Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa melalui Metode Quantum
DOI:
https://doi.org/10.53624/ptk.v3i1.97Keywords:
motivasi, minat, metode, quantumAbstract
Pembangunan bidang pendidikan memiliki relevansi yang tinggi dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia. Dengan peningkatan sumber daya ini diharapkan mampu mengatasi berbagai permasalahan yang bermuara pada kualitas lulusan atau output pendidikan. Salah satu permasalahan yang dihadapi adalah minimnya minat dan motivasi siswa dalam belajar. Dengan demikian sangat diperlukan metode untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitan ini adalah metode Quantum. Pada metode ini teknik pengumpulan data melaluiobsevasi, wawncara dan angket bagi siswa. Teknik anlisis data yang digunakan adalah deskrptif kuantitatif. Adapun kelas yang dijadikan subjek penelitian adalah kelas X berjumlah 29 orang, terdiri dari 15 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Selama dua siklus penelitian menunjukan bahwa minat dan motivasi belajar siswa meningkat secara signifikan hal ini dapat dilihat juga pada siklus kedua. Peningkatan ini tentu saja berimbas kepada peningkatan hasil belajar siswa kelas X Pada Mata Pelajaran Kimia di SMA Negeri 1 Gorontalo, selama dua siklus penelitian ini.
Downloads
References
Abu, A. (2007). Sosiologi Pendidikan : Jakarta; PT Rineka Cipta.
Hidayat, N. (2003). Meningkatkan Semangat Belajar Melalui Belajar Quantum. Bogor.
Lantari, S, N, M. (2009). Penerapan Model Pembelajaran Kuantum dengan Sintaks TANDUR Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII 2 SMP Laboratorium Undiksha Singaraja Tahun Ajaran.
Mattarima, S.M.U., Afifi, N., & Qamaria, R. S. (2021). English Study Club: How Are Students' Mental Attributes Reflecting Their Motivation? Celtic: A Journal of Culture, English Language Teaching, Literature and Linguistics, 9(1), 120-134. Doi: 10.22219/celtic.v9i1.18975.
Nanang, H & Cucu, S. (2009). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Refika Aditama.
Roestiyah N.K. (2005). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Roestiyah, N. K. (2007). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rikeka Cipta.
Sanafiah, F. M. (2006). Metode Penelitian dan Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Suryosubroto. B. (2004). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Sutikno, M. S. (2004). Menuju Pendidikan yang Bermutu. Jakarta: Rineka Cipta.
Zamroni. (2003). Paradigma Pendidikan Masa Depan. Jakarta: Bigraf Publishing.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Rani G Dai
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0