IHT TPACK pada Guru SLB Negeri Kandat Melalui Kamus BIMA Sebagai Upaya Pengembangan Numerasi Siswa Tunarungu
DOI:
https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i1.264Keywords:
Numerasi, Siswa Tunarungu, SLB Negeri Kandat, BIMAAbstract
Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) adalah suatu kerangka kerja yang mengintegrasikan pengetahuan, kemampuan mengajar guru, dan teknologi. TPACK mendukung pencapaian numerasi siswa. Pentingnya TPACK dalam menunjang numerasi tidak selaras dengan realita di lapangan yang menunjukkan fakta bahwa numerasi siswa masih sangat kurang, terutama pada siswa tunarungu. Hal ini terlihat dari hasil observasi di SLB Negeri Kandat pada bulan Februari 2023, yang menunjukkan data bahwa 77,8% siswa kelas 6 SD-LB belum menguasai operasi hitung bilangan bulat, dan 85,7% siswa SMP-LB belum dapat mengoperasikan perkalian bilangan bulat. Hal inilah yang mendasari perlu diadakannya pemberdayaan TPACK pada guru SLB. Peningkatan keterampilan melalui pemberdayaan tersebut dapat direalisasikan dengan menghasilkan produk pembelajaran kamus Bahasa Isyarat Matematika (BIMA) yang dikembangkan dengan model pengembangan ADDIE. Hasil IHT pengembangan BIMA dinyatakan efektif meningkatkan numerasi siswa tunarungu.
Downloads
References
Agussalim A, Baso YS, Zuhriah. (2019). Perancangan Kamus Digital Linguistik-Arab Berbasis Windows dan Android. Nady Al-Adab, 16(2):75-88. https://doi.org/10.20956/jna.v16i2.6657
Aliyah FJ, Rofiah K. (2020). KDSI: Pengembangan Kamus Digital Signalong Indonesia Berbasis Multimedia Interaktif Bagi Anak dengan Hambatan Komunikasi. Jurnal Pendidikan Inklusi, 4(1): 043-057. https://doi.org/10.26740/inklusi.v4n1.p43-57
Ardiyansah D, Trihartoyo S. (2023). Peningkatan Kompetensi Digital Guru dalam Mewujudkan Inovasi Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0. JIMP, 10(4):757-770
Haqsari, R. (2014). Pengembangan dan Analisis e-lkpd (elektronik-Lembar kerja peserta didik) Berbasis Multimedia pada Materi Mengoperasikan Software Spreadsheet. Univ.Negeri Yogyakarta, 53, 1689-99. http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11293
Hartati T. (2020). Pembelajaran di Sekolah Dasar Dari Prespektif Multiliterasi Dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (KBTT). JISD, 7(2):109-127. https://doi.org/10.36706/jisd.v7i2.13251
Heti, A., Zaqiah, Supiana, A. (2021). Implementasi Kebijakan Asesmen Kemampuan Minimum (AKM): Analisis Implementasi Kebijakan AKM). Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 1(2), 1–8.
Koehler, M. J., Mishra, P., & Cain, W. (2013). What is technological pedagogical content knowledge (TPACK)?. Journal of education, 193(3), 13-19. http://dx.doi.org/10.1177/002205741319300303
Mendikbud. Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19 (2020).
Pamuk, S., Ergun, M., Cakir, R., Yilmaz, H. B., & Ayas, C. (2015). Exploring relationships among TPACK components and development of the TPACK instrument. Education and Information Technologies, 20(2), 241-263. http://dx.doi.org/10.1007/s10639-013-9278-4.
Pangesti, F. T. P. (2018). Menumbuhkembangkan literasi numerasi pada pembelajaran matematika dengan soal HOTS. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 5(9), 566-575
Priyanti YR. (2022). Kebijakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer pada Sekolah Luar Biasa. Ulil Albab, 2(1):61-69. https://doi.org/10.56799/jim.v2i1.1140
Putri IT, Oktaviyanty R, Khotimah. (2022). Perancangan E-Modul Interaktif Berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. JPM, 12(3):820-830. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.693
Rohmah NNS, Rahmadany A, Arianto A, Widiasari C. Mimsih. (2023) Implementasi Gerakan Literasi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar. JIMS Ganesha, 10(1):1-7. https://doi.org/10.30651/else.v5i2.8927
Santia, I. (2018). Membangun Literasi Matematis Melalui Pembelajaran Berbasis ML+3Cs. Jogjakarta: Trusmedia Grafika
Santia I, Handayani AD, Widodo S, Katminingsih Y, Sulistiyono BA, Hima LR, Yohanie DD, Nurfahrudianto AN. (2022). IHT Penyusunan E-LKPD Inovatif pada Guru Sekolah Dasar Dawuhan Lor Purwoasri. JPPNu 4(2):170-174. https://doi.org/10.28926/jppnu.v4i2.124
Sisilawati W, Widiastuti T, Abdullah R. (2022). Pelatihan Pembelajaran TPCK Matematis Menuju Guru Profesional. Wikrama Parahita, 6(1):98-106. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v6i1.3804
Suryaningsih, S., & Nurlita, R. (2021). pentingnya lembar kerja peserta didik elektronik (E-LKPD) inovatif dalam proses pembelajaran abad 21. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(7), 1256-1268. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i07.233
Wahyudi, B. Kemampuan Numerasi pada Siswa Tunarungu. (2022). Japendi, 3(11):1034-1041. https://doi.org/10.59141/japendi.v3i11.1243
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ika Santia, Siti Rochana, Aprilia Dwi Handayani, Annisa Nur Kamilah, Nanda Nacaska Oktihsani Mohammad, Tamara Jasmine Prasetyani, Slamet Muhammad Ilham, Jatmiko
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0