Peningkatan Kemampuan Kolaborasi Siswa Menggunakan Gallery Walk
DOI:
https://doi.org/10.53624/ptk.v4i2.389Keywords:
kolaborasi, pembelajaran, kooperatif, gallery walkAbstract
Kurangnya kemampuan kolaborasi mempengaruhi pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran karena kesulitan berpartisipasi aktif dalam kelompok dan kurangnya berpikir kritis. Tujuan penelitian yaitu meningkatkan kemampuan kolaborasi menggunakan gallery walk dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Metodologi menggunakan kualitatif pendekatan Penelitian Tindakan Kelas dilakukan pada siswa XI 2 SMA Negeri 1 Banyudono Tahun 2023/2024. Dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi dengan menerapkan analisis model alir. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil prasiklus menunjukkan siswa yang memiliki kemampuan kolaborasi belajar sebanyak 10 siswa (28,5%), pada siklus I sebanyak 25 siswa (70,4%), dan pada siklus II sebanyak 30 siswa (85,7%) melampaui indikator yang diharapkan yaitu 80% dari 35 peserta didik. Hasil tersebut membuktikan bahwa penerapan model kooperatif tipe gallery walk dapat meningkatkan kemampuan kolaborasi belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada siswa kelas XI 2 SMA Negeri 1 Banyudono tahun pelajaran 2023/2024
Downloads
References
Arif, T. A. (2022). Teori Belajar dan Implikasinya di SD. sukabumi: Penenrbit Haura Utama.
Asih Widi Wisudawati, E. S. wati. (2014). Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara. In Pt. Bumi Kasara. jakarta: PT Bumi Aksara.
Au, N., Chimene, W., & Kinikanwo-samuel, E. (2018). Effects of gallery walk teaching strategy on the academic performance of students in basic science concepts in Rivers state. International Journal of Applied Research, 4(12), 253–257.
Chin, C. K., Khor, K. H., & Teh, T. K. (2015). Is Gallery Walk an Effective Teaching and Learning Strategy for Biology? Biology Education and Research in a Changing Planet, 55–59. https://doi.org/10.1007/978-981-287-524-2_6
Cholisin. (2016). Ilmu Kewarganegaraan. In Ombak. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. Retrieved from https://pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/PKNI4311-M1.pdf
Devi Wahyu Daniati, D. (2020). cara asyik belajar matematika. Mangelang. magelang: Pustaka Rumah Cinta.
Dewi, E. M. P., Qamaria, R. S., Widiastuti, A. A., Widyatno, A., Marpaung, J., Ervina, I., ... & Suprihatin, T. (2024). Pendidikan Indonesia Di Era Globalisasi; Tantangan Dan Peluang. Nas Media Pustaka.
Dwi Hastuti Listiyani. (2021). Upaya Meningkatkan Keterampilan 4C Siswa Kelas VIII dengan Strategi Gallery Walk dalam Pembelajaran Matematika di SMP Negeri 3 Tepus. JTMT: Journal Tadris Matematika, 2(2), 24–30. https://doi.org/10.47435/jtmt.v2i2.722
Fauzan, M., Haryadi, H., & Haryati, N. (2021). Penerapan Elaborasi Model Flipped Classroom dan Media Google classroom Sebagai Solusi Pembelajaran Bahasa Indonesia Abad 21. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(2), 361. https://doi.org/10.20961/jdc.v5i2.55779
Hermawah, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan.
Insani, N. N., & Sapriya. (2020). The Effectiveness of Gallery Walk Cooperative Learning to Enhance Students’ Intellectual Skill. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200320.041
Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). The action research planner: Doing critical participatory action research. The Action Research Planner: Doing Critical Participatory Action Research, 1–200. https://doi.org/10.1007/978-981-4560-67-2
Kisworo, D. A., Wasitohadi, W., & Rahayu, T. S. (2019). Perbedaan Efektivitas Group Investigation Dengan Problem Based Learning Terhadap Kerjasama Siswa Mata Pelajaran Ipa Siswa Kelas 5 Sd Gugus Joko Tingkir. Jurnal Basicedu, 3(1), 66–75. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.77
Le, H., Janssen, J., & Wubbels, T. (2018). Collaborative learning practices: teacher and student perceived obstacles to effective student collaboration. Cambridge Journal of Education, 48(1), 103–122. https://doi.org/10.1080/0305764X.2016.1259389
Makiyah, D. F., -, D., & Robiansyah, F. (2024). Penerapan Model Gallery Walk untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran PPKn di Kelas V SDN 1 Wangkelang. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN, 8(2), 96–104. https://doi.org/10.15294/harmony.v8i2.64054
Nurfatimah, S. A., Hasna, S., & Rostika, D. (2022). Membangun Kualitas Pendidikan di Indonesia dalam Mewujudkan Program Sustainable Development Goals (SDGs). Jurnal Basicedu, 6(4), 6145–6154. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3183
Ridwan, M. (2019). GALLERY WALK; An Alternative Learning Strategy in Increasing Students’ Active Learning. Nady Al-Adab, 16(1), 49. https://doi.org/10.20956/jna.v16i1.6662
Rodenbaugh, D. W. (2015). Maximize a team-based learning gallery walk experience: Herding cats is easier than you think. Advances in Physiology Education, 39(1), 411–413. https://doi.org/10.1152/advan.00012.2015
Rossydha, F., & Qohar, A. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Gallery Walk untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa Calon Guru. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 3(1), 1. https://doi.org/10.30738/indomath.v3i1.6249
Saenab, S., Yunus, S. R., & Husain, H. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning Terhadap Keterampilan Kolaborasi Mahasiswa Pendidikan IPA. Biosel: Biology Science and Education, 8(1), 29. https://doi.org/10.33477/bs.v8i1.844
Sarwanti, S. (2020). Gallery Walk+Peer Talk in Language Testing and Assessment: Students’ Perspectives. Journal of Languages and Language Teaching, 8(1), 1. https://doi.org/10.33394/jollt.v8i1.2211
Satria, H., Nurmalina, N., & Kusuma, Y. Y. (2021). Penerapan Model Treasure Hunt Untuk Meningkatkan Keterampilan Kerjasama Siswa Sekolah DasarKelas IV SDM 002 Penyasawan Kecamatan Kampar. Indonesian Research Journal On Education, 1(1), 11–24. https://doi.org/10.31004/irje.v1i1.8
Septiyati, N. (2019). Penerapan Metode Gallery Walk Terhadap Berpikir Kreatif dan Komunikasi Matematis Siswa. Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education, 1(2), 117. https://doi.org/10.21580/square.2019.1.2.4100
Singkorn, S., Klinbumrung, K., & Akatimagool, S. (2022). Development of Innovation-Based Learning and Teaching Model for Technology Education in Thailand 4.0 Era. 7th International STEM Education Conference, ISTEM-Ed 2022. https://doi.org/10.1109/iSTEM-Ed55321.2022.9920794
Tatik. (2022). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Melalui Teknik Debat. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 4(2), 97–101. https://doi.org/10.30599/jemari.v4i2.1601
Vale, I. P., & Barbosa, A. (2020). Gallery Walk: uma estratégia ativa para resolver problemas com múltiplas soluções. Revista de Educação Matemática, 17, e020018. https://doi.org/10.37001/remat25269062v17id260
W, R. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1), 2239 – 2253. https://doi.org/doi.org/10.15294/jipk.v13i1.17824
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rizky Novia Saputri, Patmisari Patmisari, Sri Hastuti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0