Analisis Kesulitan Membaca Pemahaman Peserta Didik Kelas Tinggi

Authors

  • Frida Destini Universitas Lampung
  • Hariyanto Universitas Lampung
  • Ulwan Syafrudin Universitas Lampung
  • Deviyanti Pangestu Universitas Lampung
  • Nila Amalia Nabila Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.53624/ptk.v5i1.514

Keywords:

kesulitan, membaca pemahaman, Peserta didik kelas tinggi

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini berkaitan dengan kesulitan dalam membaca pemahaman yang dialami peserta didik di kelas tinggi. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mengkaji dan memaparkan kesulitan dalam membaca pemahaman yang terjadi pada peserta didik serta hal-hal yang memengaruhi kesulitan tersebut pada peserta didik kelas tinggi di UPTD SDN 1 Sumberejo. Penelitian ini dilaksanakan dengan menerapkan pendekatan kualitatif dengan sumber data yang meliputi peserta didik, pendidik serta orang tua dari peserta didik. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas tinggi di UPTD SDN 1 Sumberejo. Untuk mengumpulkan data, penelitian ini mengaplikasikan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan dari penelitian yang telah dilaksanakan adalah terdapat peserta didik di kelas tinggi yang masih menghadapi kesulitan dalam memahami bacaan, yang tercermin melalui lima indikator utama kesulitan dalam membaca pemahaman. Faktor internal dan juga eksternal diidentifikasi sebagai penyebab utama hambatan dalam memahami bacaan tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alpian, V. S., & Yatri, I. 2022. Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman pada Peserta didik Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5573-5581.

Amalia, Rinda Suci.,dkk. 2020. Penerapan Model Pembelajaran SQ3R Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan. 6(1) : 7-9.

Annisa, W & Rinaldi, R. (2017). Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Strategi The Cognitive Academi Language Learning Approach (CALLA) Berbasis Kearifan Lokal Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 18 Padang. Jurnal Puitika, 11(1), 200-206

Baharuddin. 2014. Pendidikan dan Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Damastuti, E. 2015. Faktor-Faktor Prediktor Yang Mempengaruhi Kesulitan Membaca Pemahaman Pada Peserta didik Yang mengalami Kesulitan Membaca Pemahaman (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Lestari, R. P. W. 2021. Analisis Kesulitan Membaca Pemahaman pada Peserta Didik Kelas VD SD Djama’atul Ichwan Sondakan Laweyan Surakarta Tahun Ajaran 2020/2021. Viny Sarah Alpian

Manurung, M. D. Y. 2022. Analisis kesulitan membaca pemahaman peserta didik kelas IV SD Negeri 060938 kwala bekala tahun ajaran 2021/2022 (Doctoral dissertation, universitas quality).

Mukhlishina, I. 2017. Modul Pembelajaran Membaca Pemahaman Teks Cerita Petualangan Untuk Peserta didik Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 5(2), 791-798.

Navida, Ilyun., dkk. 2023. Kemampuan Literasi Membaca Peserta Didik Pada Muatan Bahasa Indonesia Kelas 3 di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio. 9(2) : 1034-1039.

Permendikbud. 2016. Permendikbud No. 26 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Kemendikbud. Jakarta. https://simpuh.kemenag.go.id/regulasiListKategori.php?jenis=Peraturan%2 6Menteri%Pendidikan. Diakses pada 3 Oktober 2023.

Pratiwi, dkk. 2017. Analisis Kesulitan Peserta Didik dalam Membaca Permulaan di Kelas Satu Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah Dasar. 26(1) 69-76.

Pratiwi,T.L.2022. Analisis Kesulitan Membaca Peserta Didik Kelas II SDN 002 Benai Kec. Benai Kab. Kuansing. Universitas Islam Riau.

Rahmawati, Ulifi Pebri. 2017. Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Peserta didik Kelas 1 Pada Pembelajaran Tematik di SDN 01 Notorejo Gondang Kabupaten Tulungagung. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Malang.

Sugiyono. 2022 Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Tusfiana, I. A., & Tryanasari, D. 2020. Kesulitan membaca pemahaman peserta didik SD. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2, 78-85.

S Udhiyanasari, K. Y. 2019. Upaya Penanganan Kesulitan Membaca Permulaan Pada Anak Berkesulitan Membaca Kelas II di SDN Manahan Surakarta. Speed Journal: Journal of Special Education, 3(1), 39-50.

Windiasari, D. A., Wiarsih, C., & Febrianta, Y. 2021. Kesulitan membaca pemahaman peserta didik di kelas iva sd negeri 1 karangnanas. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 9(1), 239-247.

Yanti, C. D., Anggraeni, S. W., & Prihamdani, D. (2020). Analisis Kesulitan Membaca Pemahaman pada Peserta didik Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary School Education, 1(2).

Downloads

PlumX Metrics

Published

2024-11-30

How to Cite

Destini, F., Hariyanto, Syafrudin, U., Pangestu, D., & Nabila, N. A. (2024). Analisis Kesulitan Membaca Pemahaman Peserta Didik Kelas Tinggi. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 5(1), 241–249. https://doi.org/10.53624/ptk.v5i1.514