Video Interaktif sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Pucangsimo 1 Bandarkedungmulyo Jombang

Authors

  • Ervina Budi Lestari SD Negeri Pucangsimo 1 Bandarkedungmulyo Jombang

DOI:

https://doi.org/10.53624/ptk.v2i1.49

Keywords:

Media Pembelajaran, Video Interaktif, Hasil Belajar

Abstract

Penggunaan media pembelajaran yang tepat merupakan faktor penunjang dalam keberhasilan proses pembelajaran, terutama pada pembelajaran daring. Berdasarkan observasi peneliti di SDN Pucangsimo 1 Bandarkedungmulyo Jombang. Dalam pembelajaran daring, guru masih menggunakan metode pembelajaran ceramah melalui whatsapp grup dan video call dengan mengacu pada referensi buku siswa. Hal ini memicu sering terjadinya miskonsepsi pada siswa, sehingga mengakibatkan rendahnya nilai hasil belajar siswa yang masih di bawah KKM. Oleh karena itu, diperlukan inovasi dalam pembelajaran, yaitu dengan penggunaan media video interaktif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Pucangsimo 1 Bandarkedungmulyo Jombang yang berjumlah 33 siswa. Data penelitian diperoleh melalui observasi, tes, dan catatan lapangan. Data observasi kegiatan pembelajaran dianalisis dalam bentuk persentase dan nilai rata-rata kegiatan pembelajaran. Data tes hasil belajar siswa dianalisis dengan menjumlahkan nilai setiap aspek yang dinilai dan berdasarkan persentase ketuntasan belajar klasikal. Data catatan lapangan yang berisi berbagai kendala dianalisis kemudian dicari solusinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dalam pembelajaran mengalami peningkatan. Pada siklus I hasil belajar siswa mencapai 72,88% dan pada siklus II hasil belajar siswa mencapai 80,68%. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah penggunaan video interaktif pada pembelajaran daring dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika materi pecahan di kelas V SDN Pucangsimo 1 Bandarkedungmulyo Jombang.

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azizah, dkk. 2018. Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan. Vol. 35 (1) : 61.

Darmuki, A. & Hidayati N.A. 2019. An Investigation of The Cooperative Learning Using Audio Visual Media in Speaking Skill Subject. ICSTI. 121-126.

Darmuki, A., Ahmad Hariyadi, Nur Alfin Hidayati. 2020. Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Mind Map pada Mahasiswa Kelas IA PBSI IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2019/2020. Kredo.

Darmuki, A., Andayani, Joko Nurkamto, Kundharu Saddhono. 2017. Evaluating Information-Processing-Based Learning Cooperative Model on Speaking Skill Course. Journal of Language Teaching and Reasearch. 8(1) pp. 44-51.

Darmuki, A., Andayani, Joko Nurkamto, Kundharu Saddhono. (2018). The Development and Evaluation of Speaking Learning Model by Cooperative Approach. International Journal of Instruction. 11(2), 115-128.

Darmuki, Agus. 2020. Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Mahasiswa Menggunakan Media Aplikasi Google Meet Berbasis Unggah Tugas Video Di Youtube Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, Vol 6(2),655-661

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SD/MI. Jakarta: Depdiknas.

Hariyadi, A and Darmuki, A. 2019. Eksperimentasi Model Pembelajaran Jucama Ditinjau Dari Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Berbicara Di Prodi PBSI IKIP PGRI Bojonegoro. Kredo. 3(1), 62-72.

Hariyadi, A., Agus Darmuki. 2019. Prestasi dan Motivasi Belajar dengan Konsep Diri. Prosiding Seminar Nasional Penguatan Muatan Lokal Bahasa Daerah sebagai Pondasi Pendidikan Karakter Generasi Milenial. PGSD UMK 2019, 280-286.

Hidayati, N. A., & Darmuki, A. 2021. Penerapan Model Auditory Intellectually Repetition (AIR) untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Mahasiswa . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 252-259.

Karso, et al. (2009). Pendidikan Matematika I. Jakarta: Universitas Terbuka.

Marisa, et al. 2013. Komputer dan Media Pembelajaran. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Zhang, et al. 2004. Can e-learning replace classroom learning? Communications of the ACM.Vol. 47 No.5.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2021-02-01

How to Cite

Lestari, E. B. (2021). Video Interaktif sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Pucangsimo 1 Bandarkedungmulyo Jombang. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(1), 52–61. https://doi.org/10.53624/ptk.v2i1.49