Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Berbasis Penelitian Tindakan Kelas Pada MGMP Matematika SMP Kota Kediri
DOI:
https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i1.306Keywords:
Guru, Penelitian Tindakan Kelas, Artikel Ilmiah, MGMP Matematika, Sekolah Menengah PertamaAbstract
Kegiatan pelatihan penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendampingi guru-guru SMP yang tergabung dalam forum MGMP Matematika SMP Kota Kediri dalam hal penulisan artikel ilmiah hasil pelaksanaan penelitian tindakan kelas. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah Tahapan pelaksanan kegiatan ini dimulai dari tahapan persiapan, tahap Pelaksanaan dan tahap pendampingan dan monitoring. Hasil yang dicapai dalam kegiatan ini adalah 62,5% guru mampu menyelesaikan artikel ilmiah tepat waktu dan siap untuk disubmit ke jurnal nasional, 28,1% masih proses mengerjakan dan 9,4% mengundurkan diri. Dengan demikian hasil kegiatan ini dapat dikatakan baik.
Downloads
References
Anwar, A. S. (2020). Pengembangan sikap profesionalisme guru melalui kinerja guru pada satuan pendidikan MTs Negeri 1 Serang. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 147-173. DOI: https://doi.org/10.36671/andragogi.v2i1.79
Asropah, A., Septiana, I., Muhajir, M., & Ripai, A. (2022). Peningkatan Kemampuan Menulis Artikel Ilmiah Populer Bagi Guru. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 156-163. DOI : https://doi.org/10.24198/kumawula.v5i1.36149
Asropah, I. Septiana, M. Muhajir, and A. Ripai, “Peningkatan Kemampuan Menulis Artikel Ilmiah Populer bagi Guru,” Kumawula J. Pengabdi. Kpd. Masy. , vol. 5, no. 1, pp. 156 – 163, Apr. 2022, doi: 10.24198/KUMAWULA.V5I1.36149.
Eliawati, T., & Harahap, D. I. (2019, December). Classroom Action Research: Measuring Integration of Character Education in Language Learning. In 4th Annual International Seminar on Transformative Education and Educational Leadership (AISTEEL 2019) (pp. 296-299). Atlantis Press. https://www.atlantis-press.com/proceedings/aisteel-19/125928380
Haryati, I., Santoso, I., Sudarmaji, Rikfanto, A., Mulyati, R. E. S., & Megawati, S. (2022). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru-Guru Bahasa Jerman Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. PORTAL RISET DAN INOVASI PENGABDIAN MASYARAKAT, 1(3), 65–74. https://doi.org/10.55047/prima.v1i3.214
Jana, P. (2017). Pembinaan Olimpiade Matematika Kelas VA CI SD Negeri Ungaran I Yogyakarta. Jurnal Pengabdian Masyarakat J-DINAMIKA, 2(2), 125–128. Doi: 10.25047/j-dinamika.v2i2.527
Jana, P., & Pamungkas, B. (2018). Pelatihan penelitian tindakan kelas bagi guru SD Negeri Guwosari. Abdimas Dewantara, 1(1), 39-46. Doi: https://doi.org/10.30738/ad.v1i1.2289
Narag, E. R., & Arellano-Tamayo, R. (2019). Classroom participation: College students’ perceptions. Asian EFL Journal, 24(4), 293-312.
Noorjannah, L. (2014). Pengembangan Profesionalisme Guru melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru Profesional di SMA Negeri 1 Kauman Kabupaten Tulungagung. Jurnal humanity, 10(1).
Nurlaela, E. S., Rahmawati, A., Fikri, A., Rahayu, E. B., Al-ansori, A. M., & Baktiar, S. W. (2023). Hakikat Penelitian Tindakan Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(2), 124-139.
Pangesti, F. T. P. (2018). Menumbuh kembangkan literasi numerasi pada pembelajaran matematika dengan soal HOTS. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 5(9), 566-575
Sucipto, S. (2021). Pelatihan Penggunaan Mendeley sebagai Alat Sinkronisasi Metadata Artikel Ilmiah. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 83–88. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v1i2.23
Sucipto, S., Rahmayantis, M. D., Pramesti, Y. S., Sahari, S., Jatmiko, J., Ramadhani, R. A., . & Fauji, D. A. S. (2022). Peningkatan Kualitas Publikasi Ilmiah Melalui Workshop Series Literasi Ilmiah Pada Universitas Nusantara PGRI Kediri. Kontribusi: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 128-138. Doi: https://doi.org/10.53624/kontribusi.v2i2.99
Suryaningsih, S., & Nurlita, R. (2021). pentingnya lembar kerja peserta didik elektronik (E-LKPD) inovatif dalam proses pembelajaran abad 21. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(7), 1256-1268. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i07.233
Susilowati, E., Fathonah, N., Astutik,E. P., Hadi, S., & Prayitno, L. L. (2020). Pendampingan Bunda PAUD dalam Pembuatan Alat Permainan Edukatif (APE) Sederhana untuk Pengenalan Konsep Bangun Datar. Jurnal SOLMA, 9(1). https://doi.org/10.29405/solma.v9i1.4714
Ulia, N., KD, R. F., Ismiyanti, Y., Yustiana, S., Jupriyanto, J., & Cahyaningtyas, A. P. (2019). Pendampingan kelompok guru SD di kecamatan Genuk tentang pemahaman metodologi penelitian pendidikan (action research & experiment) dan penyusunan artikel jurnal. Indonesian Journal of Community Services, 1(1), 32-47. Doi: http://dx.doi.org/10.30659/ijocs.1.1.32-47
Yulianti, H., Iwan, C. D., & Millah, S. (2018). Penerapan Metode Giving Question And Getting Answer Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam,[SL], 6(2), 197-216. DOI: https://doi.org/10.36667/jppi.v6i2.297
Zulhafizh, Z. (2021). Peran dan Mutu Pelaksanaan Pembelajaran oleh Guru di Satuan Pendidikan Tingkat Atas. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(2), 328-339. DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3344
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Suryo Widodo, Ika Santia, Jatmiko, Samijo, Yuni Katminingsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0