Peningkatan Hasil Belajar IPS dengan Menggunakan Media Visual melalui Model Konstruktivisme Siswa Kelas IX MTs Negeri 14
DOI:
https://doi.org/10.53624/ptk.v3i1.98Keywords:
hasil belajar, IPS, model konstruktivisme, media visualAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan menggunakan media visual melalui model konstruktivisme siswa kelas IX MTsN 14 Jakarta. Kegiatan penelitian menggunakan Desain S Kemmis dan Mc.Taggart yang dilaksanakan pada siswa kelas IX.A MTsN 14 Jakartasebanyak dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data meliputi tes yaitu tes prestasi dan non tes yaitu lembar observasi, dan wawancara. Untuk melihat kecenderungan dan perubahan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran. Data yang dikumpulkan pada setiap kegiatan penelitian dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan teknik persentase. Data tersebut meliputi data aktivitas siswa, hasil belajar siswa, dan aktivitas guru dalam implementasi model konstruktivisme dengan menggunakan media visual. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan pada aktivitas siswa dalam proses pembelajaran yakni 77,19% pada siklus I, menjadi 94,74% pada siklus II. Hasil belajar siswa juga diperoleh peningkatan pada siklus I rata-rata sebesar 29.41% menjadi 88.24% pada siklus II. Penelitian menyimpulkan secara keseluruhan bahwa pembelajaran IPS pada materi Interaksi Antarnegara Asia dan Negara lainnya dengan media visual melalui model konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas kelas IX.A MTsN 14 Jakarta.
Downloads
References
Depdiknas. (2006). Bunga Rampai Keberhasilan Guru dalam Pembelajaran (SMA, SMK, dan SLB). Jakarta: Depdiknas
Dimyati & Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Indriana, Dina. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Jakarta: DIVA
Karli, H. & Yuliariatiningsih, M.S. (2003). Model-Model Pembelajaran. Bandung: Bina Media Informasi.
Mulyasa. (2012). Praktek Penelitian Tindakan Kelas. 2012. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Press.
Siroj, R. A, (2004). Pemerolehan Pengetahuan Menurut Pandang Konstruktivistik.[online].Tersedia: http://www.depdiknas.go.id/Jurnal/43/rusdy-a-siroj.htm [25-3-2006]
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Suhardjono. (2009). Penelitian Tindakan Kelas dan Tindakan Sekolah, Malang: Cakrawala Indonesia dan LP3UM.
Suparno, P. (1997). Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.
Supriatna, N. (2001). Pengajaran Sejarah yang Konstruktivistik. Historia: Jurnal Pendidikan Sejarah. II, (3),26-36.
Supriya. (2009). Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Tri Handayani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0