IHT TPACK pada Guru SLB Negeri Kandat Melalui Kamus BIMA Sebagai Upaya Pengembangan Numerasi Siswa Tunarungu

Authors

  • Ika Santia Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Siti Rochana Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Aprilia Dwi Handayani Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Annisa Nur Kamilah Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Nanda Nacaska Oktihsani Mohammad Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Tamara Jasmine Prasetyani Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Slamet Muhammad Ilham Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Jatmiko Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i1.264

Keywords:

Numerasi, Siswa Tunarungu, SLB Negeri Kandat, BIMA

Abstract

Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) adalah suatu kerangka kerja yang mengintegrasikan pengetahuan, kemampuan mengajar guru, dan teknologi. TPACK mendukung pencapaian numerasi siswa. Pentingnya TPACK dalam menunjang numerasi tidak selaras dengan realita di lapangan yang menunjukkan fakta bahwa numerasi siswa masih sangat kurang, terutama pada siswa tunarungu. Hal ini terlihat dari hasil observasi di SLB Negeri Kandat pada bulan Februari 2023, yang menunjukkan data bahwa 77,8% siswa kelas 6 SD-LB belum menguasai operasi hitung bilangan bulat, dan 85,7% siswa SMP-LB belum dapat mengoperasikan perkalian bilangan bulat. Hal inilah yang mendasari perlu diadakannya pemberdayaan TPACK pada guru SLB. Peningkatan keterampilan melalui pemberdayaan tersebut dapat direalisasikan dengan menghasilkan produk pembelajaran kamus Bahasa Isyarat Matematika (BIMA) yang dikembangkan dengan model pengembangan ADDIE. Hasil IHT pengembangan BIMA dinyatakan efektif meningkatkan numerasi siswa tunarungu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agussalim A, Baso YS, Zuhriah. (2019). Perancangan Kamus Digital Linguistik-Arab Berbasis Windows dan Android. Nady Al-Adab, 16(2):75-88. https://doi.org/10.20956/jna.v16i2.6657

Aliyah FJ, Rofiah K. (2020). KDSI: Pengembangan Kamus Digital Signalong Indonesia Berbasis Multimedia Interaktif Bagi Anak dengan Hambatan Komunikasi. Jurnal Pendidikan Inklusi, 4(1): 043-057. https://doi.org/10.26740/inklusi.v4n1.p43-57

Ardiyansah D, Trihartoyo S. (2023). Peningkatan Kompetensi Digital Guru dalam Mewujudkan Inovasi Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0. JIMP, 10(4):757-770

Haqsari, R. (2014). Pengembangan dan Analisis e-lkpd (elektronik-Lembar kerja peserta didik) Berbasis Multimedia pada Materi Mengoperasikan Software Spreadsheet. Univ.Negeri Yogyakarta, 53, 1689-99. http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11293

Hartati T. (2020). Pembelajaran di Sekolah Dasar Dari Prespektif Multiliterasi Dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (KBTT). JISD, 7(2):109-127. https://doi.org/10.36706/jisd.v7i2.13251

Heti, A., Zaqiah, Supiana, A. (2021). Implementasi Kebijakan Asesmen Kemampuan Minimum (AKM): Analisis Implementasi Kebijakan AKM). Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 1(2), 1–8.

Koehler, M. J., Mishra, P., & Cain, W. (2013). What is technological pedagogical content knowledge (TPACK)?. Journal of education, 193(3), 13-19. http://dx.doi.org/10.1177/002205741319300303

Mendikbud. Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19 (2020).

Pamuk, S., Ergun, M., Cakir, R., Yilmaz, H. B., & Ayas, C. (2015). Exploring relationships among TPACK components and development of the TPACK instrument. Education and Information Technologies, 20(2), 241-263. http://dx.doi.org/10.1007/s10639-013-9278-4.

Pangesti, F. T. P. (2018). Menumbuhkembangkan literasi numerasi pada pembelajaran matematika dengan soal HOTS. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 5(9), 566-575

Priyanti YR. (2022). Kebijakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer pada Sekolah Luar Biasa. Ulil Albab, 2(1):61-69. https://doi.org/10.56799/jim.v2i1.1140

Putri IT, Oktaviyanty R, Khotimah. (2022). Perancangan E-Modul Interaktif Berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. JPM, 12(3):820-830. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.693

Rohmah NNS, Rahmadany A, Arianto A, Widiasari C. Mimsih. (2023) Implementasi Gerakan Literasi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar. JIMS Ganesha, 10(1):1-7. https://doi.org/10.30651/else.v5i2.8927

Santia, I. (2018). Membangun Literasi Matematis Melalui Pembelajaran Berbasis ML+3Cs. Jogjakarta: Trusmedia Grafika

Santia I, Handayani AD, Widodo S, Katminingsih Y, Sulistiyono BA, Hima LR, Yohanie DD, Nurfahrudianto AN. (2022). IHT Penyusunan E-LKPD Inovatif pada Guru Sekolah Dasar Dawuhan Lor Purwoasri. JPPNu 4(2):170-174. https://doi.org/10.28926/jppnu.v4i2.124

Sisilawati W, Widiastuti T, Abdullah R. (2022). Pelatihan Pembelajaran TPCK Matematis Menuju Guru Profesional. Wikrama Parahita, 6(1):98-106. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v6i1.3804

Suryaningsih, S., & Nurlita, R. (2021). pentingnya lembar kerja peserta didik elektronik (E-LKPD) inovatif dalam proses pembelajaran abad 21. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(7), 1256-1268. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i07.233

Wahyudi, B. Kemampuan Numerasi pada Siswa Tunarungu. (2022). Japendi, 3(11):1034-1041. https://doi.org/10.59141/japendi.v3i11.1243

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-11-17

How to Cite

Santia, I., Rochana, S., Handayani, A. D., Kamilah, A. N., Mohammad, N. N. O., Prasetyani, T. J., Ilham, S. M., & Jatmiko, J. (2023). IHT TPACK pada Guru SLB Negeri Kandat Melalui Kamus BIMA Sebagai Upaya Pengembangan Numerasi Siswa Tunarungu. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 24–32. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i1.264