Analisis Kesulitan Membaca Pemahaman Peserta Didik Kelas Tinggi
DOI:
https://doi.org/10.53624/ptk.v5i1.514Keywords:
kesulitan, membaca pemahaman, Peserta didik kelas tinggiAbstract
Permasalahan dalam penelitian ini berkaitan dengan kesulitan dalam membaca pemahaman yang dialami peserta didik di kelas tinggi. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mengkaji dan memaparkan kesulitan dalam membaca pemahaman yang terjadi pada peserta didik serta hal-hal yang memengaruhi kesulitan tersebut pada peserta didik kelas tinggi di UPTD SDN 1 Sumberejo. Penelitian ini dilaksanakan dengan menerapkan pendekatan kualitatif dengan sumber data yang meliputi peserta didik, pendidik serta orang tua dari peserta didik. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas tinggi di UPTD SDN 1 Sumberejo. Untuk mengumpulkan data, penelitian ini mengaplikasikan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan dari penelitian yang telah dilaksanakan adalah terdapat peserta didik di kelas tinggi yang masih menghadapi kesulitan dalam memahami bacaan, yang tercermin melalui lima indikator utama kesulitan dalam membaca pemahaman. Faktor internal dan juga eksternal diidentifikasi sebagai penyebab utama hambatan dalam memahami bacaan tersebut.
Downloads
References
Alpian, V. S., & Yatri, I. 2022. Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman pada Peserta didik Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5573-5581.
Amalia, Rinda Suci.,dkk. 2020. Penerapan Model Pembelajaran SQ3R Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan. 6(1) : 7-9.
Annisa, W & Rinaldi, R. (2017). Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Strategi The Cognitive Academi Language Learning Approach (CALLA) Berbasis Kearifan Lokal Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 18 Padang. Jurnal Puitika, 11(1), 200-206
Baharuddin. 2014. Pendidikan dan Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Damastuti, E. 2015. Faktor-Faktor Prediktor Yang Mempengaruhi Kesulitan Membaca Pemahaman Pada Peserta didik Yang mengalami Kesulitan Membaca Pemahaman (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Lestari, R. P. W. 2021. Analisis Kesulitan Membaca Pemahaman pada Peserta Didik Kelas VD SD Djama’atul Ichwan Sondakan Laweyan Surakarta Tahun Ajaran 2020/2021. Viny Sarah Alpian
Manurung, M. D. Y. 2022. Analisis kesulitan membaca pemahaman peserta didik kelas IV SD Negeri 060938 kwala bekala tahun ajaran 2021/2022 (Doctoral dissertation, universitas quality).
Mukhlishina, I. 2017. Modul Pembelajaran Membaca Pemahaman Teks Cerita Petualangan Untuk Peserta didik Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 5(2), 791-798.
Navida, Ilyun., dkk. 2023. Kemampuan Literasi Membaca Peserta Didik Pada Muatan Bahasa Indonesia Kelas 3 di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio. 9(2) : 1034-1039.
Permendikbud. 2016. Permendikbud No. 26 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Kemendikbud. Jakarta. https://simpuh.kemenag.go.id/regulasiListKategori.php?jenis=Peraturan%2 6Menteri%Pendidikan. Diakses pada 3 Oktober 2023.
Pratiwi, dkk. 2017. Analisis Kesulitan Peserta Didik dalam Membaca Permulaan di Kelas Satu Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah Dasar. 26(1) 69-76.
Pratiwi,T.L.2022. Analisis Kesulitan Membaca Peserta Didik Kelas II SDN 002 Benai Kec. Benai Kab. Kuansing. Universitas Islam Riau.
Rahmawati, Ulifi Pebri. 2017. Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Peserta didik Kelas 1 Pada Pembelajaran Tematik di SDN 01 Notorejo Gondang Kabupaten Tulungagung. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Malang.
Sugiyono. 2022 Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Tusfiana, I. A., & Tryanasari, D. 2020. Kesulitan membaca pemahaman peserta didik SD. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2, 78-85.
S Udhiyanasari, K. Y. 2019. Upaya Penanganan Kesulitan Membaca Permulaan Pada Anak Berkesulitan Membaca Kelas II di SDN Manahan Surakarta. Speed Journal: Journal of Special Education, 3(1), 39-50.
Windiasari, D. A., Wiarsih, C., & Febrianta, Y. 2021. Kesulitan membaca pemahaman peserta didik di kelas iva sd negeri 1 karangnanas. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 9(1), 239-247.
Yanti, C. D., Anggraeni, S. W., & Prihamdani, D. (2020). Analisis Kesulitan Membaca Pemahaman pada Peserta didik Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary School Education, 1(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Frida Destini, Hariyanto, Ulwan Syafrudin, Deviyanti Pangestu, Nila Amalia Nabila
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0