Upaya Peningkatan Literasi Menggunakan Metode Bimbingan Belajar Kelompok Siswa Kelas V

Authors

  • Alfionita Frederika Marindo Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Citra Bakti Ngada
  • Maria Yuliana Kua Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Citra Bakti Ngada

DOI:

https://doi.org/10.53624/ptk.v5i1.513

Keywords:

pembelajaran, literasi, kelompok

Abstract

SDK Wolowio merupakan salah satu sekolah dasar yang terletak di Kecamatan Bajawa, yang mengalami penurunan nilai literasi. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah metode pembelajaran yang cenderung berfokus pada penjelasan materi oleh guru, sehingga proses pembelajaran yang terjadi bersifat satu arah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti menerapkan metode bimbingan belajar kelompok dalam proses pembelajaran. Tujuan dari metode ini adalah untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan tes. Dengan Subjek penelitian ini adalah 19 siswa kelas V di SDK Wolowio, Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada, pada tahun pelajaran 2023/2024. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam nilai siswa setelah diterapkannya metode bimbingan belajar kelompok. Sebelum penerapan metode tersebut, nilai rata-rata siswa sangat rendah, yaitu 35,64. Namun, setelah dilakukan bimbingan belajar kelompok, nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 69,47.  Peningkatan yang signifikan antara hasil pre-test dan post-test ini menunjukkan bahwa metode bimbingan belajar kelompok sangat efektif dan dapat digunakan oleh pendidik di mana saja untuk mengatasi masalah serupa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fachri, A., & Putra, M. F. D. (2024). Studi Komparatif Kompetensi Sebelum dan sesudah pelatihan Agribisnis pada kelompok binaan NGO Human Initiative Sumatra Barat. Jurnal Administrasi Bisnis Nusantara, 3 (1), 13-22. https://doi.org/10.56135/jabnus.v3i1.138

Harianja, S. I., Trimayani, R., & Kurnia, L. (2023). Upaya Kampus Mengajar Terhadap Peningkatan Literasi dan Numerasi Peserta Didik di SD Negeri 066/IX Sengeti. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4 (3). https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i3.1405

Jatmiko, D., Redjeki, S., Sayekti, S. (2023). Hubungan Antara Motivasi Berprestasi Dengan Semangat Wirausaha Siswa Di SMKN 1 Pringapus Siswa Untuk Siswa Sekolah Menengah, 5 (1), 48-55. https://doi.org/10.31331/emp.v2i1.kodeartikel

Kayatun, S. K., (2013). Penggunaan Metode Kerja Kelompok Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3 (4). http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i4.5384

Kua, M. Y., Suparmi, Ni. Wayan., Aryani, N. W. P., & Rewo, J. M. (2020) Pendampingan Belajar Fisika Berbasis Smart Solutio dengan Real Problem Bagi Peserta Didik SMP di Desa Malanuza Kecematan Golewa. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 1 (1). https://doi.org/10,38048/jailcb.v1i1.71

Kusnendar, J., Sanusi, Y., & Amzi, N. N. (2024). Implementasi Model Problem Based Learning Berbantuan Media Interaktif Cisco IT Essentials Virtual Dekstop Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Indonesian Journal of Business Intelligence, 7 (1). http://dx.doi.org/10.21927/ijubi.v7i1.4269

Muhamad, N., & Ricky, H. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Kerja Kelompok Pada Pembelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar Siswa di Masa Pandemic Covid-19. Jurnal Pendidikan UNIGA, 15 (2), 519. https://doi.org/10.52434/jp.v15i2.1392

Nurhasana, Anggun, D., & Heni, N. (2021). Peran Mahasiswa Program Kampus Mengajar Dalam Meningkatkan Kompetensi SDN 48 Bengkulu Tengah. SNPKM: Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 3, 166-73. http://journal2.um.ac.id

Papasi, J. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Kerja Kelompok Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen di SMP Negeri 1 Totikom Sulawesi Tengah. Jurnal Paedagogy, 7 (4), 339. Https://doi.org/10.33394/jp,v7i4.2879

Rohim, D. C., Rahmawati, S., & Ganestri, I. D. (2021). Konsep Asesmen Kompetensi Minimum Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Sekolah Dasar Untuk Siswa. Jurnal Varidika, 33 (1), 54-62. https://doi.org/10.23917/varidika,v33i1.14993

Rosaria, D., Novika, H. (2017). Bimbingan Belajar Bahasa Inggris Bagi Anak Usia Sekolah Dasar (6-12 Tahun) di Desa Semangat dalam RT.31 Handil Bhakti. Jurnal Al-Ikhlas, 2 (2). http://dx,doi.org/10.31602/jpai.v2i2.751

Rubio, P. F., (2013). Penggunaan Metode Kerja Kelompok Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Sekolah Dasar. 3 (4), 81-109. http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i4.5384

Safitri, V., & Daft, F. (2021). Peran Guru dalam Pembelajaran Membaca dan Menulis Melalui Gerakan Literasi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1638-1688. https://doi.org/10,31004/basicedu.v5i3.938

Suarni, N. (2020). Penerapan metode kerja kelompok pada mata pelajaran akidah akhlak dalam proses belajar mengajar kelas VII di Mts Ittihadil Ummah Karang Anyar Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate Thesis,UIN Mataram. http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/987

Susilawati., Yusenta., Margianti, K. (2013). Pembelajaran Tematik Dengan Metode Kerja Kelompok Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidkan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 2 (9). http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i9.3434

Tunardi, (2018). Memaknai Peran Perpustakaan Dan Pustakawan Dalam Menumbuhkan Budaya Literasi. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, 25 (3), 69-70. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3003

Witasari, R. (2021). Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dan Relevansinya Dengan Kebijakan Pendidikan Merdeka Belajar. Journal Of Elementary School And Education, 1 (1), 1-8. https://dx.doi.org/10.21927/ijeeti.2022

Wulandari, E. (2012). Penggunaan Metode Kerja Kelompok Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Sub Pokok Bahasan Perubahan Sifat Benda Kelas V SDN I Martapada Kulon.

Wulanjani, A. N., & Anggraeni, C. W. (2019). Meningkatkan Minat Membaca Melalui Gerakan Literasi Membaca Bagi Siswa Sekolah Dasar. Proceeding Of Biology Education, 3 (1), 26-31. http://journal.unj.ac.id/unj.index.php/pbe

Zumaroh, A. K. (2013). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Underachiever Melalui Layanan Bimbingan Belajar Kelompok Pada Siswa SD Negeri Pekunden Semarang. Under Graduates Thesis, Universitas Negeri Semarang, 2 (3). https://doi.org/10.15294/ijgc.v2i3.3194

Downloads

PlumX Metrics

Published

2024-11-29

How to Cite

Marindo, A. F., & Kua, M. Y. (2024). Upaya Peningkatan Literasi Menggunakan Metode Bimbingan Belajar Kelompok Siswa Kelas V . PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 5(1), 180–191. https://doi.org/10.53624/ptk.v5i1.513