Sistem Informasi Wisata Religi di Kota Banjarmasin Berbasis Flutter dan Firebase
DOI:
https://doi.org/10.53624/jsitik.v2i1.310Keywords:
Android, Waterfall, Banjarmasin, Pariwisiata Religi, Sistem InformasiAbstract
Pariwisata religi di Kota Banjarmasin memiliki potensi besar sebagai daya tarik wisatawan. Namun, masih terdapat kendala dalam mencari informasi mengenai wisata religi di Kota Banjarmasin, seperti kurangnya pemusatan informasi, informasi yang terfragmentasi, dan kurangnya informasi yang lengkap dan terperinci. Keterbatasan informasi ini dapat mengurangi minat penziarah untuk mengunjungi lokasi-lokasi makam wali yang kurang terkenal. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan sistem inoformasi wisata religi berbasis Android di Kota Banjarmasin menggunakan framework Flutter dan firebase. Sistem ini dirancang untuk merangkum semua informasi yang tersedia dari internet dan pengelola tempat wisata religi di Banjarmasin. Sistem ini akan memberikan informasi lengkap tentang fasilitas, rute, sejarah, dan daya tarik dari setiap makam wali serta kegiatan keagamaan terkait. Sistem ini dibangun menggunakan bahasa Dart dan framework Flutter. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan waterfall. Metode waterfall terdiri dari lima tahapan yaitu analisis, desain, kode, pengujian dan pemeliharaan. Pengujian sistem dilakukan menggunakan blackbox testing.
Downloads
References
D. Andrasmoro, S. Santosa, and D. Endarto, “PENGEMBANGAN POTENSI PARIWISATA PENDIDIKAN GEOGRAFI DENGAN ANALISIS KURIKULUM GEOGRAFI SMA UNTUK MENINGKATKAN DAYA TARIK WISATA DI KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN 2013,” vol. 1, no. 2, pp. 180–194, 2015.
W. Ferald, S. Andriyanto, Y. A. Rindri, P. Manufaktur, and N. Bangka, “Rancang Bangun Sistem Informasi Digital Fundraising LAZISMU Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung,” vol. 1, no. 1, pp. 1–16, 2022.
M. Papuangan and A. Kopman, “Sistem Informasi Objek Wisata Kabupaten Pulau Morotai Berbasis Andorid,” JSITIK: Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi Komputer, vol. 1, no. 1, pp. 50–63, 2022, doi: 10.53624/jsitik.v1i1.156.
D. Tresna Absari, A. Djunaidy, and T. Dwi Susanto, “A Systematic Review of Indonesia’s Heritage Tourism in Perspective of Smart Tourism Conceptual Model,” INTENSIF: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Penerapan Teknologi Sistem Informasi, vol. 7, no. 1, pp. 134–145, Feb. 2023, doi: 10.29407/INTENSIF.V7I1.18889.
A. Wijaya et al., “IMPLIKASI PENERAPAN KEBIJAKAN GOLDEN VISA DALAM RANGKA,” vol. 22, no. 2, pp. 159–175, 2023, doi: 10.52352/jpar.v22i2.1117.
D. R. Riana, “WAJAH PASAR TERAPUNG SEBAGAI IKON WISATA BANJARMASIN , KALIMANTAN SELATAN DALAM SASTRA ( The Potrait of Floating Market as South Kalimantan Tourism Icon in Literature ),” 2020.
N. Vinandari, K. A. Hafizd, and M. Noor, “Sistem Informasi Geografis Wisata Religi Berbasis Web Mobile,” Jurnal Sains dan Informatika, vol. 5, no. 1, pp. 41–49, 2019, doi: 10.34128/jsi.v5i1.161.
I. K. K. A. Wijaya, N. K. A. Styawati, and I. W. Rideng, “Pengelolaan Wisata Religi Berbasis Kearifan Lokal : Peluang dan Tantangan Dari Perspektif Hukum,” vol. 3, no. 2, pp. 86–91, 2022, doi: https://doi.org/10.22225/pcsj.3.2.2022.86-91.
I. Prisgunanto, “Pemaknaan Arti Informasi Di Era Digital,” WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, vol. 17, no. 2, p. 143, 2018, doi: 10.32509/wacana.v17i2.619.
S. Jorgi, A. S, and N. Zulkarnaim, “Pengembangan Aplikasi Mobile Layanan Pariwisata Lokal Sulawesi Barat Menggunakan Framework Flutter,” Jurnal Komputer dan Informatika, vol. 10, no. 2, pp. 114–121, 2022, doi: 10.35508/jicon.v10i2.6623.
W. N. Cholifah, Y. Yulianingsih, and S. M. Sagita, “Pengujian Black Box Testing pada Aplikasi Action & Strategy Berbasis Android dengan Teknologi Phonegap,” STRING (Satuan Tulisan Riset dan Inovasi Teknologi), vol. 3, no. 2, p. 206, 2018, doi: 10.30998/string.v3i2.3048.
M. Badrul, “Penerapan Metode waterfall untuk Perancangan Sistem Informasi Inventory Pada Toko Keramik Bintang Terang,” PROSISKO: Jurnal Pengembangan Riset dan Observasi Sistem Komputer, vol. 8, no. 2, pp. 57–52, 2021, doi: 10.30656/prosisko.v8i2.3852.
N. Hidayati and S. Sismadi, “Application of Waterfall Model In Development of Work Training Acceptance System,” INTENSIF: Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Penerapan Teknologi Sistem Informasi …, vol. 4, no. 1, pp. 75–89, Feb. 2020, doi: 10.29407/intensif.v4i1.13575.
R. A. Purba and S. Sondang, “Design and Build Monitoring System for Pregnant Mothers and Newborns using the Waterfall Model,” INTENSIF: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Penerapan Teknologi Sistem Informasi, vol. 6, no. 1, pp. 29–42, Feb. 2022, doi: 10.29407/INTENSIF.V6I1.16085.
Sucipto et al., “Hidden Treasures of Kediri’s Medicinal Plants: A Collaborative Effort to Map and Validate Authentic Information Using Innovative QR Code Security and Cryptography,” IOP Conf Ser Earth Environ Sci, vol. 1242, no. 1, p. 012036, Sep. 2023, doi: 10.1088/1755-1315/1242/1/012036.
S. Mania, “Observasi Sebagai Alat Evaluasi Dalam Dunia Pendidikan Dan Pengajaran,” Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, vol. 11, no. 2, pp. 220–233, 2008, doi: 10.24252/lp.2008v11n2a7.
E. Trivaika and M. A. Senubekti, “Perancangan Aplikasi Pengelola Keuangan Pribadi Berbasis Android,” Nuansa Informatika, vol. 16, no. 1, pp. 33–40, 2022, doi: 10.25134/nuansa.v16i1.4670.
M. Sumiati, R. Abdillah, and A. Cahyo, “Pemodelan UML untuk Sistem Informasi Persewaan Alat Pesta,” vol. 11, no. 2, pp. 79–86, 2021.
N. A. Darwanti, S. Andriyanto, L. Fujiyanti, P. Manufaktur, and N. Bangka, “Rancang Bangun Sistem Manajemen Kepegawaian SMK Negeri 1 Parittiga Berbasis Website,” vol. 1, no. 1, pp. 27–40, 2022.
B. Ajilaksana, A. Josi, S. Andrianto, P. Manufaktur Negeri Bangka Belitung, and T. Rekayasa Perangkat Lunak, “Implementasi Metode Inkuiri dalam Game Edukasi Penalaran Siswa Kelas SD Berbasis Android,” JSITIK: Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi Komputer, vol. 1, no. 2, pp. 109–123, Mar. 2023, doi: 10.53624/JSITIK.V1I2.165.
L. Wahyunita and N. Nofiannor, “Rancang Bangun Aplikasi Pemesanan dan Penjadwalan Siaran Iklan Radio dengan Metode TOPSIS,” JSITIK: Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi Komputer, vol. 1, no. 1, pp. 17–26, Dec. 2022, doi: 10.53624/JSITIK.V1I1.152.
F. C. Ningrum, D. Suherman, S. Aryanti, and H. A. Prasetya, “Pengujian Black Box pada Aplikasi Sistem Seleksi Sales Terbaik Menggunakan Teknik Equivalence Partitions,” vol. 4, no. 4, pp. 125–130, 2020.
K. N. Cahyo and E. Riana, “Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Kuesioner Pelatihan Pada PT Brainmatics Cipta Informatika,” vol. 1, no. 1, pp. 45–53, 2019.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jiki Romadoni, Beny Rahman Hakim, Muhammad Rasyid
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0