Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Negosiasi Siswa

Authors

  • Farhana Ifrida Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Dini Restiyanti Pratiwi Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Muhammad Supriyanto SMA Muhammadiyah 1 Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.53624/ptk.v4i2.386

Keywords:

media, menulis, problem based learning, teks negosiasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks negosiasi siswa kelas X dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning (PBL) dengan berbantu media audio visual. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-2 di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta pada tahun ajaran 2023/2024 yang terdiri dari 36 siswa. Berdasarkan hasil penelitiain dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning dengan berbantu media audio visual dapat meningkatkan keterampilan menulis teks negosiasi siswa. Peningkatan tersebut dibuktikan dari nilai rata-rata kelas dan kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang meningkat pada setiap siklusnya. Pada siklus I dari 36 siswa memperoleh nilai rata-rata 66,72 dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 81,8. Siswa yang memperoleh kategori tuntas pada kriteria ketuntasan minimal (KKM) pada siklus I hanya 6 siswa atau 17% dan pada siklus II meningkat pesat menjadi 29 siswa atau 81%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azizah, A. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru dalam Pembelajaran. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15–22. https://doi.org/https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475 DOI: https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475

Ernayanti, S., Hadi, W., & Saragi, D. (2019). Feasibility of Audiovisual Media for Literacy Activities of Students of Grade V in Public Elementary School (SDN) 067241 Medan Denai. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 2(2), 235–249. https://doi.org/10.33258/birle.v2i2.293 DOI: https://doi.org/10.33258/birle.v2i2.293

Fitri, R., Helda, T., & Dn, U. Y. (2023). Pelatihan Menulis Teks Negosiasi pada Kurikulum Merdeka untuk Siswa Kelas X SMA Negeri 14 Padang Article History. ALAMTANA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Unw Mataram, 4(1), 105–116. https://doi.org/10.51673/jaltn.v4i1.1540

Fridayanti, Y., Irhasyuarna, Y., & Putri, R. F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Audio-Visual Pada Materi Hidrosfer Untuk Mengukur Hasil Belajar Peserta Didik SMP/MTS. Jupeis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3), 49-63. https://doi.org/https://doi.org/10.55784/jupeis.Vol1.Iss3.75 DOI: https://doi.org/10.55784/jupeis.Vol1.Iss3.75

Lubis, S. (2022). Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Negosiasi melalui Teknik Wawancara Imajinatif dengan Tokoh Idola. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 1(1), 53-65. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30821/eunoia.v1i1.1002 DOI: https://doi.org/10.30821/eunoia.v1i1.1002

Maryam, D., Febiola, F., Agami, S. D., & Fawaida, U. (2020). Inovasi Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Media Audiovisual. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 43–50. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24042/terampil.v7i1.6081

Masruro, S., Sudibyo, E., & Purnomo, T. (2021). Profile of Problem Based Learning to Improve Students’ Critical Thinking Skills. IJORER : International Journal of Recent Educational Research, 2(6), 682–699. https://doi.org/10.46245/ijorer.v2i6.171 DOI: https://doi.org/10.46245/ijorer.v2i6.171

Maulani, W., & Hidayati, P. (2021). Model Penemuan Terbimbing Dalam Pembelajaran Menulis Teks Negosiasi Berbasis Komik dan Pengaruhnya Terhadap Kualitas Berpikir Kreatif Siswa Kelas X SMK. Wistara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 4(1), 63-71. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/wistara.v4i1.4397 DOI: https://doi.org/10.23969/wistara.v4i1.4397

Puspitasari, D., Ulfah, M., Ramadhan, I., & Wijayati, Y. F. D. R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Media Games Dadu dan Kahoot terhadap Hasil Belajar. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(1), 135-148. DOI: https://doi.org/10.53624/ptk.v4i1.295

Safitri, V., & Dafit, F. (2021). Peran Guru Dalam Pembelajaran Membaca Dan Menulis Melalui Gerakan Literasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1356–1364. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.938 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.938

Saputri, N. S. A., Ratnaningsih, A., & Widiyono, Y. (2021). Peningkatan Keterampilan Menulis Hasil Wawancara dengan Model Role Playing pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 7(4), 1505–1510. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1423 DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1335

Sari, E. P., Trianto, A., & Utomo, P. (2020). Kesulitan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas Viismpnegeri 14 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 4(3), 292–302. https://doi.org/10.33369/jik.v4i3.13100 DOI: https://doi.org/10.33369/jik.v4i3.13100

Setiawan, D., Sopandi, W., & Hartati, T. (2019). Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi dan Penguasaan Konsep Siswa Sekolah Dasar Melalui Implementasi Model Pembelajaran RADEC. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 130. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.4922 DOI: https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.4922

Suharsiwi, Fadilah, N., & Farokhah, L. (2022). The Use of Audio-Visual Media in Improving Students’ Reading Comprehension and Sholat Movements in Online Learning. Journal of Education Technology, 6(1), 19–28. https://doi.org/10.23887/jet.v6i1.4 DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v6i1.40797

Supriadi, S., Sani, A., & Setiawan, I. P. (2020). Integrasi Nilai Karakter dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Siswa. YUME: Journal of Management, 3(3), 84–93. https://doi.org/10.2568/yum.v3i3.778

Susilo, S. V., Yonanda, D. A., & Pratiwi, R. (2020). Pengaruh Media Big Book Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 7(1). https://doi.org/https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v7i1.978 DOI: https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v7i1.978

Wahyuningsih, E. T., Santa, & Suchyadi, Y. (2021). Pengaruh Penguasaan Kosakata Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 04(03), 238–243. https://doi.org/https://doi.org/10.55215/jppguseda.v4i3.4760 DOI: https://doi.org/10.55215/jppguseda.v4i3.4760

Widhayanti, A., & Abduh, M. (2021). Penggunaan Media Audiovisual Berbantu Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1652–1657. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.975 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.975

Wiratama, N. A., Fatimah, I. D., & Widiyati, E. (2022). Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Melalui Pendekatan Kontekstual pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3428–3434. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2527 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2527

Yenti, N., Ramadhanti, D., & Laila, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 1(1), 93–102. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i1.16 DOI: https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i1.16

Yunitasari, I., & Hardini, A. T. A. (2021). Penerapan Model PBL Untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1700–1708. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.983 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.983

Downloads

PlumX Metrics

Published

2024-05-21

How to Cite

Ifrida, F., Pratiwi , D. R., & Supriyanto, M. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Negosiasi Siswa. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(2), 411–422. https://doi.org/10.53624/ptk.v4i2.386

Issue

Section

Articles