Penerapan Model Scramble untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Tematika Muatan IPA pada Siswa Kelas V (Lima) SDN Koncer 1 Tenggarang Bondowoso Tahun 2020

Authors

  • Said Farika Sari SDN Koncer 1 Tenggarang Bondowoso

DOI:

https://doi.org/10.53624/ptk.v2i1.42

Keywords:

Model Scramble, hasil belajar, Tematik Muatan IPA

Abstract

Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA, khususnya materi unsur, senyawa dan, campuran dalam kehidupan sehari-hari  melalui penerapan model Scramble. Hal tersebut bertujuan untuk mencari solusi permasalahan yang dihadapi peneliti dengan melakukan perbaikan proses pembelajaran dengan penerapan metode Sramble. Dalam penelitian tindakan kelas dilakukan sebanyak 2 siklus, setiap siklus terdapat beberapa kendala serta kelemahan, namun dapat diatasi dengan baik sehingga kriteria ketuntasan minimal ditetapkan dapat tercapai. Data penelitian diperoleh melalui penugasan kelompok sebagai data utama dan lembar evaluasi diakhir siklus sebagai data pendukung untuk mengukur tingkat keberhasilan siswa dalam proses pembelajaran. Pada akhir siklus diperoleh peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan metode Scramble. Hasil tersebut menunjukkan adanya peningkatan dari siklus sebelumnya. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model Scramble dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA materi unsur, senyawa, dan campuran. Dalam penerapan model scramble selain meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA juga dapat mengubah kondisi kelas menjadi lebih kondusif dan menyenangkan.

References

Arifin. 2012. Pengertian Hasil Belajar, (Online), (http://fatkhan.web.id/pengertian-hasil-belajar/), diakses pada 26 April 2020.

Arikunto. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Aunurrahman, 2013. Pengertian Hasil Belajar, (Online), (http://fatkhan.web.id/pengertian-hasil-belajar/), diakses pada 25 April 2020.

Damayanti. (2010). Model Pembelajaran Scramble, (Online), (http://modelpembelajaranblog.wordpress.com/2015/12/02/model-pembelajaran-scramble/), diakses pada 1 Mei 2020)

Darmuki, A. & Hidayati, N.A. 2019. Peningkatan Kemampuan Berbicara Menggunakan Metode Kooperatif Tipe NHT pada Mahasiswa Tingkat I-A Prodi PBSI IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2018/2019. Jurnal Pendidikan Edutama. Vol. 6(2), hlm 9-18.

Darmuki, A., Andayani, Joko Nurkamto, Kundharu Saddhono. (2017). Evaluating Information-Processing-Based Learning Cooperative Model on Speaking Skill Course. Journal of Language Teaching and Reasearch. 8(1) pp. 44-51.

John Turkey. (1961). Teknik Analisis Data, (Online), (https://penelitianilmiah.com/teknik-analisis-data/), diakses pada 10 Juni 2020.

Kholifah, S. 2008. Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Sumber Energi melalui Metode Scramble dan Media Pagar pada Siswa Kelas IV MI Negeri 3 Semarang Tahun Pelajaran 2019/202. Salatiga: IAIN Salatiga.

Rahayu. (2007). Istilah Scramble, (Online), (http://tugassayasemua.blogspot.com/2016/06/model-pembelajaran-scramble-makalah.html), diakses pada 25 April 2020.

Subroto, H. (2000). Pengertian Pembelajaran Tematik, (Online), (http://digilib.unila.ac.id/582/3/Bab%202.pdf, diakses pada 29 April 2020.

Sukmadinata. (2004). Pembelajaran Tematik, (Online). (http://tarpaniku.blogspot.com/2016/12/pengertian-tematik-tujuan-fungsi.html), diakses pada 29 April 2020.

Wasliman. (2007). Pengertian Hasil Belajar, (Online), (http://eprints.ums.ac.id/36968/1/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf), diakses pada 27 April 2020.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2021-02-01

How to Cite

Sari, S. F. (2021). Penerapan Model Scramble untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Tematika Muatan IPA pada Siswa Kelas V (Lima) SDN Koncer 1 Tenggarang Bondowoso Tahun 2020. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(1), 7–16. https://doi.org/10.53624/ptk.v2i1.42