Penggunaan Model Studysaster pada Pembelajaran Daring dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas 5 SD Kyai Ibrahim Surabaya Tahun Pelajaran 2020-2021

Authors

  • Bety Indri Puspitarini SD Kyai Ibrahim Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.53624/ptk.v2i2.53

Keywords:

model studysaster, pembelajaran daring, hasil belajar

Abstract

Menghadapi dampak  pandemi covid-19, kementerian Pendidikan dan kebudayaan melakukan penyesuaian, salah satunya adalah bekerja dari rumah dan belajar dari rumah. Melalui penggunaan model  studysaster dalam pembelajaran, siswa dapat mengedukasi dirinya sendiri dan dapat mengedukasi orang lain dari karya yang telah dibuat. Dengan begitu siswa mendapatkan suatu bekal untuk kehidupan dalam menghadapi suatu bencana dari dampak yang ditimbulkan. Dalam upaya ini guru sebagai fasilitator dan motivator yang diperlukan siswa dalam proses pembelajaran mengadakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran studysaster dalam penyusunan RPP. Berdasarkan hasil yang didapat pada siklus I dan II dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa mengalami peningkatan dari 57 % menjadi 75%. Adanya peningkatan hasil pembelajaran tersebut dikarenakan guru menggunakan model pembelajaran studysaster pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi iklan media cetak dan elektronik. Model pembelajaran yang digunakan oleh guru ternyata memiliki dampak atau pengaruh yang positif dalam upaya peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari tingkah laku atau sikap siswa ketika mengikuti pembelajaran siswa terlihat aktif dan menikmati proses pembelajaran tersebut. Pada siklus II ini diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 81% melebihi batas minimal ketuntasan klasikal yang telah ditentukan sebelumnya sebesar 75%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

B., N. A. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Nonj Examples Dengan Menggunakan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas VIII SMPN 1 Argamakmur. Jurnal Exacta, 24-35.

Hidayat, A. 2012, Mei 12. Penjelasan Desain Penelitian. Diambil kembali dari statistikian.com: https://www.statistikian.com/2012/05/desain-penelitian-pengantar.html

Huri, D. 2014. Penguasaan Kosa Kata Kedwibahasaan Antara Bahasa Sunda Dan Bahasa Indonesia Pada Anak-anak (Sebuah Analisis Deskriptif Komparatif). Jurnal Pendidikan UNSIKA, 59-77.

Nurhasanah, A., Maryuni, Y., & Ramadhan, A. 2020. Pemanfaatan Vlog Sejarah Sebagai Media Alternatif Di Era Covid-19. Jurnal Untirta, 414-424.

S, O. F., & Winata, H. 2018. Regulasi diri (pengaturan diri) sebagai determinan hasil belajar siswa sekolah menengah kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 36-43.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sujatmoko, E. 2010. Hak Wrga Negara Dalam Memperoleh Pendidikan. Jurnal Konstitusi, 182-211.

Widyasari, E. 2020. Model Pembelajaran Studysaster Dalam Upaya Meningkatkan Imunitas pada Pandemi Covid-19. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 32-37.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2022-02-01

How to Cite

Puspitarini, B. I. (2022). Penggunaan Model Studysaster pada Pembelajaran Daring dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas 5 SD Kyai Ibrahim Surabaya Tahun Pelajaran 2020-2021. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(2), 101–112. https://doi.org/10.53624/ptk.v2i2.53

Issue

Section

Articles