Penggunaan Media Kertas Lipat dalam Pembelajaran Operasi Hitung Pecahan

Authors

  • Sabina Ndiung Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng

DOI:

https://doi.org/10.53624/ptk.v4i2.371

Keywords:

hasil belajar, keaktifan, media kertas lipat

Abstract

Urgensi penelitian ini untuk mengatasi masalah operasi hitung pecahan yang sampai saat ini masih menjadi momok bagi para guru disebabkan oleh kurangnya pengalaman dalam pemanfaatan media yang relevan untuk menyederhanakan konsepnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan operasi hitung pembagian pecahan menggunakan kertas lipat. Metode penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang mengacu pada desain Kemmis & McTaggart. Penelitian ini dilaksanakan di SD Katolik Benteng Wake Kecamatan Ruteng  Kabupaten Manggarai dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 24 orang. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik tes dan teknik observasi. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Kriteria ketuntasan klasikal adalah minimal 85% peserta didik dapat menyelesaikan masalah operasi hitung pecahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan siswa mengalami peningkatan dengan kategori cukup aktif pada siklus I sedangkan siklus II berada pada kategori sangat aktif. Data tes hasil belajar juga menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II dengan ketuntasan melebihi standar yang telah ditentukan. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penggunaan kertas lipat dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada operasi pembagian  pecahan. Disarankan bagi guru sekolah dasar untuk menggunakan kertas lipat dalam mengajarkan operasi hitung pembagian  pecahan pada penyebut berbeda dan/atau pada operasi hitung pecahan yang lain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amir, Z. (2015). Mengungkap Seni Bermatematika Dalam Pembelajaran. Suska Journal of Mathematics Education, 1(1), 60-76. https://doi.org/10.24014/sjme.v1i1.1364

Arintasari, I. Z., Rahmawati, I., & Sukamto, S. (2019). Keefektifan Media Roda Pecahan Berbantu Model Realistic Mathematic Education (RME) pada Mata Pelajaran Matematika. International Journal of Elementary Education, 3(4), 366. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i4.21308

Aryanti, D. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Materi Pecahan Melalui Media Visual di Kelas IV Sekolah Dasar. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(1), 27–34. https://doi.org/10.24176/jino.v6i1.7740

Ermayani, L., Suarjana, I. M., & Parmiti, D. P. (2019). Analisis Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pecahan Sederhana. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 1(1), 9. https://doi.org/10.23887/jp2.v1i1.19325

Faidah, N., Hizabah, N., Syarlin, S., Nasrah, & Muhammad Akhir. (2023). Upaya Meningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Sedehana Melalui Media Kartu Pecahan pada Siswa Kelas III SD Negeri 30 Sumpang Bita. Guru Pencerah Semesta, 1(2), 66–76. https://doi.org/10.56983/gps.v1i2.596

Fitriani, F., & Maemonah. (2022). Primary : Jurnal Pendidikan the Development of Vygotsky ’ S Theory and Its Implications in Mathematics Learning At Mis Rajadesa Ciamis. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(1), 35–41. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i1.8398

Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). The action research planner: Doing critical participatory action research. In The Action Research Planner: Doing Critical Participatory Action Research. Singapore. https://doi.org/10.1007/978-981-4560-67-2

Kurnia, T. S., Datumboyo, S., & Pary, C. (2023). Pembelajaran Model Problem Posing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(2), 170–178. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i2.185

Mairing, J. P. (2020). Mathematical Problem-Solving Behaviors of the Routine Solver. International Journal of Education, 13(2), 105–112. https://doi.org/10.17509/ije.v13i2.23276

Maskur, R., Sumarno, Rahmawati, Y., Pradana, K., Syazali, M., Septian, A., & Palupi, E. K. (2020). The effectiveness of problem based learning and aptitude treatment interaction in improving mathematical creative thinking skills on curriculum 2013. European Journal of Educational Research, 9(1), 375–383. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.1.375

Ndiung, S., Helmon, A., & Nendi, F. (2021). Increasing Learning Activeness and Outcomes in Fractions Multiplication among the Fifth Graders of Elementary Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Perkalian Pecahan Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnla ELementary, 7(1). https://doi.org/10.32332/ejipd.v7i1.3049

Ndiung, S., Sariyasa, Jehadus, E., & Apsari, R. A. (2021). The effect of treffinger creative learning model with the use rme principles on creative thinking skill and mathematics learning outcome. International Journal of Instruction, 14(2), 873–888. https://doi.org/10.29333/iji.2021.14249a

Nuraini, N. L. S., Suhartono, S., & Yuniawantika, Y. (2016). Kesalahan Siswa Pada Operasi Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Di Kelas Vi Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 25(2), 168–175. https://doi.org/10.17977/um009v25i22016p168

Prasetyo, F., & Kristin, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 SD. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 13. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2645

Rohaendi, S., & Laelasari, N. I. (2020). Penerapan Teori Piaget dan Vygotsky Ruang Lingkup Bilangan dan Aljabar pada Siswa Mts Plus Karangwangi. Prisma, 9(1), 65–76. https://doi.org/10.35194/jp.v9i1.886

Septian, A., Widodo, S. A., Afifah, I. N., Nisa, D. Z., Putri, N. P. K., Tyas, M. D., … Andriani, A. (2022). Mathematical Problem Solving Ability in Indonesia. Journal of Instructional Mathematics, 3(1), 16–25. https://doi.org/10.37640/jim.v3i1.1223

Setyawan, D. (2020). Meningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Realistic Mathematics Education (RME) Berbantuan Media Konkrit. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 4(2), 155–163. https://doi.org/10.21067/jbpd.v4i2.4473

Simalango, M. M., Darmawijoyo, & Aisyah, N. (2018). Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal PISA pada Konten Change ang Relationship Level 4, 5, dan 6 di SMP N 1 Indralaya. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 43–58. https://doi.org/10.22342/jpm.11.2.2143.

Sudarman, S. W. (2017). Analisis Problematika Pendidikan Matematika Berupa Soal Cerita Pada Siswa Sd. AKSIOMA Journal of Mathematics Education, 5(2), 161. https://doi.org/10.24127/ajpm.v5i2.670

Suryowati, E. (2015). Kesalahan siswa sekolah dasar dalam merepresentasikan pecahan pada garis bilangan. Aksioma, 4(1), 38–52. https://doi.org/10.24127/ajpm.v4i1.67

Telaumbanua, Y. (2020). Efektifitas Penggunaan Alat Peraga pada Pembelajaran Matematika pada Sekolah Dasar Pokok Bahasan Pecahan. Majalah Ilmiah Warta Dharmawangsa, 14(4), 709–722. https://doi.org/https://doi.org/10.46576/wdw.v14i4.900

Widodo, S. A., Istiqomah, Leonard, Nayazik, A., & Prahmana, R. C. I. (2019). Formal student thinking in mathematical problem-solving. Journal of Physics: Conference Series, 1188(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1188/1/012087

Zulkarnain, I. (2023). Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(1), 149–157. https://doi.org/10.58258/jupe.v8i2.5367

Downloads

PlumX Metrics

Published

2024-05-15

How to Cite

Ndiung, S. (2024). Penggunaan Media Kertas Lipat dalam Pembelajaran Operasi Hitung Pecahan. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(2), 338–348. https://doi.org/10.53624/ptk.v4i2.371

Issue

Section

Articles