Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Melalui Model Quantum Teaching Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama
DOI:
https://doi.org/10.53624/ptk.v6i1.653Keywords:
writing ability, models, quantum teaching, studentsAbstract
The problem faced in this study is the low ability of students in writing descriptive texts. Therefore, this study aims to improve the learning outcomes of class VII D students at SMP Negeri 2 Kediri through the application of the quantum teaching learning model. The method used is Classroom Action Research (CAR) which is implemented in two cycles. The research subjects consisted of 32 class VII D students. Data collection techniques were carried out using learning outcome tests at the end of learning and observation data. The results of the study showed a significant increase in the ability to write descriptions between cycles I and II. In cycle I, there were 26 students who achieved learning mastery with a percentage of 81.25%. Meanwhile, in cycle II, all 32 students successfully achieved learning mastery, with a percentage of 100%. These findings indicate that the application of the quantum teaching learning model is effective in improving the ability of class VII D students at SMP Negeri 2 Kediri in writing descriptive texts.
Downloads
References
Adnyana, I. K. S. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dengan Metode Picture And Picture Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Pada Mahasiswa Semester Iii, Program Studi Pgsd, Fkip, Universitas Dwijendra. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni, 12(1), 109-125.
Amrullah, A. K., Wulansari, G., Gumilang, R. A. R., & Astriani, A. S. (2023). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Dalam Teks Ceramah Pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Indopedia (Jurnal Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan), 1(4), 1211-1221.
Arizal, J., Mardiati, M., & Jumiatik, J. (2021). Peningkatan keterampilan menulis teks berita menggunakan video YouTube pada siswa kelas VIII SMP Swasta Karya Kartini. Jurnal Serunai Bahasa Indonesia, 18(2), 50-59.
Asyifa, N., Azizah, P., & Tania, V. (2024). Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Semantik: Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 2(3), 244-252.
Azizah, A. (2021). “Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Dalam Pembelajaran.” Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 3(1):15–22. doi: 10.36835/au.v3i1.475.
Cahyaningrum, A.D., AD, Y., & Asyhari, A. (2019). “Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Tipe Tandur Terhadap Hasil Belajar.” Indonesian Journal of Science and Mathematics Education 2(3):372–79. doi: 10.24042/ijsme.v2i3.4363.
Fitri, R.A., Adnan, F., Irdamurni. (2021). “Pengaruh Model Quantum Teaching Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5(1):88–101.
Lestari, N. D. (2018). Pembelajaran Autentik dalam Menulis Teks Deskripsi. Efektor, 5(2), 74-85.
Maulia, S. (2023). Peran komunikasi efektif guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah dasar (SD). Elementa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1).
Mirnawati, & Firman. (2019). “Penerapan Teknik Clustering Dalam Mengembangkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas IV MI Pesanten Datuk Sulaiman Palopo.” Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran 2(2):165–77. doi: 10.30605/jsgp.2.2.2019.1373.
Nurhadi. (2017). Handbook of Writing. Jakarta: Bumi Aksara.
Prakoso, A. R., Seriardana, P., & Adnyani, L. D. S. (2021). Implementasi Genre Based Approach untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Explanation Text. Indonesian Gender and Society Journal, 2(1), 1-9.
Pratama, F.A. (2018). “Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Melalui Strategi Tandur Untuk Meningkatkan Kompetensi Kognisi Siswa.” Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi) 6(1):183–92.
Qamaria, R. S. (2022). Psikoedukasi mengenai Strategi Pendampingan Anak Mild Intellectual . PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(1), 70–77. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i1.140
Rahmadani, D., Irgandi, I., Hafizah, N., & Julia, R. (2024). Kemampuan Menulis Teks Persuasif pada Siswa Kelas IV di SDN 13 Limo Suku Kabupaten Agam. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora, 4(3), 24-33.
Raissa, K. P., Armanusya, E. A., Rahmawati, L. E., Arifin, Z., & Wahid, A. (2022). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi malalui Model Discovery Learning pada Siswa SMP. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 4(1).
Sahra. (2021). “Peningkatan Keterampilan Menulis Pidato Persuasif Menggunakan Model Problem Based Learning Berbantuan Multimedia Bagi Siswa SMP Negeri 2 Mataram.” Jurnal Paedagogy 8(4):560–72.
Simanungkalit, A., Purba, N.A., Sidebang, R. (2023). “Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi Pada Siswa Sekolah Dasar.” Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra (pendistra):6:20–25.
Supriadi, S., Sani, A., & Setiawan, I. P. (2020). Integrasi nilai karakter dalam pembelajaran keterampilan menulis siswa. Yume: Journal of Management, 3(3), 84-94.
Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y.D. (2022). Penelitian tindakan kelas. Media Nusa Creative (MNC Publishing).
Syaifudin, S. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Borneo: Journal of Islamic Studies, 1(2), 1-17.
Syahruzzaki, M. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi dengan Model Pembelajaran Quantum Teaching Tipe Tandur. Belajar Bahasa: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2).
Ulfa, N. (2018). Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Bahasa Makassar Melalui Media Gambar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Bajeng Barat Kabupaten Gowa (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).
Wiguna, I. B. A. A. (2020). Efektivitas Penerapan Metode Hypnoteaching Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa. Pembelajar: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 4(2), 66.
Wiratama, N.A., Fatimah, I.D., Widiyati, E. (2022). “Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Melalui Pendekatan Konstektual Pada Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5(5):3(2), 524–32.
Yanto, A. (2018). “Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Melalui Model Pembelajaran Quantum Teaching.” Indonesian Journal of Learning Education and Counseling 1(1):11–16. doi: 10.31960/ijolec.v1i1.9.
Zubaili, Z., & Mahmud, S. (2024). Penerapan Quantum Teaching dalam Pembelajaran Siswa MIN 13 Nagan Raya. Jurnal Jendela Pendidikan, 4(04), 425-432.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Herlik Jublina Ningrum, Imam Agus Basuki

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0