Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa melalui Index Card Match Pada Mata Pelajaran PPKn
DOI:
https://doi.org/10.53624/ptk.v4i2.384Keywords:
aktivitas belajar, index card match, hasil belajarAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari masalah rendahnya aktivitas belajar siswa di kelas II SD Negeri Trangsa 01. Berdasarkan masalah tersebut tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa melalui metode pembelajaran Index Card Match pada mata pelajaran PPKn kelas rendah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang melibatkan siswa kelas II SD Negeri Trangsan 01 berjumlah 16 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya meningkatkan aktivitas belajar siswa dilakukan dengan kolaborasi antara guru dan peneliti mulai dari perencanaan, persiapan hingga pembagian tugas pada saat pelaksanaan tindakan dengan menerapkan metode pembelajaran Index Card Match ditambah dengan PPT, video pembelajaran yang menarik dan pemberian reward kepada siswa. Hasil lainnya adalah penerapan metode pembelajaran Index Card Math dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dibuktikan dengan adanya peningkatan persentase rata-rata indikator aktivitas belajar siswa pada siklus I dan II. Pada pra-siklus rata-rata persentase indikator aktivitas belajar sebesar 49%, siklus 1 sebesar 68%, siklus II sebesar 89%, dengan demikian rata-rata persentase indikator aktivitas belajar siswa telah melampaui kriteria keberhasilan yang ditetapkan yaitu 76% dan penelitian dikatakan berhasil.
Downloads
References
Ahmad Ali Nurdin, Aprillia Eka Saptaningrum, & Heny Kusmawati. (2023). Penerapan Pembelajaran Active Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Madrasah. Journal of Student Research, 1(1), 271–281. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.986
Anggraini, S., Siswanto, J., & Sukamto. (2019). Analisis Dampak Pemberian Reward And Punishment Bagi Siswa SD Negeri Kaliwiru Semarang. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 7(3), 221–229.
Annisa, F., & Marlina, M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Jurnal Basicedu, 3(4), 1047–1054. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.209
Asnimar. (2017). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENJASKES SISWA KELAS V SD NEGERI 002 BATU BERSURAT Asnimar SD Negeri 002 Batu Bersurat PENDAHULUAN Menurut Hamalik ( 2010 ) bahwa pendidikan adalah suatu proses dalam rangka. Jurnal Kependidikan, 1(November), 208–216.
Asrori, & Rusman. (2020). Classroom Action Reserach Pengembangan Kompetensi Guru. In Pena Persada.
Azizah, A. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15–22. https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475
Azizah, S. R., Arofah, N. D., & Sumitra, A. (2019). Optimalisasi Pendidikan Anak Usia Dini Berdasarkan Pembelajaran Yang Berbasis Perkembangan Otak. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(2), 29. https://doi.org/10.22460/ceria.v2i2.p29-36
Dewi, K. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 47–57.
Dewi, N. S., Ramli, M., & Rinanto, Y. (2018). Penerapan Penelitian Tindakan Kelas Cooperative Learning Tipe Peer Teaching untuk Meningkatkan Keterlibatan Siswa Dalam Pembelajaran Biologi An Action Research of Assembling Cooperative Learning Type Peer Teaching to Increase Student Engagement in Biology. Jurnal Pembelajaran Biologi, 7(2), 10–16. https://jurnal.uns.ac.id/pdg/article/view/27622/19070
Ezalia, E., R, I. E., Elizabeth, G., My, W. A. N. H., Norhanim, A., Wahidah, A., Ym, C., Rahimah, A., Chin, J. G., Juliana, I., Hamid, A., Gunasagaran, K., Amir, J., John, P., Azmi, A., Mangantig, E., Hockham, C., Ekwattanakit, S., Bhatt, S., … Mary Anne Tan, J.-A. (2020). Jurnal Syntax Transformation. Orphanet Journal of Rare Diseases, 21(1), 1–9.
FEBRIANTO, K., YUSTITIA, V., & IRIANTO, A. (2020). Aktivitas Siswa Dalam Pembelajaran Dengan Menggunakan Media Flashcard Di Sekolah Dasar. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 16(29), 92–98. https://doi.org/10.36456/bp.vol16.no29.a2273
Hanik, E. U. (2020). Self Directed Learning Berbasis Literasi Digital Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Madrasah Ibtidaiyah. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 8(1), 183. https://doi.org/10.21043/elementary.v8i1.7417
Harefa, D., Sarumaha, M., Gee, E., Nduru, K., Nduru, M., Telaumbanua, T., Dian, L., Ndraha, M., Stkip, N., Selatan, G., & Sitoli, I. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Model Pembelajaran Index Card Match. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(1), 6. http://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/index
Indris, G. (2017). Model Pembelajaran Aktif. Pustaka Insan Madani.
Iv, B. a B. (2017). Rizky Ana Awlijen, 2017 MOTIF MAHASISWA SUNDA MENGGUNAKAN BAHASA BETAWI DALAM BERINTERAKSI SOSIAL universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu 91. 2, 91–176.
Kurniawati, L. N. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Perkalian Menggunakan Papan Perkalian. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2 (2), 113–119
Liani. (2020). Upaya Menumbuhkan Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran. 10–39.
Madiong, B. (2018). Pendidikan Kewarganegaraan Civic Education. Celebes Media Perkasa.
Maliasih, Hartono, & Nurani, P. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Melalui Metode Teams Games Tournaments dengan Strategi Peta Konsep Pada Siswa SMA. Jurnal Profesi Keguruan, 3(2), 222–226.
Parawangsa, E., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Hakikat Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar (SD). Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8050–8054.
Prabowo, W. R., Purnomo, D., & Mushafanah, Q. (2020). Metode kooperatif tipe index card match meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada tema peristiwa dalam kehidupan. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(3), 380–390.
Priandoko, H. W. (2017). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Menumbuhkan Sikap Cermat dan Mandiri Serta Meningkatkan Nilai Hasil Belajar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 1, 87–119.
Sari, W. K., Rahayu, H. M., & Sunandar, A. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Dan Aktivitas Siswa Pada Materi Virus Di Sman 01 Kubu Kalimantan Barat. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 14(2), 166. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v14i2.7996
Sari, Y. N. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Means Ends Analysis Menggunakan Media Video Terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma Negeri 3 Pagar Alam. Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 5(1), 89–103. https://doi.org/10.36706/jp.v5i1.5640
Sukarlo Manik. (2020). Upaya Meningkatkan Layanan Bimbingan Belajar Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik. Jurnal.Goretanpena.Com, 7(1), 29–34. http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JPE/article/view/455
Syahputra, A. T., Nurjannah, N., & Arsyam, M. (2020). Pemberian Skor Dan Sistem Penilaian Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan, 2(1), 1–8.
Wulandari, F., & Rakhmawati, R. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Relasional Matematis : Dampak Strategi Pembelajaran Index Card Match. Desimal: Jurnal Matematika, 2(3), 203–209. https://doi.org/10.24042/djm.v2i3.4291
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Tansa Giri Asmaniah, Arief Cahyo Utomo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0