Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kediri Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning

Authors

  • Elly Rahmawati SMAN 1 Kediri

DOI:

https://doi.org/10.53624/ptk.v1i1.5

Keywords:

Hasil belajar, determinan dan invers matriks, discovery learning

Abstract

Penelitian tindakan kelas mengenai peningkatan kemampuan belajar siswa kelas XI semester gasal materi determinan dan invers matriks dilatar belakangi rendahnya persentase kemampuan hasil belajar siswa serta ketuntasan belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 3 siklus dimulai siklus 1 tanggal 19 Oktober 2020, siklus 2 tanggal 26 Oktober 2020, dan siklus 3 tanggal 10 November 2020 dengan subjek penelitian siswa kelas XI IPA B SMA Negeri 1 Kediri yang berjumlah 34 siswa tahun pelajaran 2020 /2021. Data yang dikumpulkan melalui metode observasi dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan sebanyak 3 siklus, hasil belajar selalu meningkat, siklus 2 meningkat sebesar 17,65% dari nilai siklus 1, sedangkan pada siklus 3 terjadi kenaikan kemampuan hasil belajar siswa sebesar 14,7% dari nilai siklus 2. Pada siklus 3 keberhasilan belajar mencapai 88,23%,. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan model pembelajaran discovery learning dimana siswa mengawali kegiatan pembelajaran dengan tahap simulasi oleh guru, dilanjutkan dengan identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, verifikasi, dan generalisasi. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa menggunakan model pembelajaran tersebut dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA B SMA Negeri 1 Kediri.

References

Arikunto, S., & others. (2008). Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PT. Bumi Aksara.

Daryanto. (2011). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah Beserta Contoh – Contohnya. Yogyakarta: Penerbit Gaya Media.

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Standart Kompetensi Mata Pelajaran Matematika SMA. Jakarta: Pusat Kurikulum. Balitbang Depdiknas.

Hardini, Tyas. (2016). Penerapan model discovery learning pada pembelajaran IPS untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar kognitif siswa sekolah dasar. Jurnal Discovery Larning.

Kunandar. (2008). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Nana, sudjana. 2005. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Downloads

PlumX Metrics

Published

2020-11-12

How to Cite

Rahmawati, E. (2020). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kediri Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 1(1), 48–70. https://doi.org/10.53624/ptk.v1i1.5