Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Negosiasi Siswa
DOI:
https://doi.org/10.53624/ptk.v4i2.386Keywords:
media, menulis, problem based learning, teks negosiasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks negosiasi siswa kelas X dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning (PBL) dengan berbantu media audio visual. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-2 di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta pada tahun ajaran 2023/2024 yang terdiri dari 36 siswa. Berdasarkan hasil penelitiain dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning dengan berbantu media audio visual dapat meningkatkan keterampilan menulis teks negosiasi siswa. Peningkatan tersebut dibuktikan dari nilai rata-rata kelas dan kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang meningkat pada setiap siklusnya. Pada siklus I dari 36 siswa memperoleh nilai rata-rata 66,72 dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 81,8. Siswa yang memperoleh kategori tuntas pada kriteria ketuntasan minimal (KKM) pada siklus I hanya 6 siswa atau 17% dan pada siklus II meningkat pesat menjadi 29 siswa atau 81%.
Downloads
References
Azizah, A. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru dalam Pembelajaran. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15–22. https://doi.org/https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475 DOI: https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475
Ernayanti, S., Hadi, W., & Saragi, D. (2019). Feasibility of Audiovisual Media for Literacy Activities of Students of Grade V in Public Elementary School (SDN) 067241 Medan Denai. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 2(2), 235–249. https://doi.org/10.33258/birle.v2i2.293 DOI: https://doi.org/10.33258/birle.v2i2.293
Fitri, R., Helda, T., & Dn, U. Y. (2023). Pelatihan Menulis Teks Negosiasi pada Kurikulum Merdeka untuk Siswa Kelas X SMA Negeri 14 Padang Article History. ALAMTANA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Unw Mataram, 4(1), 105–116. https://doi.org/10.51673/jaltn.v4i1.1540
Fridayanti, Y., Irhasyuarna, Y., & Putri, R. F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Audio-Visual Pada Materi Hidrosfer Untuk Mengukur Hasil Belajar Peserta Didik SMP/MTS. Jupeis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3), 49-63. https://doi.org/https://doi.org/10.55784/jupeis.Vol1.Iss3.75 DOI: https://doi.org/10.55784/jupeis.Vol1.Iss3.75
Lubis, S. (2022). Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Negosiasi melalui Teknik Wawancara Imajinatif dengan Tokoh Idola. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 1(1), 53-65. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30821/eunoia.v1i1.1002 DOI: https://doi.org/10.30821/eunoia.v1i1.1002
Maryam, D., Febiola, F., Agami, S. D., & Fawaida, U. (2020). Inovasi Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Media Audiovisual. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 43–50. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24042/terampil.v7i1.6081
Masruro, S., Sudibyo, E., & Purnomo, T. (2021). Profile of Problem Based Learning to Improve Students’ Critical Thinking Skills. IJORER : International Journal of Recent Educational Research, 2(6), 682–699. https://doi.org/10.46245/ijorer.v2i6.171 DOI: https://doi.org/10.46245/ijorer.v2i6.171
Maulani, W., & Hidayati, P. (2021). Model Penemuan Terbimbing Dalam Pembelajaran Menulis Teks Negosiasi Berbasis Komik dan Pengaruhnya Terhadap Kualitas Berpikir Kreatif Siswa Kelas X SMK. Wistara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 4(1), 63-71. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/wistara.v4i1.4397 DOI: https://doi.org/10.23969/wistara.v4i1.4397
Puspitasari, D., Ulfah, M., Ramadhan, I., & Wijayati, Y. F. D. R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Media Games Dadu dan Kahoot terhadap Hasil Belajar. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(1), 135-148. DOI: https://doi.org/10.53624/ptk.v4i1.295
Safitri, V., & Dafit, F. (2021). Peran Guru Dalam Pembelajaran Membaca Dan Menulis Melalui Gerakan Literasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1356–1364. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.938 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.938
Saputri, N. S. A., Ratnaningsih, A., & Widiyono, Y. (2021). Peningkatan Keterampilan Menulis Hasil Wawancara dengan Model Role Playing pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 7(4), 1505–1510. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1423 DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1335
Sari, E. P., Trianto, A., & Utomo, P. (2020). Kesulitan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas Viismpnegeri 14 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 4(3), 292–302. https://doi.org/10.33369/jik.v4i3.13100 DOI: https://doi.org/10.33369/jik.v4i3.13100
Setiawan, D., Sopandi, W., & Hartati, T. (2019). Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi dan Penguasaan Konsep Siswa Sekolah Dasar Melalui Implementasi Model Pembelajaran RADEC. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 130. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.4922 DOI: https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.4922
Suharsiwi, Fadilah, N., & Farokhah, L. (2022). The Use of Audio-Visual Media in Improving Students’ Reading Comprehension and Sholat Movements in Online Learning. Journal of Education Technology, 6(1), 19–28. https://doi.org/10.23887/jet.v6i1.4 DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v6i1.40797
Supriadi, S., Sani, A., & Setiawan, I. P. (2020). Integrasi Nilai Karakter dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Siswa. YUME: Journal of Management, 3(3), 84–93. https://doi.org/10.2568/yum.v3i3.778
Susilo, S. V., Yonanda, D. A., & Pratiwi, R. (2020). Pengaruh Media Big Book Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 7(1). https://doi.org/https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v7i1.978 DOI: https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v7i1.978
Wahyuningsih, E. T., Santa, & Suchyadi, Y. (2021). Pengaruh Penguasaan Kosakata Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 04(03), 238–243. https://doi.org/https://doi.org/10.55215/jppguseda.v4i3.4760 DOI: https://doi.org/10.55215/jppguseda.v4i3.4760
Widhayanti, A., & Abduh, M. (2021). Penggunaan Media Audiovisual Berbantu Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1652–1657. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.975 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.975
Wiratama, N. A., Fatimah, I. D., & Widiyati, E. (2022). Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Melalui Pendekatan Kontekstual pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3428–3434. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2527 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2527
Yenti, N., Ramadhanti, D., & Laila, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 1(1), 93–102. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i1.16 DOI: https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i1.16
Yunitasari, I., & Hardini, A. T. A. (2021). Penerapan Model PBL Untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1700–1708. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.983 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.983
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Farhana Ifrida, Dini Restiyanti Pratiwi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0