Pendekatan Steam Model Inquiry Learning Berbantuan Liveworksheet untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa

Authors

  • Vera Tristiana Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Rusnilawati Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.53624/ptk.v4i2.382

Keywords:

STEAM, inkuiri, IPAS, hasil belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran IPAS kelas V di sekolah dasar. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Metode pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa hasil belajar mengalami peningkatan, dimana pada prasiklus nilai rata-rata kelas 75,9, kemudian siklus I nilai rata-rata kelas 80,1 dan siklus II kembali mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata kelas 82. Artinya penerapan media pembelajaran menggunakan pendekatan STEAM dengan model pembelajaran inquiry learning berbantuan aplikasi liveworksheet dapat mengingkatkan hasil belajar dan motivasi belajar peserta didik kelas V SDN Trosemi 02 pada proses kegiatan pembelajaran IPAS.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdi, J. (2020) Pembelajaran Berbasis Pendekatan STEM. Banda Aceh: Hipper 4.0.

Agustina, A., Rahayu, Y. S., & Yuliani, Y. (2021) (2021) ‘The Effectiveness of SW (Student Worksheets) Based on STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) to Train Students’ Creative Thinking Skills’, SEJ (Science Education Journal), 5(1), pp. 1–18.

Amir, R. H. and Purwanti, R. Y. (2021) ‘Efektivitas Model Pembelajaran Steam Pada Siswa Kelas Iv Sd’, Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 6(1), pp. 1–13.`

Anshori, F. Al and Sukmawati, S. (2021) ‘Penerapan Media Pembelajaran Ular Tangga Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa’, Jurnal PELITA, 1(1), pp. 28–36. doi: https://doi.org/10.54065/pelita.1.1.2021.41.

Arikunto, S., Suhardjono, & S. (2016) Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Avendano, L. Renteria, J., Kwon, S., & Hamdan, K. (2019) ‘Bringing equity to underserved communities through STEM education: implications for leadership development.’, Journal of Educational Administration and History, 51 (1), pp. 68–82. doi: https://doi.org/10.1080/00220620.2018.1532397.

Britto, P. R., Lye, S. J., Proulx, K., Yousafzai, A. K., Matthews, S. G., Vaivada, T.,Bhutta, Z. A. (2017) ‘Nurturing care: promoting early childhood development.’, The Lancet. doi: https://doi.org/10.1016/S0140-6736(16)31390-3.

Djamarah, S. B., & A. Z. (2014) Strategi Belajar Mengajar. PT Rineka Cipta.

Fitriani, N., Hidayah, I. S. and Nurfauziah, P. (2021) ‘Live Worksheet Realistic Mathematics Education Berbantuan Geogebra: Meningkatkan Abstraksi Matematis Siswa SMP pada Materi Segiempat’, JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(1), p. 37. doi: 10.33603/jnpm.v5i1.4526.

Gunawan, Ni Made Yeni Suranti, F. (2020) ‘Variations of Models and Learning Platforms for Prospective Teachers During the COVID-19 Pandemic Period’, 1(2), pp. 75–94. Available at: http://orcid.org/0000-0001-8546-0150.

Kartini, I. I., Rohaeti, E. E. and Fatimah, S. (2020) ‘Gambaran Motivasi Belajar Peserta Didik Saat Pandemi Covid 19’, Fokus, 3(4), pp. 140–150.

Khairani, L. et al. (2022) ‘Motivasi Belajar Siswa Man Binjai Pada Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19’, Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Sains, 2(3), pp. 146–149. doi: 10.58432/algebra.v2i3.570.

Khairiyah, N. (2019) Pendekatan Science, Technology, Engineering, an Mathematics (STEM). Available at: Guepedia.com.

Leni, M. and Sholehun (2021) ‘Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Majaran Kabupaten Sorong’, Jurnal Keilmuan, Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 2(1), pp. 66–74. Available at: https://unimuda.e-journal.id/jurnalbahasaindonesia/article/download/952/582.

Novita, L., Sukmanasa, E. and Pratama, M. Y. (2019) ‘Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD’, Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), pp. 64–72. doi: 10.17509/ijpe.v3i2.22103.

Nugraha, A. J., Suyitno, H., & Susilaningsih, E. (2017) ‘Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar melalui Model PBL’, Journal of Primary Education, 6(1), pp. 35–43. doi: https://doi.org/10.15294/jipk.v10i2.9529.

Nuragnia, B., Nadiroh and Usman, H. (2021) ‘Pembelajaran Steam Di Sekolah Dasar : Implementasi Dan Tantangan’, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(2), pp. 187–197. doi: 10.24832/jpnk.v6i2.2388.

Putra, A. P. et al. (2022) ‘Pendampingan Perencanaan Pembelajaran IPA Berpendekatan STEM di Wilayah Kota Banjarmasin’, Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 7(3), pp. 369–375. doi: 10.36312/linov.v7i3.853.

Qamaria, R. S., & Astuti, F. (2023). Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Remaja Melalui Konseling Behavioral Dengan Teknik Self Management. Proyeksi, 18(1), 1-22.

Sumaya, A., Israwaty, I. and Ilmi, N. (2021) ‘Penerapan Pendekatan STEM untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Pinrang Application of STEM Approach to Improve Learning Outcomes of Elementary School Students in Pinrang District’, Pinisi Journal of Education, 1(2), pp. 217–223.

Yusriati (2019) ‘MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK PADA TEMA 7 KURIKULUM 2013 MELALUI MODEL INKUIRI TERBIMBING KELAS V SDN 24 SUMPUR KUDUS KECAMATAN SUMPUR KUDUS Yusriati Email : yusriati244@gmail.com PENDAHULUAN Pendidikan menjadi hal yang sangat fundamental bagi kehidu’, garuda, 04(01), pp. 63–72.

Zahroh, D. A. and Yuliani, Y. (2021) ‘Pengembangan e-LKPD Berbasis Literasi Sains untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan’, Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(3), pp. 605–616. doi: 10.26740/bioedu.v10n3.p605-616.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2024-05-21

How to Cite

Tristiana, V., & Rusnilawati, R. (2024). Pendekatan Steam Model Inquiry Learning Berbantuan Liveworksheet untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(2), 394–410. https://doi.org/10.53624/ptk.v4i2.382

Issue

Section

Articles