Implementasi Model PBL dan Media Permainan Ubur-Ubur untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila

Authors

  • Nurul Adha Universitas Tadulako
  • Azizah Universitas Tadulako
  • Warda Universitas Tadulako

DOI:

https://doi.org/10.53624/ptk.v5i1.515

Keywords:

media, permainan ubur-ubur, keaktifan, belajar

Abstract

Keaktifan belajar siswa merupakan faktor penting dalam keberhasilan proses pembelajaran, terutama dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila yang menuntut keterlibatan aktif dan kerjasama siswa. Namun, keaktifan belajar siswa kelas IV SDN 20 Palu masih rendah, sehingga perlu adanya inovasi dalam pendekatan pembelajaran untuk meningkatkan partisipasi siswa. Salah satu pendekatan yang dianggap efektif adalah model Problem Based Learning (PBL) yang dipadukan dengan media permainan “ubur-ubur”, yang dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik dan interaktif. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data keaktifan siswa dikumpulkan melalui observasi terhadap empat indikator utama: partisipasi dalam pemecahan masalah, serta dalam tugas belajar, mengemukakan pendapat/ide, serta kerjasama dan hubungan sosial. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam keaktifan belajar siswa. Rata-rata keaktifan siswa meningkat dari 48,75% pada prasiklus menjadi 68,75% pada Siklus I, dan 90% pada Siklus II. Peningkatan terlihat pada semua indikator, termasuk partisipasi dalam pemecahan masalah, kemampuan mengemukakan pendapat, dan kerjasama. Model PBL berbantuan media permainan ubur-ubur terbukti efektif dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Pancasila. Media ini tidak hanya meningkatkan partisipasi dan interaksi sosial siswa tetapi juga membantu mereka dalam memahami materi dengan lebih baik. Studi ini merekomendasikan penggunaan media permainan dan model PBL secara berkelanjutan dan terintegrasi dengan strategi pembelajaran lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriyansyah, C., & Kurniawaty, L. (2022). Pengembangan Model Permainan Berbasis Barang Bekas untuk Membangun Kompetensi Abad 21 pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6837-6849. Doi: 10.31004/obsesi.v6i6.3446

Arifin, A., Santoso, G., Kudori, M., & Tugiman, T. (2023). Peran Budaya dan Bahasa dalam Membentuk Identitas Diri Melalui Berkebhinekaan Global, Kreatif dan Kritis di Kelas 5. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(4), 438-463. https://doi.org/10.9000/jpt.v2i4.620

Ayu Pramesti, A., & Suci Qamaria, R. (2022). Penerapan Komunikasi Terapeutik dengan Media Flash Card pada Anak yang Mengalami Down Syndrome. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(2), 159–169. https://doi.org/10.53624/ptk.v2i2.92

Chusni, M. M., Andrian, R., Sariyatno, B., Hanifah, D. P., Lubis, R., Fitriani, A., ... & Rahmandani, F. (2021). Strategi Belajar Inovatif. Pradina Pustaka.

Dewi, E. M. P., Qamaria, R. S., Widiastuti, A. A., Widyatno, A., Marpaung, J., & Ervina, I. & Suprihatin, T.(2024). Pendidikan Indonesia Di Era Globalisasi.

Durisa, A. I., Istiningsih, S., & Widodo, A. (2022). Menciptakan Pembelajaran yang Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan Di Sekolah Dasar. Elementary Journal: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 55-63. https://doi.org/10.47178/elementary.v5i2.1678

Fristadi, R., & Bharata, H. (2015). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan problem based learning. In Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY (Vol. 2015, pp. 597-602).

Kartika, S., Husni, H., & Millah, S. (2019). Pengaruh kualitas sarana dan prasarana terhadap minat belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 113. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.360

Kertati, I., Zamista, A. A., Rahman, A. A., Yendri, O., Pratama, A., Rusmayadi, G., ... & Arwizet, K. (2023). Model & metode pembelajaran inovatif era digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Magdalena, I., Shodikoh, A. F., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., & Susilawati, I. (2021). Pentingnya media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa sdn meruya selatan 06 pagi. Edisi, 3(2), 312-325. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi

Maulani, W. (2016). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Cisaranten Kidul Bandung Pada Sub Tema Keberagaman Budaya Bangsaku (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).

Maulia, S. (2023). Peran Komunikasi Efektif Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar (SD). Elementa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1). https://doi.org/10.33654/pgsd.v5i1.2310

Mulyani, A. S., Nurishlah, L., & Tarigan, L. F. B. (2021). Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Karakter Kerja Sama. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(2), 561-568. https://doi.org/10.5281/zenodo.10802602

Nataliya, P. (2015). Efektivitas penggunaan media pembelajaran permainan tradisional congklak untuk meningkatkan kemampuan berhitung pada siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 3(2), 343-358. https://doi.org/10.22219/jipt.v3i2.3536

Pratiwi, B. A., Sumiyadi, S., & Nugroho, R. A. (2024). Pembelajaran diferensiasi berbasis proyek untuk pengembangan keterampilan menulis cerita pendek di SMP. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(3), 2998-3009. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.4035

Puspitasari, D., Ulfah, M., Ramadhan, I., & Wijayati , Y. F. D. R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Media Games Dadu dan Kahoot terhadap Hasil Belajar. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(1), 135–148. https://doi.org/10.53624/ptk.v4i1.295

Putri, F. S., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbasis TPACK dalam Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(2), 1811-1822. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i2.954

Putri, W., Leuwol, F. S., & Lasaiba, M. A. (2024). Improving Students' Understanding of Disaster Mitigation Through Problem-Based Learning (PBL). GEOFORUM Jurnal Geografi dan Pendidikan Geografi, 3(2), 85-98. https://doi.org/10.30598/geoforumvol3iss2pp85-98

Reta, I. K. (2012). Pengaruh model pembelajaran Berbasis masalah terhadap keterampilan berpikir Kritis ditinjau dari Gaya kognitif siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 2(1). https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/article/view/403/195

Rumiyati, R., & ZulFitria, Z. (2024). Peran Permainan Edukatif Dalam Pengembangan Keterampilan Sosial Dan Kognitif Anak Usia Dini. Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2(7), 468-478. https://jurnal.kolibi.org/index.php/cendikia/article/view/2216/2129

Saksono, H., Khoiri, A., Dewi Surani, S. S., Rando, A. R., Setiawati, N. A., Umalihayati, S., ... & Aryuni, M. (2023). Teori Belajar dalam Pembelajaran. Cendikia Mulia Mandiri.

Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan aplikasi quizizz sebagai media pembelajaran ditengah pandemi pada siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi, 4(2), 163-173. https://doi.org/10.22437/jiituj.v4i2.11605

Sholeh, M. I., Tasya, D. A., Syafi’i, A., Rosyidi, H., Arifin, Z., & binti Ab Rahman, S. F. (2024). Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek (Pjbl) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Tinta: Jurnal Ilmu Keguruan dan Pendidikan, 6(2), 158-176. https://ejournal.alqolam.ac.id/index.php/jurnaltinta/article/view/1484/960

Sholihah, I. (2010). Penerapan model pembelajaran problem based learning (pbl) untuk meningkatkan partisipasi dan keaktifan berdiskusi siswa dalam pembelajaran biologi kelas vii smp negeri 2 Surakarta tahun pelajaran 2008/2009.

Siswanto, D. H., & Kuswantara, H. (2024). Peningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Limit Fungsi Aljabar Menggunakan Model Problem Based Learning Berpendekatan Culturally Responsive Teaching. Jurnal Praktik Baik Pembelajaran Sekolah dan Pesantren, 3(03), 107-117. https://doi.org/10.56741/pbpsp.v3i03.636

Srimuliyani, S. (2023). Menggunakan teknik gamifikasi untuk meningkatkan pembelajaran dan keterlibatan siswa di kelas. EDUCARE: Jurnal Pendidikan Dan Kesehatan, 1(1), 29-35. https://doi.org/10.37985/jedu.v1i1.2

Utomo, P., Asvio, N., & Prayogi, F. (2024). Metode penelitian tindakan kelas (PTK): Panduan praktis untuk guru dan mahasiswa di institusi pendidikan. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(4), 19-19. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i4.821

Wahab, G., & Rosnawati, R. (2011). Teori-teori belajar dan pembelajaran. Erlangga, Bandung.

Wardani, D. A. W. (2023). Problem based learning: membuka peluang kolaborasi dan pengembangan skill siswa. Jawa Dwipa, 4(1), 1-17.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2024-11-29

How to Cite

Adha, N., Azizah, & Warda. (2024). Implementasi Model PBL dan Media Permainan Ubur-Ubur untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 5(1), 207–222. https://doi.org/10.53624/ptk.v5i1.515