Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa melalui Metode Quantum

Authors

  • Rani G Dai SMA Negeri 1 Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.53624/ptk.v3i1.97

Keywords:

motivasi, minat, metode, quantum

Abstract

Pembangunan bidang pendidikan memiliki relevansi yang tinggi dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia. Dengan peningkatan sumber daya ini diharapkan mampu mengatasi berbagai permasalahan yang bermuara pada kualitas lulusan atau output pendidikan. Salah satu permasalahan yang dihadapi adalah minimnya minat dan motivasi siswa dalam belajar. Dengan demikian sangat diperlukan metode untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitan ini adalah metode Quantum. Pada metode ini teknik pengumpulan data melaluiobsevasi, wawncara dan angket bagi siswa. Teknik anlisis data yang digunakan adalah deskrptif kuantitatif. Adapun kelas yang dijadikan subjek penelitian adalah kelas X berjumlah 29 orang, terdiri dari 15 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Selama dua siklus penelitian menunjukan bahwa minat dan motivasi belajar siswa meningkat secara signifikan hal ini dapat dilihat juga pada siklus kedua. Peningkatan ini tentu saja berimbas kepada peningkatan hasil belajar siswa kelas X Pada Mata Pelajaran Kimia di SMA Negeri 1 Gorontalo, selama dua siklus penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abu, A. (2007). Sosiologi Pendidikan : Jakarta; PT Rineka Cipta.

Hidayat, N. (2003). Meningkatkan Semangat Belajar Melalui Belajar Quantum. Bogor.

Lantari, S, N, M. (2009). Penerapan Model Pembelajaran Kuantum dengan Sintaks TANDUR Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII 2 SMP Laboratorium Undiksha Singaraja Tahun Ajaran.

Mattarima, S.M.U., Afifi, N., & Qamaria, R. S. (2021). English Study Club: How Are Students' Mental Attributes Reflecting Their Motivation? Celtic: A Journal of Culture, English Language Teaching, Literature and Linguistics, 9(1), 120-134. Doi: 10.22219/celtic.v9i1.18975.

Nanang, H & Cucu, S. (2009). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Refika Aditama.

Roestiyah N.K. (2005). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Roestiyah, N. K. (2007). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rikeka Cipta.

Sanafiah, F. M. (2006). Metode Penelitian dan Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Suryosubroto. B. (2004). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Sutikno, M. S. (2004). Menuju Pendidikan yang Bermutu. Jakarta: Rineka Cipta.

Zamroni. (2003). Paradigma Pendidikan Masa Depan. Jakarta: Bigraf Publishing.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2022-09-10

How to Cite

Dai, R. G. (2022). Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa melalui Metode Quantum. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(1), 28–32. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i1.97