Penggunaan Model Studysaster pada Pembelajaran Daring dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas 5 SD Kyai Ibrahim Surabaya Tahun Pelajaran 2020-2021
DOI:
https://doi.org/10.53624/ptk.v2i2.53Keywords:
model studysaster, pembelajaran daring, hasil belajarAbstract
Menghadapi dampak pandemi covid-19, kementerian Pendidikan dan kebudayaan melakukan penyesuaian, salah satunya adalah bekerja dari rumah dan belajar dari rumah. Melalui penggunaan model studysaster dalam pembelajaran, siswa dapat mengedukasi dirinya sendiri dan dapat mengedukasi orang lain dari karya yang telah dibuat. Dengan begitu siswa mendapatkan suatu bekal untuk kehidupan dalam menghadapi suatu bencana dari dampak yang ditimbulkan. Dalam upaya ini guru sebagai fasilitator dan motivator yang diperlukan siswa dalam proses pembelajaran mengadakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran studysaster dalam penyusunan RPP. Berdasarkan hasil yang didapat pada siklus I dan II dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa mengalami peningkatan dari 57 % menjadi 75%. Adanya peningkatan hasil pembelajaran tersebut dikarenakan guru menggunakan model pembelajaran studysaster pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi iklan media cetak dan elektronik. Model pembelajaran yang digunakan oleh guru ternyata memiliki dampak atau pengaruh yang positif dalam upaya peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari tingkah laku atau sikap siswa ketika mengikuti pembelajaran siswa terlihat aktif dan menikmati proses pembelajaran tersebut. Pada siklus II ini diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 81% melebihi batas minimal ketuntasan klasikal yang telah ditentukan sebelumnya sebesar 75%.
Downloads
References
B., N. A. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Nonj Examples Dengan Menggunakan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas VIII SMPN 1 Argamakmur. Jurnal Exacta, 24-35.
Hidayat, A. 2012, Mei 12. Penjelasan Desain Penelitian. Diambil kembali dari statistikian.com: https://www.statistikian.com/2012/05/desain-penelitian-pengantar.html
Huri, D. 2014. Penguasaan Kosa Kata Kedwibahasaan Antara Bahasa Sunda Dan Bahasa Indonesia Pada Anak-anak (Sebuah Analisis Deskriptif Komparatif). Jurnal Pendidikan UNSIKA, 59-77.
Nurhasanah, A., Maryuni, Y., & Ramadhan, A. 2020. Pemanfaatan Vlog Sejarah Sebagai Media Alternatif Di Era Covid-19. Jurnal Untirta, 414-424.
S, O. F., & Winata, H. 2018. Regulasi diri (pengaturan diri) sebagai determinan hasil belajar siswa sekolah menengah kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 36-43.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sujatmoko, E. 2010. Hak Wrga Negara Dalam Memperoleh Pendidikan. Jurnal Konstitusi, 182-211.
Widyasari, E. 2020. Model Pembelajaran Studysaster Dalam Upaya Meningkatkan Imunitas pada Pandemi Covid-19. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 32-37.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Bety Indri Puspitarini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0