Peningkatan Hasil Belajar IPS dengan Menggunakan Media Visual melalui Model Konstruktivisme Siswa Kelas IX MTs Negeri 14

Authors

  • Tri Handayani MTs Negeri 14 Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.53624/ptk.v3i1.98

Keywords:

hasil belajar, IPS, model konstruktivisme, media visual

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan menggunakan media visual melalui model konstruktivisme siswa kelas IX MTsN 14 Jakarta. Kegiatan penelitian menggunakan Desain S Kemmis dan Mc.Taggart yang dilaksanakan pada siswa kelas IX.A MTsN 14 Jakartasebanyak dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data meliputi tes yaitu tes prestasi dan non tes yaitu lembar observasi, dan wawancara. Untuk melihat kecenderungan dan perubahan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran. Data yang dikumpulkan pada setiap kegiatan penelitian dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan teknik persentase. Data tersebut meliputi data aktivitas siswa, hasil belajar siswa, dan aktivitas guru dalam implementasi model konstruktivisme dengan menggunakan media visual. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan pada aktivitas siswa dalam proses pembelajaran yakni 77,19% pada siklus I, menjadi  94,74% pada siklus II. Hasil belajar siswa juga diperoleh peningkatan pada siklus I rata-rata sebesar 29.41% menjadi 88.24% pada siklus II. Penelitian menyimpulkan secara keseluruhan bahwa pembelajaran IPS pada materi Interaksi Antarnegara Asia dan Negara lainnya dengan media visual melalui model konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas kelas IX.A MTsN 14 Jakarta.

References

Depdiknas. (2006). Bunga Rampai Keberhasilan Guru dalam Pembelajaran (SMA, SMK, dan SLB). Jakarta: Depdiknas

Dimyati & Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Indriana, Dina. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Jakarta: DIVA

Karli, H. & Yuliariatiningsih, M.S. (2003). Model-Model Pembelajaran. Bandung: Bina Media Informasi.

Mulyasa. (2012). Praktek Penelitian Tindakan Kelas. 2012. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Press.

Siroj, R. A, (2004). Pemerolehan Pengetahuan Menurut Pandang Konstruktivistik.[online].Tersedia: http://www.depdiknas.go.id/Jurnal/43/rusdy-a-siroj.htm [25-3-2006]

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Suhardjono. (2009). Penelitian Tindakan Kelas dan Tindakan Sekolah, Malang: Cakrawala Indonesia dan LP3UM.

Suparno, P. (1997). Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.

Supriatna, N. (2001). Pengajaran Sejarah yang Konstruktivistik. Historia: Jurnal Pendidikan Sejarah. II, (3),26-36.

Supriya. (2009). Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2022-09-08

How to Cite

Handayani, T. (2022). Peningkatan Hasil Belajar IPS dengan Menggunakan Media Visual melalui Model Konstruktivisme Siswa Kelas IX MTs Negeri 14. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(1), 10–17. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i1.98