads
References
Ahmadi, & Ilmiani, A. M. (2020). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab (Edisi Pert). Ruas Media.
Akbar, A. (2007). Panduan menguasai microsoft windows aplikasi office (word, excel, power point dan access) untuk pemula (Edisi Pert). M2s Bandung.
Angkoro, R., & Kosasih, A. (2007). Optimalisasi Media Pembelajaran. PT. Grasindo.
Anjeliza. (2013). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title.
Ayu Pramesti, A., & Suci Qamaria, R. (2022). Penerapan Komunikasi Terapeutik dengan Media Flash Card pada Anak yang Mengalami Down Syndrome. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(2), 159–169. https://doi.org/10.53624/ptk.v2i2.92 DOI: https://doi.org/10.53624/ptk.v2i2.92
Diahratri, K. (2022). Efektivitas Penggunaan Youtube Sebagai Media Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Informatika STKIP PGRI Pacitan. Skripsi. Pacitan. Khusnul Diahratri.2022, 5(3), 248–253.
Fajriah, Z. (2015). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab (Mufradat) Melalui Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar (Penelitian Tindakan Pada Siswa kelas I MI Nurul HakimKediri Lombok Barat Tahun 2015). Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 107–126. https://doi.org/10.21009/JPUD.091
Hamalik, O. (2006). Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Bumi Aksara.
Hijriyah, U. (2018). Analisis Pembelajaran Mufrodat Dan Struktur Bahasa Arab Di Madrasah Ibtidaiyah (Edisi Pert). Cv. Gemilang.
Kridalaksana, H. (1983). Kamus Linguistik. PT.Gramedia Pustaka Utama.
McNiff, J. (2013). Action Research. Routledge. https://doi.org/10.4324/9780203112755 DOI: https://doi.org/10.4324/9780203112755
Nasution, Z. M., Kirana, I. O., & Anggraini, F. (2022). Analisa Pengaruh Perbedaan Waktu Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Matematika Diskrit Mahasiswa STIKOM Tunas Bangsa. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (Jpms), 8(2), 521–526. https://doi.org/10.36987/jpms.v8i2.3617 DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v8i2.3617
Nugraha, Z., Rukiyah, S., & Missriani. (2023). Analisis Penggunaan Kosa Kata Baku dan Tidak Baku Dalam Bahasa Indonesia Pada Peserta Didik Kelas 8-A SMP Negeri 1 Pangkalanbaru. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(10), 141–145. https://doi.org/10.5281/zenodo.10079063
Nurhasanah, S. (2019). Strategi Pembelajaran. Edu Pustaka.
Penelitian, M. (1993). kelas ( PTK ) yang dikembangkan oleh Kemmis Taggart ( 1992 : 5-6 ); Gillt ( 1993 : 69 ); ( Clas action Resert ). Penelitian tindakan kelas dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan atau pengajaran yang diselenggarakan oleh guru / pengajar penelit. 37–57.
Rohman, F. (2015). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Madani.
Salim. (2014). Strategi Pembelajaran (Edisi Kedu). Perdana Publishing.
Sanjaya, W. (2012). Media Komunikasi Pembelajaran. Kencana Prenada Media Group.
Suib, M., Saputra, D., Fidri, M., & Nurhayati. (2022). Strategi Pembelajaran Berdasarkan Unsur-Unsur Bahasa Arab. Jurnal As-Said, 2(1), 149–161.
Suryana, T., & Amarullah, A. (2004). Pengantar Internet Dan HTML. Unikom.
Winarni, E. W. (2021). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R & D. Bumi Aksara.
Zaini. (2008). Srategi Pembelajaran Aktif. Insan Mandiri.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yeni Lailatul Wahidah, Zulhannan Zulhannan, Noviyanti Noviyanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0