Upaya Peningkatan Literasi Menggunakan Metode Bimbingan Belajar Kelompok Siswa Kelas V
DOI:
https://doi.org/10.53624/ptk.v5i1.513Keywords:
pembelajaran, literasi, kelompokAbstract
SDK Wolowio merupakan salah satu sekolah dasar yang terletak di Kecamatan Bajawa, yang mengalami penurunan nilai literasi. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah metode pembelajaran yang cenderung berfokus pada penjelasan materi oleh guru, sehingga proses pembelajaran yang terjadi bersifat satu arah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti menerapkan metode bimbingan belajar kelompok dalam proses pembelajaran. Tujuan dari metode ini adalah untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan tes. Dengan Subjek penelitian ini adalah 19 siswa kelas V di SDK Wolowio, Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada, pada tahun pelajaran 2023/2024. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam nilai siswa setelah diterapkannya metode bimbingan belajar kelompok. Sebelum penerapan metode tersebut, nilai rata-rata siswa sangat rendah, yaitu 35,64. Namun, setelah dilakukan bimbingan belajar kelompok, nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 69,47. Peningkatan yang signifikan antara hasil pre-test dan post-test ini menunjukkan bahwa metode bimbingan belajar kelompok sangat efektif dan dapat digunakan oleh pendidik di mana saja untuk mengatasi masalah serupa.
Downloads
References
Fachri, A., & Putra, M. F. D. (2024). Studi Komparatif Kompetensi Sebelum dan sesudah pelatihan Agribisnis pada kelompok binaan NGO Human Initiative Sumatra Barat. Jurnal Administrasi Bisnis Nusantara, 3 (1), 13-22. https://doi.org/10.56135/jabnus.v3i1.138
Harianja, S. I., Trimayani, R., & Kurnia, L. (2023). Upaya Kampus Mengajar Terhadap Peningkatan Literasi dan Numerasi Peserta Didik di SD Negeri 066/IX Sengeti. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4 (3). https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i3.1405
Jatmiko, D., Redjeki, S., Sayekti, S. (2023). Hubungan Antara Motivasi Berprestasi Dengan Semangat Wirausaha Siswa Di SMKN 1 Pringapus Siswa Untuk Siswa Sekolah Menengah, 5 (1), 48-55. https://doi.org/10.31331/emp.v2i1.kodeartikel
Kayatun, S. K., (2013). Penggunaan Metode Kerja Kelompok Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3 (4). http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i4.5384
Kua, M. Y., Suparmi, Ni. Wayan., Aryani, N. W. P., & Rewo, J. M. (2020) Pendampingan Belajar Fisika Berbasis Smart Solutio dengan Real Problem Bagi Peserta Didik SMP di Desa Malanuza Kecematan Golewa. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 1 (1). https://doi.org/10,38048/jailcb.v1i1.71
Kusnendar, J., Sanusi, Y., & Amzi, N. N. (2024). Implementasi Model Problem Based Learning Berbantuan Media Interaktif Cisco IT Essentials Virtual Dekstop Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Indonesian Journal of Business Intelligence, 7 (1). http://dx.doi.org/10.21927/ijubi.v7i1.4269
Muhamad, N., & Ricky, H. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Kerja Kelompok Pada Pembelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar Siswa di Masa Pandemic Covid-19. Jurnal Pendidikan UNIGA, 15 (2), 519. https://doi.org/10.52434/jp.v15i2.1392
Nurhasana, Anggun, D., & Heni, N. (2021). Peran Mahasiswa Program Kampus Mengajar Dalam Meningkatkan Kompetensi SDN 48 Bengkulu Tengah. SNPKM: Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 3, 166-73. http://journal2.um.ac.id
Papasi, J. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Kerja Kelompok Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen di SMP Negeri 1 Totikom Sulawesi Tengah. Jurnal Paedagogy, 7 (4), 339. Https://doi.org/10.33394/jp,v7i4.2879
Rohim, D. C., Rahmawati, S., & Ganestri, I. D. (2021). Konsep Asesmen Kompetensi Minimum Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Sekolah Dasar Untuk Siswa. Jurnal Varidika, 33 (1), 54-62. https://doi.org/10.23917/varidika,v33i1.14993
Rosaria, D., Novika, H. (2017). Bimbingan Belajar Bahasa Inggris Bagi Anak Usia Sekolah Dasar (6-12 Tahun) di Desa Semangat dalam RT.31 Handil Bhakti. Jurnal Al-Ikhlas, 2 (2). http://dx,doi.org/10.31602/jpai.v2i2.751
Rubio, P. F., (2013). Penggunaan Metode Kerja Kelompok Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Sekolah Dasar. 3 (4), 81-109. http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i4.5384
Safitri, V., & Daft, F. (2021). Peran Guru dalam Pembelajaran Membaca dan Menulis Melalui Gerakan Literasi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1638-1688. https://doi.org/10,31004/basicedu.v5i3.938
Suarni, N. (2020). Penerapan metode kerja kelompok pada mata pelajaran akidah akhlak dalam proses belajar mengajar kelas VII di Mts Ittihadil Ummah Karang Anyar Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate Thesis,UIN Mataram. http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/987
Susilawati., Yusenta., Margianti, K. (2013). Pembelajaran Tematik Dengan Metode Kerja Kelompok Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidkan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 2 (9). http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i9.3434
Tunardi, (2018). Memaknai Peran Perpustakaan Dan Pustakawan Dalam Menumbuhkan Budaya Literasi. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, 25 (3), 69-70. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3003
Witasari, R. (2021). Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dan Relevansinya Dengan Kebijakan Pendidikan Merdeka Belajar. Journal Of Elementary School And Education, 1 (1), 1-8. https://dx.doi.org/10.21927/ijeeti.2022
Wulandari, E. (2012). Penggunaan Metode Kerja Kelompok Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Sub Pokok Bahasan Perubahan Sifat Benda Kelas V SDN I Martapada Kulon.
Wulanjani, A. N., & Anggraeni, C. W. (2019). Meningkatkan Minat Membaca Melalui Gerakan Literasi Membaca Bagi Siswa Sekolah Dasar. Proceeding Of Biology Education, 3 (1), 26-31. http://journal.unj.ac.id/unj.index.php/pbe
Zumaroh, A. K. (2013). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Underachiever Melalui Layanan Bimbingan Belajar Kelompok Pada Siswa SD Negeri Pekunden Semarang. Under Graduates Thesis, Universitas Negeri Semarang, 2 (3). https://doi.org/10.15294/ijgc.v2i3.3194
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Alfionita Frederika Marindo, Maria Yuliana Kua
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0