Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Perkalian Menggunakan Papan Perkalian

Authors

  • Lailita Nurfi Kurniawati SDN Medowo 1 Kandangan Kediri

DOI:

https://doi.org/10.53624/ptk.v2i2.52

Keywords:

hasil belajar, materi perkalian, papan perkalian

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SDN Medowo 1 oleh peneliti bahwa dalam pembelajaran matematika guru masih menggunakan metode ceramah yang membuat siswa jenuh dan kurang antusias untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Dari 23 siswa yang mengikuti pembelajaran, hanya 26,08% atau 6 siswa yang hasil belajarnya diatas kriteria ketuntasan minimum yang ditetapkan sekolah. Pelaksanaan pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas. Peneliti bertindak sebagai guru yang terlibat langsung dalam proses perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pada siklus 1, hasil pengamatan memperlihatkan bahwa kinerja guru sudah baik tetapi masih ada kekurangan-kekurangan yang harus diperbaiki, keaktifan siswa masih kurang maksimal, dan hasil evaluasi belajar siswa yang mencapai nilai ketuntasan ada 14 anak dengan prosentase ketuntasan klasikal 58,33%. Siklus 2, hasil pengamatan memperlihatkan kinerja guru sudah baik, kekurangan-kekurangan yang ada pada siklus 1 sudah tidak nampak lagi, siswa aktif dalam mengikuti proses pembelajaran, dan siswa yang mencapai nilai ketuntasan ada 21 anak dengan prosentase klasikal 87,50%. Ketuntasan belajar meningkat dari 58,33% menjadi 87,50%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan media papan perkalian pada materi perkalian memberi dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

References

Afandi, Muhamad, Evi Chamalah, Oktarina Puspita Wardani, and H. Gunarto. 2013. “Model Dan Metode Pembelajaran.” Semarang: Unissula.

Asnawir & Usman, B. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat

Darmuki, Agus. 2020. Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Mahasiswa Menggunakan Media Aplikasi Google Meet Berbasis Unggah Tugas Video Di Youtube Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, Vol 6(2),655-661.

Darmuki, A. & Hariyadi, A. 2019. Eksperimentasi Model Pembelajaran Jucama Ditinjau Dari Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Berbicara Di Prodi PBSI IKIP PGRI Bojonegoro. Kredo. 3(1), 62-72.

Darmuki, A., Hariyadi, A., Hidayati, N. A. 2020. Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Mind Map pada Mahasiswa Kelas IA PBSI IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2019/2020. Kredo.

Hidayati, N. A. 2020. Penerapan Metode Mind Map Berbasis Drill Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Mahasiswa di Prodi PBSI IKIP PGRI Bojonegoro . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 462-468.

Hidayati, N. A., Waluyo, H. J., Winarni, R., & Suyitno. 2020. Exploring the Implementation of Local Wisdom-Based Character Education among Indonesian Higher Education Students. International Journal of Instruction, 13(2), 179-198. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13213a

Rochiati, W. 2015. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: P.T. Remaja Rosdakarya.

Sadiman, A.S. (2006). Media pendidikan: Pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Sudjana, N, Rivai, A 2015. Media Pengajaran. Cetakan ke-12. Bandung: Sinar. Baru Algensindo

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2022-02-01

How to Cite

Kurniawati, L. N. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Perkalian Menggunakan Papan Perkalian. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(2), 113–119. https://doi.org/10.53624/ptk.v2i2.52

Issue

Section

Articles